Tips Kesehatan

Selasa, 12 Maret 2019

Rutin ke Dokter Gigi, Hindari “Mengunjungi” Dokter Gigi di Saat yang Tak Diinginkan

Sumber : www.depkes.go.id, www.timesofindia.com

Ada yang bilang kalau dokter gigi lebih menakutkan daripada hantu. Hihihi..mungkin sedikit berlebihan ya, tapi ketika terdengar suara bor yang berdesing dari dalam ruang dokter, sepertinya wajar kalau berkata demikian. Kita biasanya malas untuk ke dokter gigi kecuali gigi terasa sakit atau ada masalah mulut lainnya.

Alhasil, kamu harus “mengunjungi” dokter gigi di saat yang tidak diinginkan deh. Bila sudah terasa sakit, maka kunjungan ke dokter gigi akan terasa tidak menyenangkan. Padahal kalau saja kamu lebih sering melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin, kamu tidak perlu datang ke dokter gigi dalam keadaan sakit gigi.

Membuat jadwal kunjungan ke dokter gigi untuk cek kesehatan gigi adalah agenda penting. Inilah perlunya Anda rutin memeriksakan gigi minimal 6 bulan sekali:

  • Cek gigi secara rutin memungkinkan pendeteksian masalah gigi dan gusi dalam tahap awal. Artinya, jika terindikasi – misalnya – gigi muncul lubang kecil, dokter gigi bisa segera melakukan penambalan agar gigi tidak sampai keropos. Penanganan dini justru akan menghemat biaya pengobatan dibanding pada saat kondisi gigi kamu sudah parah.
  • Pemeriksaan rutin ke dokter gigi juga berfungsi sebagai deteksi dini untuk mengamati kemungkinan munculnya penyakit serius lain pada rongga mulut kamu, termasuk kanker. Dokter gigi bisa memberikan saran pada pasien untuk menemui dokter spesialis lain jika diperlukan pemeriksaan lanjutan.
  • Melatih diri untuk tidak trauma dengan penanganan masalah gigi. Saat ini teknologi dalam kedokteran gigi berkembang pesat. Salah satunya yaitu efek trauma yang dialami oleh pasien bisa dikurangi. Kamu tidak lagi merasakan rasa sakit berlebihan pada saat – misalnya – penanganan saluran akar gigi maupun perawatan gigi secara keseluruhan. Semua bisa dilakukan dengan nyaman deh
  • Banyak orang melakukan banyak cara demi mengusir nafas tak sedap seperti menggunakan beragam produk penyegar mulut. Padahal jika kamu rutin mengunjungi dokter maka nafas tak sedap bisa hilang karena seluruh penyebab nafas tak sedap bisa diatasi saat anda menjalankan treatment.
  • Ketahuilah bahwa kesehatan fisik sangat bergantung pada kesehatan gigi dan mulut. Sebuah studi terbaru membuktikan banyaknya penyakit jantung serta stroke yang dipengaruhi oleh kesehatan gigi dan mulut. Sebab jika kamu mengalami masalah gusi yang bahkan bertambah buruk maka akan memicu serangan jantung dan stroke. Hiii takut!

Karena itu rawatlah gigi kamu sebaik mungkin, selain dengan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin, juga dengan menyikat gigi dengan pasta gigi bebas fluoride Clean Me Pasta Gigi yang baik dalam menjaga kesehatan gigi kamu.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • 8 Cara Efektif Menghindari Bau Mulut Selama Puasa

  • Hati-hati! Kurma Ternyata Ada yang Menggunakan Pemanis Buatan!

  • Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Komentar

0 komentar