Tips Kesehatan

Rabu, 28 Maret 2018

Fenomena Ngidam dan Penyebab Ilmiah di Baliknya

Sumber : Doktersehat.com, mommyasia.id, wolipop.detik.com

Berita kehamilan Kylie Jenner yang sempat ditutup-tutupi kemarin sempat menjadi viral, hingga akhirnya berita kehamilannya terkuak. Ada berita yang menggelitik di masa kehamilan Kylie Jenner kemarin, ternyata selama hamil Kylie Jenner juga merasakan apa yang kebanyakan ibu hamil lainnya alami, yakni ngidam. Dalam video berdurasi 11 menit yang diunggahnya ke YouTube pasca mengumumkan kelahiran putri pertamanya pada 5 Februari 2018 lalu, terungkap bahwa saat hamil Kylie Jenner mengaku selalu kelaparan. Kylie Jenner juga bercerita soal makanan yang sering disantapnya ketika hamil. Ia mengaku sering makan burger dan makanan cepat saji lainnya. Dia mengaku bahwa selama kehamilannya kemarin, rasa ingin makan makanan junkfood sangat tinggi, atau biasa kita kenal dengan istilah ngidam.

Apakah ada di antara Anda yang juga mengalami ngidam yang sama dengan Kylie Jenner? Hayo ngaku!

Sebenarnya apa sih ngidam? Mengapa ibu hamil sering mengalami fenomena seperti itu ya? Yuk kita cari tahu lebih jauh!

Penyebab ngidam pada ibu hamil:

  • Perubahan Emosi

Emosi dikatakan penyebab Ibu hamil sering ngidam yang aneh-aneh. Gangguan emosi sering terjadi pada lingkungan rumah yang tak baik (kotor), penghasilan rendah (sosial ekonomi rendah), atau emosi yang labil. Bukankah orang hamil butuh ketenangan, suasana yang nyaman, istirahat cukup, dan makan makanan yang dia perlukan? Nah, suasana kumuh tak membuat ia nyaman, kemudian makanan yang ia perlukan juga bisa jadi kurang dengan kebutuhan sehari-harinya, sehingga memicu timbulnya ngidam.

  • Kekurangan Sejumlah Nutrien atau Zat Gizi Tertentu

Salah satu penyebab Ibu hamil mengidam yang aneh-aneh adalah karena kekurangan sejumlah nutrien. Sebagian pakar kesehatan menyebutkan jika keinginan ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan tertentu ternyata disebabkan oleh tubuh yang membutuhkan asupan vitamin atau mineral tertentu demi mendukung perkembangan dan kesehatan janin di dalam kandungan. Kebutuhan akan nutrisi itulah yang mempengaruhi nafsu makan ibu hamil. Tak hanya itu, ada kecenderungan ibu hamil untuk menjadi lebih sensitif pada rasa atau bau makanan tertentu sebagai bentuk mekanisme keamanan diri menghindari makanan-makanan yang dianggap kurang baik atau berbahaya bagi kesehatan janinnya.

  • Perubahan Kadar Hormon

Penyebab lain ibu hamil sering ngidam adalah karena perubahan kadar hormon. Keadaan ini sering terjadi bersamaan masa terjadinya mual dan muntah (emesis gravidarum) akibat hormon Human Chorionic Gonadothropine (HCG) sedang tinggi-tingginya saat kehamilan 60 hari atau 2 bulan dan menurun dengan sendirinya setelah kehamilan 4 bulan. Makanya, saat itu mual-muntah akan hilang dan ngidam pun hanya bersifat sementara. Tapi, pada keadaan tertentu, bisa saja berlangsung selama 9 bulan, biasanya karena ada masalah psikologi.

  • Rangsangan Bau

Rangsangan bau atau aroma makanan bisa sebabkan Ibu hamil ngidam juga lho. Misal, bau roti bakar, cokelat, atau makanan lain. Hal ini dimungkinkan karena perubahan hormon. Akibatnya indra penciuman jadi sensitif.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Waspadai Kerusakan Organ Akibat Hipertensi

  • Stunting VS Anak Cerdas

  • Masih Muda Gak Mungkin Diabetes?

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan