Tips Kesehatan

Jumat, 10 November 2023

Yuk, Lindungi Diri dari Polusi Udara

Sumber : Tara News 186

Polusi udara menjadi isu hangat di Indonesia saat ini. Kualitas udara di banyak kota besar di Indonesia termasuk dalam kategori tidak sehat. Faktanya, Indonesia menduduki peringkat pertama negara dengan polusi tertinggi se-Asia Tenggara berdasarkan laporan World Air Quality (IQAir) tahun 2022. Apa sajakah dampak polusi udara terhadap kesehatan?

  1. Gangguan pernapasan.
    Dampak utama yang ditimbulkan polusi udara adalah gangguan pernapasan. Ketika udara yang tercemar terhirup, polutan akan ikut masuk ke paru-paru dan dapat merusak jaringan di dalamnya.
    Akibatnya, dapat menimbulkan berbagai gangguan pernapasan seperti batuk, asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan infeksi saluran pernapasan (ISPA).
    Tak hanya itu, paparan nitrogen oksida pun diketahui bisa menyebabkan bronkitis kronis. Pada anak penderita asma, paparan nitrogen dioksida bisa meningkatkan gejala bronkitis pada anak.

    Squalene.
    Squalene diketahui dapat meningkatkan suplai oksigen pada sel-sel tubuh.
    Suplai oksigen yang baik dapat mencegah gangguan pernapasan.

  2. Meningkatkan risiko hipertensi dan penyakit kardiovaskular.
    Ketika udara yang berpolusi terhirup, polutan dapat masuk jauh ke dalam aliran darah melalui paru-paru
    dan jantung. Kemudian zat tersebut dapat menyebabkan terbentuknya plak pada pembuluh darah yang
    menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengeras.
    Hal ini mengakibatkan penyumbatan pada aliran darah sehingga dapat memicu tekanan darah tinggi, penyakit stroke dan serangan jantung.

    Omega 3
    Omega 3 diketahui dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, mengurangi plak pada pembuluh darah, menjaga kesehatan dan kelenturan pembuluh darah, juga sebagai anti radang + EPA dapat mencegah kelahiran premature.

  3. Terhadap ibu hamil dan janin.
    Bagi ibu hamil, polutan dapat menimbulkan peradangan, memicu kelahiran prematurdan lebih berisiko melahirkan anak dengan berat badan lahir rendah, autisme, serta meningkatkan risiko masalah kognitif pada anak.
  4. Mengiritasi kulit.
    Kulit sebagai lapisan pelindung tubuh yang terluar karena udara yang terpolusi, kulit dapat mengalami iritasi sehingga kulit menjadi gatal-gatal, kering dan bersisik.

  5. Mengiritasi mata.
    Polusi udara yang masuk ke mata bisa mengiritasi mata sehingga menjadi merah.
  6. Meningkatkan risiko kanker.
    Tak hanya kanker paru-paru, risiko jenis penyakit kanker lainnya juga bisa meningkat. Sebuah penelitian besar terhadap lebih dari 57.000 wanita menemukan fakta bahwa wanita yang tinggal di dekat jalan raya utama lebih berisiko terkena kanker payudara.

    Sementara sebuah studi pada tahun 2000-2016 menemukan hubungan antara kejadian kanker paru-paru dengan paparan polusi udara dari pembangkit listrik tenaga uap batu bara.

 

Hal-hal yang perlu kita lakukan untuk meminimalkan dampak polusi udara terhadap tubuh:

  1. Selalu memakai masker medis ketika berada di luar ruangan yang terpapar polusi udara.
    Memakai masker medis akan sangat membantu menyaring polutan yang dihirup dan masuk ke dalam tubuh, sehingga gangguan kesehatan akibat polusi udara dapat diminimalisir.
  2. Minum banyak air putih.
    Minum banyak air putih merupakan langkah yang tepat untuk membantu melancarkan pernapasan. Sebab, air membantu mengencerkan lendir yang melapisi saluran udara dan paru-paru. Jika kekurangan cairan/dehidrasi, maka lendir akan menebal dan lengket sehingga pernapasan terhambat.
  3. Mengonsumsi Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh
    Vitamin C adalah vitamin yang sangat kaya akan anti oksidan yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang banyak terdapat dalam polusi udara. Selain itu Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
    TaraNaturePureWay-C 500

    • PureWay C larut pada air dan lemak sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh.
    • PureWay C bertahan hingga 6X lebih lama didalam tubuh daripada vitamin C lainnya.
    • PureWay C AMAN untuk lambung karena tingkat keasaman sama dengan lambung.
    • Dengan Zinc Picolinate, yang semakin meningkatkan daya tahan tubuh.
      Dengan Citrus Bioflavonoid, yang mengandung senyawa hisperidin yang membantu melawan virus.
  4. Membersihkan hidung.
    Membersihkan hidung secara rutin dapat membantu melegakan pernapasan. Salah satu cara praktisnya dapat menggunakan nasal spray atau cairan pembersih hidung.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Masih Muda, Gen Z, Kok Bisa Diabetes?

  • Nutrisi Baik Cegah Stunting, Tumbuh Kembang Optimal

  • Lebaran Pantang Gendut

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan