Tips Kesehatan

Senin, 3 Desember 2018

Mau Minum kopi Setelah Berolahraga, Tapi Masih ragu? Baca Artikel di Bawah Ini

Sumber : wolipop.com, suara.com

Di beberapa tempat gym kita bisa menemukan lounge tempat bersantai atau saat menunggu kelas aerobik  yang akan dimulai. Di tempat tersebut biasanya disediakan bukan hanya air mineral, tapi juga teh dan juga kopi. Enak sekali yaa selepas letih berolahraga langsung menyeruput segelas kopi. Eit tunggu dulu! Sebenarnya minum kopi setelah berolahraga sehat tidak ya? Cari tahu yuk!

Sebuah studi yang diterbitkan secara online pada Journal of Applied Physiology melaporkan bahwa kopi dapat membantu Anda lebih cepat pulih dari kelelahan setelah olahraga. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa atlet yang mengonsumsi kafein sekaligus karbohidrat memiliki glikogen besar 66% lebih cepat dibanding atlet yang hanya mengonsumsi karbohidrat saja.

Saat olahraga, tubuh menggunakan glukosa (gula dalam darah) sebagai energi. Saat glukosa habis, maka tubuh akan menggunakan glikogen, yaitu glukosa yang disimpan otot sebagai cadangan. Jika kedua sumber energi ini habis, tubuh akan menjadi lemas dan lelah.

Untuk mengembalikan energi yang hilang, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Sayangnya, tubuh perlu waktu untuk mengolah karbohidrat menjadi energi. Agar lebih cepat, kafein pada kopi bisa membantu meningkatkan proses penyerapan karbohidrat menjadi energi dan meningkatkan aktivitas beberapa enzim yang berperan dalam pembentukan glikogen.

Meski minum kopi setelah olahraga itu dibolehkan, bukan berarti Anda bisa minum kopi sesuka hati. Kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya hanya pelengkap saja. Anda tetap butuh makanan sebagai sumber pembangun energi.

Anda perlu memperhatikan kembali seberapa banyak Anda minum kopi. Mengonsumsi kafein dalam jumlah yang tinggi dapat menimbulkan efek samping negatif, seperti susah tidur dan membuat Anda lebih mudah gelisah.

Dalam sehari, batasan kafein yang boleh Anda konsumsi sekitar 400 sampai 600 mg setara dengan 4 sampai 6 cangkir. Selain kopi, teh dan cokelat juga mengandung kafein. Meski kadar kafeinnya berbeda-beda, bila dikonsumsi bersamaan tentu asupan kafeinnya jadi lebih besar.

Keringat yang keluar saat Anda melakukan berbagai gerakan, menandakan bahwa kadar cairan dalam tubuh berkurang, Nah, kopi yang mengandung air juga bisa meningkatkan cairan tubuh. Namun, harus tetap utamakan minum air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membantu meningkatkan stamina tubuh Anda lebih cepat.

Jika Anda berolahraga di sore hari, sebaiknya hindari minum kopi ya. Kopi bersifat stimulan sehingga bisa mengganggu tidur Anda. Efek kopi pada setiap orang-orang akan bertahan dalam waktu yang berbeda-beda, namun umumnya sekitar 4 jam. Kondisi ini bisa membuat Anda kekurangan tidur dan akhirnya bangun tidur dengan mood yang buruk. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Jadi, selalu perhatikan waktu minum kopi dan seberapa banyak asupan kafein per harinya. Aturan tersebut harus Anda terapkan bukan hanya setelah olahraga saja, tapi setiap waktu Anda minum kopi.


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Non-exercise Activity Thermogenesis, Solusi Bagi Anda Pekerja Kantoran

  • Benarkah Laut Kita Sudah Menjadi Karsinogenik?

  • Zat Gizi yang penting untuk Ibu Hamil

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan