Tips Kesehatan

Kamis, 6 Desember 2018

Zat Gizi yang penting untuk Ibu Hamil

Sumber : bidanku.com, hamilsehat.com

Ibu hamil tidak hanya memerlukan porsi dua kali lipat daripada biasanya, tapi juga harus memperhatikan gizi yang masuk. Boleh-boleh saja makan gorengan, tapi yang paling penting, sarapan harus makan makanan yang bergizi. Apapun makanan yang Anda konsumsi saat sarapan, pastikan untuk memenuhi berbagai nutrisi penting berikut, yaitu:

Serat

Mengonsumsi makanan tinggi serat saat sarapan membantu melancarkan pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, ibu terhindar dari berbagai masalah pencernaan dan juga berat badan yang melonjak drastis akibat selalu merasa lapar sepanjang waktu. Makanan kaya serat yang bisa dikonsumsi seperti oatmeal, biji chia, bayam, dan buah seperti jambu biji.

Protein

Saat hamil, Anda harus mengonsumsi protein sekitar 75 gr per hari. Bayi membutuhkan asam amino (salah satu jenis protein) untuk dapat tumbuh dengan sehat dan kuat. Adapun berbagai makanan sehat yang kaya protein yaitu, tahu, telur, dan selai kacang.

Kalsium

Jangan lewatkan makanan serta minuman kaya kalsium dalam menu sarapan Anda. Saat hamil Anda membutuhkan 1.000 mg kalsium setiap hari. Kalsium membantu menjaga tulang si kecil di dalam kandungan tumbuh dengan kuat. Anda bisa mencoba berbagai makanan dan minuman kaya kalsium seperti yoghurt, keju, bayam, jus jeruk, dan juga kacang almond.

Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh mengandung vitamin B yang penting untuk pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Selain itu, biji-bijian utuh juga mengandung serat, zat besi, dan mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh. Berbagai makanan yang termasuk ke dalam biji-bijian utuh adalah oatmeal, granola, dan beras merah.

Zat besi

Wanita hamil membutuhkan dua kali lebih banyak asupan zat besi dibandingkan saat Anda tidak hamil. Pasalnya, zat besi adalah salah satu komponen utama dalam sel darah merah. Sel darah merah yang sehat sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi di dalam kandungan. Terutama untuk memasok cukup oksigen ke dalam janin. Untuk itu konsumsilah makanan yang kaya zat besi saat sarapan seperti oatmeal, hati sapi, bayam, telur, tahu, dan sereal yang diperkaya zat besi.

Omega-3

Saat hamil, janin akan memerlukan banyak nutrisi bukan hanya untuk perkembangan tubuhnya, tapi juga otak. Bila saat Anda hamil memenuhi kebutuhan omega-3 dengan dosis yang cukup, maka perkembangan otak janin akan berjalan baik. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Child Development tahun 2004, bayi yang lahir dari ibu dengan kadar DHA dalam darah yang lebih tinggi memiliki tingkat kecerdasan yang baik. dapat dilihat dari sikapnya dalam memberi respon yang lebih baik pada lingkungannya.  Asupan asam lemak omega-3 yang cukup selama kehamilan juga dapat mengurangi risiko kelahiran prematur. Minum Nature EPA sejak merencanakan kehamilan sehingga kebutuhan omega-3 akan tercukupi.

 

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Non-exercise Activity Thermogenesis, Solusi Bagi Anda Pekerja Kantoran

  • Benarkah Laut Kita Sudah Menjadi Karsinogenik?

  • Zat Gizi yang penting untuk Ibu Hamil

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan