Tips Kesehatan

Rabu, 10 Januari 2018

Sering Memikirkan Hutang, Kesehatan Jantung Pun Berkurang

Sumber : The Lancet journal, MedicalNewsToday.com, jawaban.com

Makin hari biaya hidup memang makin tinggi. Sebagian orang bahkan sampai harus gali lubang tutup lubang dan berhutang untuk mencukupi kebutuhan. Namun waspadai dampaknya terhadap kesehatan ya.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal The Lancet baru-baru ini menyebut mereka yang mengalami kesulitan finansial berpeluang 13 kali lebih tinggi untuk terkena serangan jantung.

Peneliti mendasarkan temuannya dari pengamatan terhadap 106 pasien yang mengalami serangan jantung dan dilarikan ke sebuah rumah sakit di Johannesburg. Tiap partisipan kemudian diminta menilai seberapa tinggi tingkat stres mereka terkait kondisi finansial.

Hasilnya menunjukkan terjadi peningkatan risiko serangan jantung hingga 13 kali lipat, terutama bagi mereka yang memiliki beban finansial yang ‘signifikan’. Sedangkan mereka yang mengalami stres finansial sedang memiliki peluang 5,6 kali lebih tinggi. Untuk mereka yang mengalami stres finansial ringan, risiko serangan jantungnya mencapai 3 kali lipat.

Stres finansial ringan terjadi pada mereka yang memiliki penghasilan namun tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan, sedangkan stres finansial sedang terjadi pada mereka yang berpenghasilan namun terjebak dalam masalah keuangan. Beban finansial yang ‘signifikan’ dialami oleh mereka yang tidak berpenghasilan dan seringkali kesulitan untuk sekedar memenuhi kebutuhan dasar.

Dari survei yang dilakukan tiap tahun, American Psychological Association (APA) menemukan bahwa uang atau keadaan finansial selalu menjadi pemicu stres di jajaran teratas dari tahun ke tahun. Bila dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular, dampak stres finansial ini sebenarnya sama besar dengan merokok dan tekanan darah tinggi. Ketua tim peneliti, Dr Denishan Govender mendorong agar tim medis melakukan pencegahan dengan rutin menanyakan tingkat stres atau kondisi mental pasien.

Oleh karena itu kita harus menjaga tubuh sejak dini, baik itu olahraga ataupun makanan agar bisa giat bekerja dan jauh dari hutang yang menumpuk dan merusak jantung.

Beberapa makanan yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung Anda adalah:

  1. Semangka

Selain manis dan enak, buah yang rendah kalori dan kaya serat ini memiliki sumber antioksidan yang tinggi. Menurut Dr. Sarah Samaan, ahli jantung Legacy Heart Center di Dallas-Fort Worth Metroplex ini mengatakan bahwa buah semangka merupakan sumber Lycopene yang luar biasa dengan risiko penyakit jantung  dan kanker jauh sangat rendah. Semangka juga menyediakan citrulline yang dapat memperbaiki kesehatan pembuluh darah dan bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit disfungsi seksual dan diabetes. Selain itu, semangka juga merupakan sumber vitamin C dan A serta Kalium dan Magnesium yang baik untuk tubuh secara keseluruhan.

  1. Yogurt

Untuk makanan manis dan gurih yang tidak menyumbat arteri, pilihlah secangkir yogurt yang baik bagi kesehatan jantung.  Selain melindungi gusi dan mengurangi risiko penyakit jantung(link Omega Q10), yogurt juga sangat rendah lemak, dan mengandung antidioksidan, serat, vitamin dan probiotik yang bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Campurkan buah yang segar untuk menikmatinya di pagi hari sebelum Anda memulai aktifitas tentu akan menambah semangat Anda sehari penuh.

  1.  Tomat

Tomat mengandung dosis yang tinggi dan padat akan vitamin C yang baik bagi jantung. Vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan. Cobalah untuk membuat saos tomat Anda sendiri, tambahkan oregano dan sayuran cincang untuk saus pasta buatan sendiri. Tambahkan gourmet untuk oksidan lebih tinggi.

  1.  Alpukat

Buah ini memiliki lemak jenuh tunggal yang sehat dan merupakan sumber potassium dan mineral yang berfungsi juga untuk mengendalikan tekanan darah. Menurut Bridget Swinney, seorang ahli diet terdaftar di Texas, alpukat merupakan sumber vitamin C, serat dan Karotenoid. Hal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama jantung.

  1. Salmon

Kalau Anda rajin mengomsumsi salmon sebagai hidangan utama, jantung akan memompa darah dengan baik dan kondisi jantung akan tetap prima. Studi menunjukkan mengonsumsi ikan secara teratur setiap minggu akan membuat, sekitar 30% lebih rendah risiko terkena jantung koroner dalam waktu yang yang lama.

Ahli gizi Georgia mengatakan: “Ikan air dingin seperti salmon, mengandung lemak oemga-3, dan tingkat lipid berbahaya yang lebih rendah.”

Ya omega-3 berfungsi sedikit menekan tekanan darah dan mencegah irama jantung yang tidak teratur, sekaligus mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Bila tidak memungkinkan untuk makan salmon secara rutin setiap kinggu, Anda cukup menambahkan suplemen omega-3 dan omega-Q10 untuk mendapatkan manfaat yang sama dengan mengonsumsi salmon.

Dibalik makanan di atas, jangan lupa barengi dengan menjaga pola istrahat serta olahraga yang teratur. Jauhi memikirkan hutang berkepanjangan dan miliki tubuh yang sehat hingga hari tua!

 

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Kurangi Natrium Mulai Hari Ini bila Tidak Mau Terkena 7 Penyakit Ini

  • Yuk Perhatikan Hal-hal Ini Ketika Merias Mata

  • Cara Berhenti Merokok yang Bisa Anda Coba di Tahun 2018

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan