Tips Kesehatan

Rabu, 12 Agustus 2020

Masih Muda Gak Mungkin Diabetes?

Sumber : Tara News 167

Jika ada yang bilang seseorang sedang sakit, tanggapan “Ah, wajar kan sudah tua!” pasti pernah Anda dengar, atau malah Anda sendiri pernah mengatakannya. Faktanya, berbagai penyakit degeneratif justru kini menyerang anak muda, termasuk Diabetes Mellitus tipe 2. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan dampak diabetes pada remaja justru lebih berbahaya.

Pada dasarnya, DM tipe 2 disebabkan karena kebiasaan buruk. Sebelum seseorang didiagnosis mengidap DM tipe 2, pada umumnya ia akan memasuki tahap pradiabetes, dimana pasien mengalami toleransi glukosa terganggu (TGT) dan gula darah puasa terganggu (GDPT), tapi belum terlalu tinggi untuk dapat dikategorikan sebagai diabetes. Kemenkes mencatat kasus pradiabetes ini sudah mulai tampak pada usia remaja, sekitar 15 tahun.

Mengapa diabetes yang sudah diderita remaja lebih berbahaya? Seperti yang kita tahu, diabetes merupakan ibu dari berbagai penyakit. Apabila di usia remaja sudah menderita DM tipe 2, perkembangannya dapat menimbulkan komplikasi yang lebih serius, termasuk retinopati, nefropati, dan penyakit kardiovaskular. Dan parahnya jika sejak di usia yang seharusnya paling produktif, ia malah harus mengonsumsi obat-obatan hingga seluruh sisa hidupnya, di waktu yang akan datang akan lebih banyak gangguan organ mengintai, salah satunya ginjal.

Mari cegah diabetes sejak usia muda. Bahkan jika sudah memasuki tahap pradiabetes, Anda masih dapat mencegah terjadinya DM tipe 2 sebelum terlambat. Cara yang dapat dilakukan:

  1. Rutin memeriksakan kadar gula
  2. Olahraga teratur
  3. Mengikuti diet rendah kalori dan rendah lemak
  4. Mengurangi asupan makanan olahan dan karbohidrat kosong (makanan yang tidak memiliki kandungan gizi)
  5. Memperbanyak makan buah & sayur
  6. Mempertahankan berat badan ideal
  7. Mengonsumsi suplemen khusus diabetes jika diperlukan

Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Waspadai Kerusakan Organ Akibat Hipertensi

  • Stunting VS Anak Cerdas

  • Masih Muda Gak Mungkin Diabetes?

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan