Tips Kesehatan

Rabu, 6 Juni 2018

Lebih Peka Terhadap 7 Gejala Kolesterol yang Telah Melebihi Batas Normal

Sumber : taranature.co.id

Di Indonesia penderita penyakit kolesterol mencapai 28%. Jika tidak segera diatasi, kolesterol tinggi dapat mengancam kesehatan hingga menyebabkan kematian. Beberapa penyakit akibat tingginya kolesterol, antara lain: jantung, stroke, dan penyumbatan pembuluh darah. Meskipun tidak ada gejala khusus akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah, namun tubuh tetap memberikan indikator yang membuat Anda patut mewaspadainya.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati, bukan? Karena itu ada baiknya Anda lebih peka terhadap perubahan yang sekiranya terjadi pada tubuh Anda. Segera periksakan kondisi Anda ke dokter bila ada salah satu gejala di bawah ini menyerang tubuh Anda:

  1. Kesemutan
    Sering merasa kesemutan pada tangan, kaki atau bagian tubuh tertentu merupakan pertanda aliran darah tidak lancar sehingga ada syaraf yang tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Sebagian besar, penyebab aliran darah tidak lancar disebabkan oleh Kolesterol.
  2. Pusing di belakang kepala
    Pusing atau kepala bagian belakang terasa berat harus diwaspadai, karena bisa jadi karena kolesterol tinggi. Kolesterol menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah di sekitar otak dan kepala. Apabila dibiarkan, maka bisa berakibat fatal, seperti pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan stroke.
  3. Pegal di tengkuk hingga ke pundak
    Pundak dan tengkuk terasa pegal bisa jadi karena kurangnya pasokan oksigen dan darah ke area tersebut akibat penumpukan kolesterol. Oleh karena itu, segera waspadai dan lakukan upaya untuk mengatasinya.
  4. Rasa nyeri pada kaki
    Kaki bagian belakang betis akan terasa nyeri. Karena pada betis belakang banyak terdapat arteri, sehingga bila bagian kaki belakang betis terasa sakit, bisa juga merupakan tanda kolesterol tinggi. Kolesterol menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah arteri sehingga aliran darah ke kaki terhambat.
  5. Mudah mengantuk
    Sering menguap terjadi akibat kurangnya pasokan oksigen ke otak. Sering mengantuk yang tidak wajar bisa jadi akibat penumpukan kolesterol yang menyumbat pembuluh darah sehingga pasokan oksigen ke otak tidak bisa optimal.
  6. Warna kuku berubah
    Warna kuku yang tak biasanya seperti menguning dan kusam, bisa dicurigai akibat kolesterol tinggi. Terganggunya sirkulasi darah menyebabkan kuku tidak mendapat pasokan darah yang cukup sehingga akan terjadi perubahan yang bisa dikenali dengan mudah, seperti kuku menebal dan lebih pertumbuhannya menjadi lambat.
  1. Kram pada malam hari
    Kram pada beberapa anggota tubuh akibat kolesterol tinggi bisa dirasakan saat malam hari setelah bangun tidur, seperti kram pada kaki terutama bagian betis, tumit, telapak kaki dan lainnya. Rasa nyeri tersebut akan hilang dengan sendirinya ketika Anda menggerakkan anggota tubuh.

Untuk mencegah semakin menumpuknya kolesterol, Anda bisa mulai rutin berolahraga 2-3 kali seminggu dengan waktu 30-40 menit. Selain itu rutin minum suplemen omega-3 yang membantu mengikis lemak jahat penyebab tersumbatnya peredaran darah. Lengkapi juga dengan suplemen yang membantu melancarkan peredaran darah secara menyeluruh pada setiap organ dalam sistem peredaran darah seperti Circulan setiap hari.

Cegah sebelum terlambat, hingga tua selalu sehat!


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Berada di Kondisi Blue Mind dengan Melakukan Kegiatan Air

  • Yuk Bantu Kurangi Tingkat Polusi Udara di Kota Jakarta!

  • Tips Sehat untuk Kamu yang Tinggal di Kota

Komentar

2 komentar


  • superadmin

    Terima kasih komennya Ka Cindy boleh di tunggu ordernya yah


  • Cindy

    waduh begitu baca poin pertama langsung kena hahaha iya sering nih kesemutan min makasih min artikel nya bermanfaat untuk omega 3 nya nnti aja di pesennya


Cari Tips Kesehatan