Tips Kesehatan

Rabu, 11 April 2018

Makanan yang Membantu Meringankan Morning Sickness pada Ibu Hamil

Sumber : cantika.com, hamil.co.id, ayahbunda.com, bidanku.com

Morning sickness sebenarnya memang merupakan gejala umum yang biasa dialami oleh ibu hamil. Morning sickness sebenarnya bukanlah penyakit dan menurut Dr. Marjorier Greenfield 70% ibu hamil akan mengalami mual pada usia kehamilan awal. Jadi Anda yang mengalami morning sickness saat hamil tidak perlu cemas dan takut jika memang tidak begitu parah gejalanya ya. Tetapi morning sickness memang mengganggu kesehatan ibu hamil, sehingga ibu hamil menjadi kurang nyaman.

Penyebab Morning Sickness yang dialami oleh ibu hamil, antara lain:

  1. Perubahan Hormon
    Meningkatnya produksi hormon estrogen dan progesteron mempengaruhi fungsi neuron dan mempengaruhi fungsi organ tubuh lainnya. Keadaan morning sikness yang masih normal seperti mual serta muntah yang tidak berlebihan tidak berbahaya karena memang terjadi perubahan hormon pada tubuh. Tetapi akan menjadi berbahaya bila timbul gejala yang berat seperti tubuh tidak bisa menerima makanan serta minuman apapun, karena bisa menimbulkan kurangnya energi dalam tubuh serta dehidrasi. Untuk menangani hal ini maka konsultasikan ke dokter kandungan.
  2. Perubahan Metabolisme
    Wanita yang hamil pada usia di bawah 24 tahun maka resiko mual akan lebih besar dibanding wanita hamil yang berusia lebih dari 24 tahun. Hal itu karena metabolisme yang awalnya hanya untuk ibu, sekarang harus dibagi untuk janin yang sedang dikandung.
  3. Riwayat dan Obesitas
    Faktor lain yang dapat menjadikan penyebab mual parah pada ibu hamil yaitu seperti ibu hamil yang mengalami obesitas serta ibu yang pernah mengalami riwayat mual pada kehamilan yang sebelumnya.
    Setelah mengetahui penyebabnya, yuk sekarang kita cari tahu bagaimana cara mudah untuk membantu mengurangi meringankan morning sickness pada ibu hamil:

    • Makan dengan porsi kecil
      Ibu hamil yang mengalami morning sickness seringkali mengalami penurunan nafsu makan, sehingga susah makan. Tetapi ibu hamil harus memenuhi kebutuhan gizi tubuh dengan cara makan dengan porsi kecil namun sering dan terjadwal. Makan dengan porsi kecil maka akan menjaga kondisi perut terhindar dari masalah mual yang disebabkan oleh kekenyangan serta kebutuhan gizi tubuh ibu hamil tetap terpenuhi.
    • Bangun pagi dengan jeda istirahat terlebih dahulu
      Jika Anda bangun tidur di pagi hari maka jangan langsung beranjak dari tempat tidur, tetapi berikanlah jeda waktu pada tubuh Anda untuk duduk kemudian bangun dengan pelan-pelan. Bangun perlahan lalu makan biskuit sebelum beranjak dari tempat tidur untuk mengatasi mual yang terjadi di pagi hari, tetapi jika Anda termasuk orang yang tidak bisa makan ketika bangun tidur maka berikanlah jeda dahulu pada tubuh sebelum akan beranjak dari tempat tidur. Hal ini akan membantu mengatasi mual yang terjadi.
  4. Menghindari makanan pedas dan berlemak
    Saat masa kehamilan maka hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung pedas dan berlemak. Makanan ini bisa memicu ibu hamil mengalami mual. Walaupun mual biasanya pada siang hari sudah tidak dirasa lagi, tetapi Anda sebaiknya menghindari makanan yang pedas dan berlemak karena makanan tersebut kurang baik untuk kesehatan ibu hamil yang berhubungan dengan kondisi kesehatan janin yang berada dalam kandungan. Makanan pedas dan berlemak selain dapat memicu morning sickness semakin bertambah dan dapat mengganggu pencernaan pada ibu hamil.
  5. Minum vitamin zinc dan vitamin B6
    Vitamin zinc serta vitamin B6 mampu mencegah mual pada kehamilan yang disebabkan oleh morning sickness. Anda bisa meminta saran dan rekomendasi dokter kandungan anda untuk memberikan resep vitamin yang baik untuk kondisi kehamilan anda.
  6. Mendengarkan musik yang menenangkan
    Mendengarkan musik yang menenangkan akan bisa membuat perasaan Anda menjadi lebih tenang, sehingga mual akan bisa teratasi. Bahkan mual yag terjadi pada ibu hamil banyak yang disebabkan karena kondisi ibu yang stres sehingga perlu ketenangan hati dan batin ibu untuk mengurangi stres yang dideritanya dan bisa mengurangi mual yang terjadi. Organ telinga akan mampu menyambungkan dan terhubung ke perut, seperti contohnya kita mendengar kabar berita yang buruk atau menjijikan maka perut kita bisa merasakan mulas. Hal inilah hubungannya antara telinga dan perut.
  7. Akupuntur
    Akupuntur merupakan pengobatan dengan tradisi Asia Timur yang dilakukan dengan cara tusukan jarum dengan menggunakan jarum khusus pada titik-titik tertentu pada tubuh. seiring dengan perkembangan zaman akupuntur ini telah tersedia pada rumah sakit besar yang berada di kota-kota besar yang dilengkapi juga dengan dokter akupuntur.
  8. Minum campuran cuka dan teh
    Cuka merupakan cairan yang dapat mengeringkan air liur pada mulut serta mengurangi mual. Ibu yang hamil akan memproduksi lebih banyak air liur sehingga akan memicu mual. Karena itu lah Anda bisa mengatasi mual tersebut dengan minum teh dicampus dengan sedikit cuka. Campurkan dua sampai dua sendok teh cuka kedalam air teh hangat untuk diminum pada sarapan di pagi hari.
  9. Jalan-jalan di taman
    Jalan-jalan ditaman ini ternyata terbukti bisa mengatasi morning sickness yang terjadi pada ibu hamil, menurut penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, jalan-jalan di taman akan menenangkan pikiran serta memberikan suplai oksigen yang banyak untuk ibu dan janin.
  10. Jadwalkan waktu untuk tidur siang
    Ibu hamil memerlukan waktu istirahat yang cukup karena walaupun mereka kadang tidak melakukan aktifitas yang berat tetapi kondisi kesehatannya memang sangat rentan sehingga perlu untuk dijaga dengan baik. Tidur siang akan bermanfaat untuk mengembalikan energi pada ibu hamil serta menghilangkan kelelahan dan juga dapat merilekskan badan. Jika tubuh tidak lelah serta rileks maka stres akan terhindar sehingga morning sickness bisa dikendalikan dan diatasi dengan baik.
  11. Kenakan pakaian yang longgar
    Pakaian yang ketat pada bagain perut maka akan menyebabkan perut merasa kurang gerak dan mual. Maka jika sedang hamil lebih aman mengenakan pakaian yang khusus dirancang dengan ukuran longgar agar ibu hamil tetap nyaman dalam melakukan berbagai aktifitas.
  12. Mengonsumsi Kurkumin
    Kurkumin atau dalam bahasa Indonesianya adalah kunyit dapat membantu pencernaan untuk selalu sehat. Kurkumin yang bersifat basa akan menetralisir asam lambung, meringankan gejal asakit maag, yaitu: mual, mulas, perih, kembung. Sehingga ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi kurkumin.

 

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Tips Selalu Segar Untuk Pekerja Subuh

  • Sebelum di-”cuci otak” oleh dr. Terawan, Yuk Cegah Stroke dengan Tips Simpel Berikut

  • Makanan yang Membantu Meringankan Morning Sickness pada Ibu Hamil

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan