Tips Kesehatan

Senin, 5 November 2018

14 Nutrisi Untuk Otak yang Senantiasa Sehat

Sumber : Wikipedia.com, www.dosenbiologi.com, rona.metrotvnews.com

Saat Anda tengah tidak mengerjakan apa-apa, coba Anda ingat-ingat kejadian yang terjadi kemarin. Lalu mundur lagi satu hari sebelumnya, kemudian mundur lagi di hari lusa kemarin. Usahakan yang Anda pikirkan detail, dari tempat, waktu hingga siapa saja yang terlibat di dalam kejadian itu.

Buat apa ya?

Ternyata teknik mengingat kejadian seperti itu sudah banyak dipakai di beberapa riset dan dibenarkan oleh para peneliti untuk menguji seberapa baik daya ingat kita. Bila Anda sudah merasa kesulitan untuk mengingat sesuatu, mungkin saja Anda mengalami gangguan pada bagian sel neuron. Sel neuron yaitu suatu jenis sel yang terdapat di otak, batang otak, sumsum tulang belakang, serta sel-sel saraf yang berfungsi untuk menyimpan serta mengirimkan informasi ke otot dan mengirim kembali informasi sensorik.

Otak besar juga mungkin mengalami defisit nutrisi, sehingga Anda sulit mengakses memori yang terjadi bahkan dalam waktu 24 jam sebelumnya. Otak besar merupakan bagian otak terbesar serta yang paling menonjol dari otak manusia, yaitu menepati 2/3 dari massa otak dan terletak di bagian atas rongga tengkorak.

Lalu bagaimana solusinya bila ingatan mulai melemah?

Ketika anda sudah sering mengalami lupa sesuatu, maka makanan tertentu dapat membantu untuk mengatasinya. Banyak terdapat makanan untuk meningkatkan memori, antara lain:

  1. Telur

Mengkonsumsi telur bisa menurunkan risiko demensia. Oleh karena itu, telur merupakan salah satu makanan terbaik untuk memori yang lemah.

  1. Ikan

Selain dagingnya, kandunganomega-3 yang terkandung di dalamnya sangat kuat untuk meningkatkan memori. Bila Anda ingin praktis, siapkan selalu Nature EPA di rumah Anda. Mengonsumsi Nature EPA secara rutin terbukti dapat membantu memperkuat daya ingat dan menguatkan sel neuron. Omega-3 murni yang terkandung di dalamnya bebas dari zat berbahaya yang mungkin masih ada di dalam ikan.

  1. Susu

Minum satu gelas susu setiap hari akan membantu untuk meningkatkan sel-sel di otak. Makanlah sepotong roti bersama dengan secangkir susu bebas lemak setiap hari agar otak senantiasa terjaga aktif.

  1. Brokoli

Bukan hanya baik untuk kesehatan pencernaan, brokoli ternyata juga dapat membantu membuat otak merasa ‘hidup’. Brokoli dapat meningkatkan fungsi sel-sel dalam otak, yang pada gilirannya dapat membuat Anda merasa aktif.

  1. Madu

Jika anda ingin meningkatkan memori, beralihlah dari gula ke madu. Madu dapat membantu mengaktifkan sel-sel otak dengan baik dan membuat tubuh lebih bersemangat sepanjang hari.

  1. Jintan hitam

Jintan hitam dapat membantu dalam meningkatkan memori. Jintan berfungsi sebagai penguat memori dan juga menghilangkan stres. Bila Anda sedang memasak, coba tambahkan jintan hitam sedikit sebagai menyedap masakan sekaligus nutrisi yang baik untuk otak Anda.

  1. Biji wijen

Biji wijen kaya akan omega-6, mengonsumsi semangkuk biji wijen Bersama buah-buahan segar lainnya setiap pagi dapat menyehatkan otak Anda.

  1. Kayu manis

Ada tiga manfaat kayu manis untuk otak; pertama, membantu untuk menunda penurunan fungsi kognitif. Kedua, membantu untuk meningkatkan memori anda dalam kurun waktu singkat. Dan ketiga, membantu dalam fungsi motorik yang berhubungan dengan otak. Anda bisa mencoba untuk menambahkan bubuk kayu manis ke dalam kopi Anda, karena kayu manis dan kafein akan memberi ‘jentikan’ untuk otak agar lebih aktif.

  1. Bayam

Kandungan vitamin K yang kaya dalam bayam merupakan salah satu makanan terbaik untuk memperkuat memori.

  1. Pepaya

Pepaya dapat membantu untuk meningkatkan sel-sel di otak. Pepaya juga dapat membantu dalam melindungi otak.

  1. Wortel

Wortel juga merupakan salah satu makanan terbaik untuk fungsi otak. Wortel memiliki tingkat senyawa yang disebut luteolin, yang bisa mengurangi defisit memori yang berhubungan dengan usia dan peradangan di otak.

  1. Tahu

Bagi Anda yang sering memakan tahu, ternyata kebiasaan ini merupakan hal baik karena tahu sangat kuat fungsinya untuk meningkatkan kekuatan otak. Oleh karena itu, jika Anda memiliki memori yang lemah, tambahkan tahu ke dalam menu makanan harian Anda ya.

  1. Buah jeruk

Buah jeruk mengandung Vitamin C, yang diperlukan untuk memberikan kekuatan pada sel-sel otak, yang selanjutnya dapat membuat otak tetap aktif.

  1. Air

Dari semua makanan yang disebutkan di atas, minum banyak air dan selalu pastikan kebutuhan harian akan air putih harian terpenuhi. Air putih yang cukup merupakan suatu keharusan untuk menjaga otak tetap aktif.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Kelebihan Makan Makanan Organik

  • Sejuta Manfaat Alpukat untuk Anak

  • Kopi + Rokok = Bencana Bagi Kesehatan

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan