Tips Kesehatan

Sabtu, 2 Februari 2019

Gejala hipoglikemia Yang Perlu Anda Tahu

Sumber : Sociolla.com, Webmd.com, Liputan6.com

Darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang banyak diderita orang zaman sekarang. Bukan hanya karena pola makan yang tidak sehat, tapi juga bisa karena gaya hidup sendentari. Tapi jangan salah lho, karena penyakit yang berhubungan dengan darah bukan hanya hipertensi, tapi juga hipoglikemia. Hipoglikemia adalah kondisi kadar glukosa (gula) dalam darah lebih rendah dari batas normal.

Biasanya, kondisi ini rentan menyerang penderita diabetes yang mengonsumsi obat penurun gula darah. Namun, kondisi ini juga dapat terjadi pada seseorang yang sedang berpuasa, melakukan diet, atau berolahraga setelah tidak makan dalam jangka waktu yang cukup lama. Tubuh membutuhkan glukosa sebagai energi agar tubuh dapat bekerja, jadi sangatlah penting untuk menjaga agar kadar gula darah Anda tetap normal. Nah, untuk mengetahui apakah kadar gula darah Anda normal, yuk lihat 5 gejala gula darah rendah berikut ini!

  1. Merasa Lapar

Saat kadar gula darah dalam tubuh rendah, tubuh akan secara otomatis kekurangan energi. Sedangkan, untuk mendapatkan energi kembali, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Oleh karena itu, saat gula darah rendah, tubuh akan mengirimkan sinyal rasa lapar untuk ‘mengingatkan’ kalau tubuh Anda kekurangan energi. Jadi, jika lain kali perut Anda terasa lapar, jangan menunda-nunda untuk makan agar terhindar dari gula darah rendah, ya!

  1. Berkeringat

Jika Anda berkeringat terus-menerus, padahal tidak melakukan aktivitas fisik yang berat maupun berada di tempat bersuhu panas, Anda perlu mewaspadai hal ini sebagai gejala gula darah rendah. Pasalnya, saat kadar gula darah Anda rendah, tubuh akan bekerja lebih keras agar dapat tetap berfungsi dengan baik meskipun kekurangan gula yang merupakan sumber energi. Karenanya, tubuh yang bekerja lebih keras tersebut juga akan menghasilkan keringat yang lebih banyak.

  1. Mudah merasa lelah

Kekurangan gula darah = kekurangan energi. Bukan tidak mungkin Anda akan merasa mudah lelah meskipun tidak banyak melakukan aktivitas jika kadar gula darah Anda rendah. Nah, hal ini mungkin kerap diabaikan oleh banyak orang karena Anda berpikir penyebab rasa lelah ini hanyalah karena pekerjaan yang Anda lakukan. Padahal, jika kadar gula darah Anda tidak segera kembali normal, rasa lelah ini dapat berujung pada kesulitan untuk berdiri, hingga kehilangan kesadaran, lho!

  1. Pusing

Sama dengan ketika  mengalami tekanan darah tinggi,begitu pula halnya dengan rasa pusing yang kerap terjadi saat kadar gula darah Anda rendah. Selain karena kekurangan energi, rasa pusing ini pun datang dari tubuh Anda yang stres karena harus bekerja lebih keras. Dalam kasus gula darah rendah yang cukup parah, rasa pusing ini akan disertai dengan pandangan yang kabur (link artikel) hingga kesulitan untuk berpikir dan berbicara dengan lancar. Lebih jauh lagi, gula darah rendah yang parah dan tidak ditangani dapat menyebabkan kejang-kejang dan kehilangan kesadaran.

  1. Merasa Cemas dan Mudah Tersinggung

Gejala bahwa gula darah Anda rendah lainnya adalah perasaan cemas dan mudah tersinggung. Agak sedikit mirip dengan gejala PMS(link artikel), ya! Hal ini disebabkan oleh kinerja otak yang terganggu dan tidak bekerja secara maksimal, karena kurangnya energi. Rasa cemas juga biasanya diliputi dengan rasa gelisah dan jantung yang berdebar-debar. Karena kondisi mental Anda yang tidak stabil, maka Anda pun cenderung menjadi lebih mudah tersinggung meskipun karena hal-hal kecil. Jika Anda merasakan lebih dari 3 gejala gula darah rendah berikut ini dan khawatir memiliki gula darah rendah, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter. Lebih baik mencegah ketimbang mengobati, bukan?


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Yuk Perhatikan Perkembangan Motorik Anak Dari Waktu ke Waktu

  • Yuk Optimalkan Perkembangan Otak Buah Hati dengan Hal-hal Berikut Ini

  • Mudah Lapar? Mungkin karena Anda Skip Kebiasaan di Bawah Ini

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan