Tips Kesehatan

Senin, 29 Januari 2018

Ingin Selalu Awet Muda? Hindari Kebiasaan Buruk di Bawah Ini

Sumber : halosehat.com, cnnindonesia.com, kompasiana.com

Rasanya sudah tidak aneh bila kita melihat banyak sekali dokter dan klinik kecantikan yang menyediakan perawatan botox atau tarik benang. Kedua tindakan medis tersebut ditujukan untuk memperlambat penuaan, sehingga wajah akan senantiasa terlihat awet muda. Umur memang tidak bisa dibohongi, dengan bertambahnya angka di belakang umur kita, maka semakin rentan pula tanda-tanda penuaan menyapa. Karena itu bila Anda ingin senantiasa awet muda, mulailah jauhi kebiasaan-kebiasan buruk yang bisa membuat tua jadi semakin cepat menyapa.

Apa saja kebiasaan tersebut? Yuk kita simak bersama-sama:

1. Malas memakai sunscreen

Suncreen layaknya baju bagi epidermis, karena itu sebaiknya berhentilah kebiasan malas memakai sunscreen. Jika sering pergi ke luar rumah atau bekerja di luar ruangan, paparan sinar UV tanpa penggunaan tabir surya akan membuat kulit lebih cepat rusak. Bukan hanya terbakar dan kusam, paparan sinar UV mampu menjadi penyebab penuaan dini. Sunscreen atau tabir surya yang membantu mencegah proses penuaan dini tersebut terjadi.

2. Hobi minum minuman bersoda

Konsumsi minuman karbonasi atau bersoda bukan hanya menjadi pemicu dari kelebihan berat badan atau obesitas. Karena kadar gula dalam minuman jenis ini sangatlah tinggi, maka kadar gula darah bisa ikut naik kalau terbiasa terus-menerus meminumnya. Ingat bahwa hal ini bisa memicu penuaan dini.

3. Memangkas semua makanan berlemak

Seseorang yang melakukan diet rendah lemak kemungkinan khawatir akan berat badan yang naik dan menyebabkan obesitas. Padahal pada dasarnya, tubuh manusia memerlukan lemak, terutama asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat dalam mencegah kerutan di kulit. Fungsi lainnya dari asam lemak ini pun mampu membuat kulit jauh lebih kenyal dan lembut. Jadi, bisa ditebak apa yang terjadi kalau tubuh kekurangan lemak kan?

4. Berada di ruangan ber-AC terus-menerus

AC (air conditioner) alias pendingin ruangan memang menyejukkan dan inilah yang membuat kita betah di dalam ruangan tanpa kepanasan. Namun terpapar AC terus-menerus dalam waktu panjang mampu membuat kulit lebih mudah kering dan bahkan memicu keriput. Karena itulah kemudian seseorang akan kelihatan cepat tua dari pada umurnya. Solusinya, Anda bisa keluar rumah dan menghirup udara segar setiap dua jam sekali. Jangan lupa juga untuk memakai pelembab wajah dan tubuh agar kulit tidak dehidrasi.

5. Makan makanan manis berlebihan

Kerusakan kolagen di dalam kulit bisa saja terjadi sebagai akibat dari proses glikasi yang dipicu oleh kadar gula darah yang terlalu tinggi di dalam tubuh. Makanan-makanan manis mampu menjadi faktor peningkat kadar gula darah dan dengan demikian, elastisitas kulit pun terpengaruh karena kolagen sehingga rentan mengalami kerusakan.

6. Malas berolahraga

Olahraga adalah salah satu cara terbaik dalam meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Aliran darah terutama ke area wajah akan menjadi lebih lambat dan terhambat bila kita jarang olahraga. Kulit mengalami penuaan dini juga termasuk efek dari kurangnya olahraga sehingga tampak kusam dan lebih berkeriput. Olahraga rutin 30 menit setiap hari akan senantiasa menjaga kulit tetap dalam keadaan prima.

7. Olahraga berlebihan

Kalau kurang berolahraga bisa berdampak pada penuaan dini, ternyata olahraga yang berlebihan juga adalah memicu hal yang sama. Olahraga terlalu berat akan memicu kekakuan pada sendi serta peradangan. Tak hanya itu, karena peradangan dan kekakuan sendi itulah juga seseorang bakal menjadi terlihat lebih tua. Jangan terlalu membebani tubuh bagian bawah dengan olahraga jogging lebih dari satu jam setiap hari. Lebih baik kombinasikan dengan gerakan-gerakan senam ringan atau yoga yang membantu melenturkan sendi dan tidak membuat otot stres.

8. Kurang minum air mineral

Tubuh manusia mengandung lebih banyak cairan. Cairan dalam tubuh manusia memiliki banyak fungsi. Salah satu fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Selain dapat menyebabkan dehidrasi, kurang minum air juga mampu menyebabkan kulit kita menjadi kering dan kusam. Kulit yang kering dan kusam akan membuat penampilan kita menjadi tampak lebih tua dari umur kita yang sesungguhnya.

 

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Lebaran Pantang Gendut

  • 5 Tips Menceggah Bau Mulut

  • Intermittent Fasting & Puasa Ramadan Apa Bedanya?

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan