Tips Kesehatan

Sabtu, 8 Desember 2018

Non-exercise Activity Thermogenesis, Solusi Bagi Anda Pekerja Kantoran

Sumber : Healthywomen, Sun Life

Anda mungkin orang yang sehat dan sangat menghindari rokok atau minum-minuman beralkohol. Tapi benarkah Anda sudah menjalani pola hidup yang seat? Sudahkah kegiatan sehari-hari Anda merupakan gaya hidup yang sehat?

Bagi Anda yang memang orang lapangan tidak terlalu sulit mendapatkan waktu untuk bergerak. Namun bagi Anda yang bekerja di kantoran, tentunya rutinitas sehari-hari hanya berkutat di sekitar meja dan antar ruang kerja rekan Anda. Dr.Grace Joselini, dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia di Asian Games 2018, mengungkapkan bahwa duduk selama 3 jam secara terus-menerus ternyata dapat membuat pembuluh darah menyempit hingga 50%. Itu berarti resiko penyakit yang disebabkan penyempitan pembuluh darah, yang dihadapi oleh perokok dan orang yang kegiatan sehari-harinya banyak duduk adalah sama.

Selain itu, pada hasil riset Sun Life lainnya yang dilakukan pada 2016 hingga 2017, didapat bahwa sebagian besar atau 51% generasi muda Indonesia belum rutin berolahraga. hal itu berarti Anda yang bekerja dengan jam duduk lama tentu akan memiliki resiko tinggi terkena serangan jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

Jadi bagaimana solusinya? Jangan bingung. Anda bisa mengakalinya, dengan cara meningkatkan NEAT atau non-exercise activity thermogenesis. NEAT berarti aktivitas sehari-hari yang membuat tubuh bergerak lebih aktif. Anda yang bekerja dengan proporsi duduk lebih lama daripada berjalan tetap dapat membakar hingga 350 kalori dalam sehari jika meningkatkan NEAT. Jumlah kalori tersebut memang tidak banyak. Namun jika dihitung, dalam 1 bulan Anda bisa menurunkan berat badan 1,3 kg atau sekitar 16 kg dalam setahun, tanpa harus ke gym.

Masih kesulitan meningkatkan NEAT? Berikut tipsnya untuk Anda:

Banyak Berdiri saat Bekerja

Dalam sebuah penelitian, karyawan di sebuah kantor diminta untuk berdiri selama 3 jam setelah makan siang. Hasilnya menunjukkan, berdiri membantu menurunkan kadar gula darah dan membakar 174 kalori tambahan ketimbang duduk. Jadi, rehat sejenak di sela-sela bekerja untuk berdiri selama beberapa waktu. Ini bisa Kamu lakukan untuk mengisi air minum atau pergi ke toilet.

Pasang Alarm untuk Bergerak

Kalau sudah sibuk dengan pekerjaan, hal penting pun sering terlupakan. Pasang alarm handphone agar Anda ingat waktu untuk berdiri dan bergerak di sela-sela pekerjaan. Anda juga bisa menyisihkan sedikit waktu untuk melakukan stretching ringan atau berjalan-jalan di sekitar kantor. Yang penting, berdiri dari tempat duduk dan bergeraklah!

Berinisiatif Ajak Rekan Kerja

Coba angkat topik tentang pentingnya beraktivitas fisik kepada atasan. Berikan ide-ide menarik, seperti meeting sambil berdiri atau berjalan, istirahat bersama beberapa menit untuk berdiri dan melakukan stretching, membuat hari tertentu untuk pergi ke kantor dengan mengendarai sepeda, ataupun membuat event yang bisa meningkatkan aktivitas fisik seperti acara zumba atau aerobik Bersama rekan kerja.

Paling tidak, cobalah meluangkan waktu minimal 30 menit setiap harinya untuk melakukan aktivitas fisik yang dapat membantu menjaga kesehatan, minum suplemen yang membantu melancarkan peredaran darah seperti Circulan agar kesehatan peredaran darah selalu terjaga walau aktivitas banyak dilakukan hanya di bilik kerja.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Kemangi; Lalapan yang Enak dan Menyehatkan

  • Cegah Gigi Berlubang Sebelum Sakitnya Menyerang

  • Surprise! Inilah 6 Makanan yang Ternyata Baik Untuk Menjaga Kesehatan

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan