Tips Kesehatan

Sabtu, 27 Oktober 2018

Sakit Kepala? Sebelum Makan Obat, Yuk Coba Makan Ini Dulu!

Sumber : The Sun, News.metrotv.net

Salah satu penyakit yang seringkali menyerang banyak orang adalah sakit kepala. Penyakit ini pada umumnya akan muncul di sekitar kepala, bisa hanya terasa di sebagian atau di satu titik tertentu saja dan bisa juga terasa di seluruh bagian kepala. 

Banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya penyakit sakit kepala. Mulai dari demam, flu, stress hingga karena berolahraga tanpa pemanasan. Apapun penyebabnya, yang pasti sakit kepala akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mungkin sebagian besar orang hanya akan mengobatinya dengan lebih banyak beristirahat dan meminum obat pereda sakit. Namun, beberapa bahan makanan yang biasa dikonsumsi ternyata mampu membantu meredakan sakit kepala. Bahkan ada yang sampai bisa menyembuhkan sakit kepala.

Mau tahu apa sajakah itu? Berikut lima makanan yang bisa bantu redakan sakit kepala:

  1. Jamur.

Kandungan vitamin B2 yang tinggi pada jamur mampu menyembuhkan sakit kepala. Hal ini karena ketika sakit kepala muncul akibat terganggunya sel darah, vitamin B2 (riboflavin) merupakan salah satu nutrisi yang diyakini penting dalam menghasilkan energi sel. Selain menyembuhkan sakit kepala, vitamin B2 juga mampu meningkatkan energi penyerapan nutrisi dari makanan seperti karbohidrat, lemak dan protein. Dengan mengonsumsi jamur yang kaya akan vitamin B2, dapat mengurangi migrain hingga 50%.

  1. Kentang panggang.

Tidak hanya karena kekurangan cairan, sakit kepala juga dapat terjadi akibat tubuh yang kehilangan elektrolit seperti kalium. Nah mengonsumsi kentang panggang beserta kulitnya bisa menyembuhkan sakit kepala karena kandungan kalium yang tinggi hingga sebesar 721 mg di dalamnya. Bahkan kandungan kalium terbanyak pada kentang justru terdapat pada kulitnya.

  1. Pisang.

Buah berwarna kuning ini memang dikenal mempunyai banyak khasiat bagi tubuh. Salah satunya adalah membantu meredakan sakit kepala. Kandungan magnesium yang tinggi pada pisang dapat meringankan migrain dan sakit kepala akibat stres. Magnesium juga dipercaya mampu melindungi tubuh dari sakit kepala dengan cara merelaksasi pembuluh darah yang menegang karena sakit kepala.

  1. Yoghurt.

Sakit kepala dapat terjadi karena ada yang salah dengan otak. Di mana otak membutuhkan kalsium untuk berfungsi dengan baik. Mengonsumsi makanan kaya akan kalsium seperti yoghurt dapat membantu meredakan sakit kepala. Selain kaya akan kalsium, yoghurt rendah lemak juga mengandung bakteri baik yang keberadaannya baik bagi tubuh. Bahkan manfaat yoghurt ini didukung dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Manchester kepada wanita dengan mengonsumsi yoghurt 4,4 ons selama satu bulan, mampu mengurangi rasa kembung dan sakit kepala hingga peradangan.

  1. Kopi.

Menurut Guttler, seorang ahli toksikologi, ternyata kopi dapat mempunyai efek menenangkan penyakit migrain atau sakit kepala. Kandungan kafein dalam minuman pahit ini merupakan zat yang umum ditemukan dalam resep dan obat-obatan bebas untuk sakit kepala. Hal ini karena kafein dapat meredakan rasa nyeri dan 40% lebih efektif dalam mengobati sakit kepala.

Jangan lupa untuk perbanyak minum air putih setiap harinya. Air putih adalah nutrisi terpenting bagi tubuh kita karena 70% dari tubuh merupakan cairan. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka peredaran darah tidak lancar, sehingga berisiko mudah terkena sakit kepala. Selain mencukupi kebutuhan air, minum Circulan juga membantu melancarkan peredaran darah di tubuh kita. Suplemen dengan kombinasi 4 bahan alami, yaitu Crataegus extract, Ginkgo biloba extract, Garlic oil, dan Melissa extract, bersinergi untuk membantu sistem peredaran darah. Dengan peredaran darah yang lacar, sakit kepala, jauh-jauh deh!

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Kelebihan Makan Makanan Organik

  • Sejuta Manfaat Alpukat untuk Anak

  • Kopi + Rokok = Bencana Bagi Kesehatan

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan