Tips Kesehatan

Jumat, 3 Mei 2019

6 Tips Jitu Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

Sumber : sains.kompas.com kumparan.com

Bulan suci Ramadhan di hadapan mata. Umat muslim di seluruh dunia akan
melaksanakan ibadah puasa Ramadhan sebulan lamanya sebelum merayakannya Idul Fitri kelak. Menjalankan ibadah puasa dengan lancar dengan kondisi tubuh tetap fit dan bugar tentunya menjadi harapan setiap muslim. Mengatur pola makan sehat saat berbuka dan sahur ternyata menjadi kunci penting untuk menjaga tubuh tetap prima selama berpuasa.

Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) Dian Caturini Sulistyoningrum mengungkapkan, berpuasa dengan kondisi tubuh tetap bugar dan sehat dapat dicapai dengan melakukan pengaturan nutrisi optimal dan minum suplemen yang membantu daya tahan tubuh dan manajemen waktu makan yang baik, terutama saat waktu berbuka dan sahur. Selain itu ada 6 tips mudah yang bisa kamu

contoh agar daya tahan tubuh selalu optimal:

  1. Tetap cukupi kebutuhan cairan
    Walaupun sedang puasa, kebutuhan cairan tetap harus dipenuhi agar tidak dehidrasi. Cukupi kebutuhan minum 8 gelas sehari dari buka hingga sahur. Kamu bisa membaginya sesuai dengan seleramu.
    Selain itu sebaiknya kamu hindari minuman berkafein seperti kopi. Karena kafein bisa menyebabkan sering buang air kecil. Dengan begitu cairan tubuh akan lebih cepat keluar dan lebih cepat dehidrasi.
  2. Jangan melewatkan sahur
    Sahur seperti sarapan, berfungsi sebagai sumber energi selama menjalani hari. Jika tidak sahur maka kemungkinan besar kamu akan lemas selama menjalani puasa. Jadi seberat apapun untuk membuka mata saat sahur, usahakan tetap makan sahur ya!
    Psstt..kalau kamu malas masak di waktu subuh, hal tersebut bisa kamu akali dengan masak di malam harinya, jadi ketika jam makan sahur, kamu inggal memanaskan masakan yang telah kamu buat deh.
  3. Jangan makan berlebihan ketika berbuka puasa
    Waktu berbuka adalah yang paling dinantikan saat puasa. Beraneka hidangan makanan dan minuman biasanya akan tersedia di meja makan saat buka puasa. Walaupun begitu, jangan sampai kalap ya saat buka puasa. Terlalu banyak makan saat buka puasa akan membuat perutmu tidak nyaman. Hindari terlalu banyak makan dan minum yang manis karena akan membuat berat badan cepat naik. Sebaiknya tetap perhatikan kandungan gizi makanan saat berbuka. Untuk makanan manis kamu bisa makan kurma, jangan terlalu banyak minum sirup manis dan makan cemilan yang mengandung banyak gula dan minyak, ya.
  4. Tidur yang cukup
    Saat puasa kamu harus bangun lebih awal untuk menyiapkan sahur. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak begadang sehingga menyebabkan kurang tidur. Kamu bisa tidur lebih awal, misalnya setelah salat tarawih. Kurang tidur akan membuatmu merasa ngantuk dan lemas di siang hari. Dengan begitu aktivitasmu bisa saja terganggu. Jadi tetap penuhi waktu tidurmu, ya.
  5. Jangan lupakan olahraga
    Puasa bukan menjadi halangan untuk tetap berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga ringan hingga sedang sesuai kemampuanmu. Misalnya dengan jalan kaki, bersepeda, joging ringan, atau senam ringan. Lakukan olahraga selama 30 menit, 3-5 kali seminggu. Dengan olahraga akan membuat tubuhmu tetap bugar.
  6. Makanlah makanan yang bergizi saat sahur.
    Untuk sumber karbohidrat, pilihlah karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, dan oat  karena akan membuat kenyang lebih lama sehingga tidak cepat lapar. Selain itu penuhi kebutuhan protein dan serat. Protein bisa kamu dapatkan dari lauk pauk seperti daging, tahu, tempe, dan telur. Sedangkan serat bisa kamu dapatkan dari sayuran dan buah. Dengan memenuhi kebutuhan gizi tubuh saat sahur maka kamu akan mempunyai cukup energi untuk menjalani hari selama puasa. Kamu akan tetap bugar dan tidak lemas.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • 8 Cara Efektif Menghindari Bau Mulut Selama Puasa

  • Hati-hati! Kurma Ternyata Ada yang Menggunakan Pemanis Buatan!

  • Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Komentar

0 komentar