Tips Kesehatan

Senin, 12 Februari 2018

Sudah makan tapi tetap saja merasa lapar? Mungkin Ini Penyebabnya

Sumber : hipwee.com, doktersehat.com, healthline.com, docdoc.com

Pada umumnya orang pasti akan merasa kenyang setelah menyantap makanan, apalagi bila dalam porsi besar. Namun anehnya masih ada saja yang tetap merasa lapar dan ingin ngemil atau makan lagi dan lagi. Hayo Anda termasuk di antaranya tidak?

Tahukah Anda bahwa perasaan lapar setelah makan itu bukanlah hal normal? John Foreyt dari Baylor College of Medicine juga menegaskan bahwa belum tentu apa yang Anda rasakan adalah rasa lapar yang sesungguhnya. Rasa lapar yang disebabkan oleh stres atau frustrasi sebenarnya sekedar “keinginan buta”. Biasanya, rasa itu hanya akan berlangsung selama 10 menit.

Selain itu, inilah beberapa penyebab Anda masih merasa lapar bahkan setelah makan:

  1. Kurang tidur

Saat kurang tidur entah karena sering begadang atau kebiasaan, tubuh akan memengaruhi kerja dua buah hormon. Pertama memperbanyak hormon ghrelin yang terus menstimulasi keinginan untuk makan dan yang kedua mengurangi hormon leptin yang memberikan sinyal kenyang ke otak.

  1. Stres

Saat tubuh mengalami stres, hormon serotonin akan menipis. Saat hormon ini menurun, perasaan lapar akan sering terjadi sehingga Anda akan tetap lapar meski sudah makan berkali-kali. Kondisi sering lapar ini akan semakin berkurang seiring dengan membaiknya kondisi pikiran.

  1. Dehidrasi

Beberapa orang menganjurkan kita untuk minum air satu gelas kalau tubuh merasakan lapar. Kalau rasa lapar ini hilang, artinya tubuh hanya mengalami dehidrasi saja. Namun, kalau rasa laparnya tetap ada, tubuh benar-benar sedang lapar secara fisik sehingga butuh asupan makanan untuk meredakannya.

  1. Efek samping obat

Ternyata obat-obatan juga bisa menyebabkan Anda terus merasakan lapar meski sudah makan. Salah satu obat yang menyebabkan rasa lapar ini adalah obat jenis anti depresan.

  1. Kurangnya asupan vitamin D

Kurangnya asupan vitamin D menjadi salah satu penyebab rasa lapar yang terus-menerus. Pasalnya, vitamin D berpengaruh pada kerja hormon leptin yang bertugas menjadi penanda bahwa perut sudah merasa kenyang. Vitamin D bisa diperoleh dari berbagai jenis ikan, termasuk salmon dan tuna.

  1. Hanya mengonsumsi karbohidrat sederhana

Saat mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti nasi, gula darah dalam tubuh akan naik dengan cepat dan turun juga dengan cepat. Untuk mempertahankan rasa lapar, disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti roti gandum atau oatmeal.

Saat Anda merasa lapar setelah makan, lebih baik jangan ngemil makanan lain apalagi berupa makanan ringan ya. Cukup siapkan selalu apel di rumah Anda dan menyantapnya di kala rasa lapar setelah makan tiba. Apel ternyata bisa membantu mengontrol nafsu makan. Alasannya, apel mengandung sekitar 1/5 gram dari keseluruhan jumlah serat yang Anda butuhkan setiap harinya. Makan apel akan membuat Anda lebih cepat merasa kenyang. Menurut para ahli, rasa kenyang ketika makan apel ditimbulkan lantaran proses mengunyah buah apel yang butuh waktu lama.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Ketahui dan Waspadai 5 ‘Pembunuh’ Utama Pada Pria Lansia Berikut Ini

  • 8 Manfaat Tersembunyi Pasta Gigi

  • Ubah Kebiasaan Sehari-hari, Memutuskan Rantai Resiko Penyakit Genetikal

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan