Tips Kesehatan

Kamis, 22 November 2018

Food Combining yang Justru Tidak Baik Dikombinasikan

Sumber : cosmopolitan.com, lifestyle.kompas.com

Teknik food combining adalah teknik menggabungkan dua jenis makanan dalam satu waktu untuk mendapatkan kesehatan yang prima. Sementara food combining diet adalah teknik mengombinasikan dua makanan yang mengandung protein tinggi dan vitamin agar menekan lemak dan karbohidrat yang berlebihan dalam tubuh.

Namun ada kalanya kita tidak mengetahui makanan apa saja yang baik untuk saling dikombinasikan satu sama lain. kesalahan dalam mengombinasikan jenis makanan ini bukannya baik untuk kesehatan, tapi justru dapat membawa dampak yang tidak sehat bagi tubuh kita lho.

Inilah enam kombinasi makanan yang membawa dampak tidak sehat bagi tubuh:

  1. Sandwich keju dan kopi.

Sandwich keju adalah menu yang tepat untuk sarapan. Ditambah segelas kopi akan membuat pagi hari terasa semakin segar. Namun, makan sandwich sambil minum kopi ini ternyata tidak baik untuk kesehatan. Kamu harus menghindari kombinasi menu makan ini karena kandungan karbohidrat yang ada dalam roti akan menghalangi kalsium pada keju. Dan zat kafein pada kopi sebenarnya kurang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi di pagi hari. Lebih baik jika meminum air putih saja sebagai menu sarapan di pagi hari.

  1. Tomat dan mentimun.

Dua jenis makanan ini kerap dijadikan dalam menu makan salad. Makan salad memang baik bagi kesehatan, apalagi untuk kamu yang lagi diet. Karena salad tidak mengandung karbohidrat yang berlebih dan mudah dicerna tubuh. Tetapi faktanya, makan tomat dan mentimun dalam satu waktu yang bersamaan tidak baik untuk kesehatan pencernaan tubuh kamu. Zat yang terkandung dalam dua jenis makanan ini akan menghambat pencernaan dan efeknya adalah kandungan gizi dalam makanan ini tidak bisa diserap dengan sempurna. Kalau makan salad, mending dipisah saja ya.

  1. Daging dan kentang.

Di dalam menu steak pasti tersedia daging sapi dan kentang. Kombinasi dua jenis makanan ini memang sangat lezat untuk dinikmati. Namun ternyata kentang dan daging itu tidak baik jika dikonsumsi secara bersamaan. Karena kandungan enzim starch yang ada dalam kentang bersatu dengan protein yang ada di dalam daging, hal ini akan membuat kandungan ini mengendap dan tidak bisa dicerna di tubuh. Efeknya dapat membuat kamu mual atau sering bersendawa. Kentang dalam steak bisa diganti sayuran lain seperti asparagus, brokoli atau kacang panjang agar tubuh tetap sehat dengan makan enak.

  1. Pasta dan daging giling.

Menu satu ini sering disajikan secara bersamaan di restoran. Pasta yang diberi toping daging giling dengan saus pasti sangat enak jika disantap untuk menu makan siang kamu. Tapi kamu harus tau bahwa pasta yang dicampur dengan daging giling ini ternyata tidak baik untuk kesehatan. Karena kandungan enzim saliva pada air ludah kita akan mengubah kandungan karbohidrat pasta menjadi gula. Dan gula ini jika bertemu dengan protein yang berasal dari daging akan menyebabkan diabetes. Jika ingin lebih sehat dan aman, makanlah pasta yang terbuat dari gandum, dan makan daging giling di waktu yang terpisah.

  1. Susu dan pisang.

Susu dan pisang sering kita jadikan menu sarapan karena enak dan praktis. Selain itu, banyak orang yang percaya bahwa susu dan pisang ini membuat orang lebih berenergi di pagi hari. Ternyata itu salah, kandungan gula dalam pisang itu sangat susah dicerna tubuh, perlu waktu yang lama untuk bisa dicerna dengan baik dan menjadi vitamin bagi tubuh. Selain itu, para ahli gizi menyarankan jika minum susu tidak boleh dibarengi makanan lain agar kandungan gizinya lebih cepat dicerna tubuh.

  1. Nanas dan susu.

Kedua makanan ini tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan karena kandungan asam pada buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti nanas ini mengandung enzim bromelain yang menyebabkan kamu keracunan kalau kamu makan bersama makanan yang mengandung susu seperti yoghurt atau keju.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Non-exercise Activity Thermogenesis, Solusi Bagi Anda Pekerja Kantoran

  • Benarkah Laut Kita Sudah Menjadi Karsinogenik?

  • Zat Gizi yang penting untuk Ibu Hamil

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan