Tips Kesehatan

Sabtu, 12 Januari 2019

Daily Workout yang Bisa Bikin Perut rata? Latihan Plank Jawabannya!

Sumber : lifestyle.sindonews.com, www.idntimes.com, Women's Health.

Malas pergi ke gym tapi merasa perut mulai buncit? Menjadi member gym memang terasa berat bagi yang malas untuk repot pergi hanya untuk berolahraga. Ada juga yang rajin tapi sebagian besar hanya bertahan satu atau dua bulan. Pakar fisiologi olahraga di Universitas Aberystwyth, Wales, Dr Rhys Thatcher, merekomendasikan agar memasukkan olahraga dalam aktivitas sehari-hari, misalnya HIIT (High Intensity Interval Training), push up atau plank. Plank adalah gerakan statis yang dinilai mampu membuat perut menjadi rata.

Namun sayang, masih banyak orang yang salah dalam melakukan kegiatan ini. Seperti menahan perut selama mungkin saat melakukan plank. Padahal plank bisa saja tidak membawa manfaat maksimal walaupun dilakukan dalam waktu lama.

Salah seorang personal trainer dari PhilanthroFIT di New York City, Doug Sklar mengatakan bahwa memaksa diri melakukan plank dalam waktu lama malah membuat tekanan di punggung bawah. Saat lelah, mungkin punggung bakal melengkung. Di sinilah potensi timbulnya risiko cedera.

Doug pun menyarankan untuk melakukan plank tiga sampai enam set. Misalnya, melakukan plank selama 10 detik, lalu bersantai 5-10 detik dan kembali melakukan plank 10 detik. Lakukan cara tersebut, tiga sampai enam set. Yang paling penting, lakukan latihan plank dengan cara yang benar, yaitu:

  1. Posisikan tubuh Anda seperti hendak push-up dengan siku ditekuk dan berada sejajar dengan bahu.
  2. Kaki harus sejajar dengan pinggul dan siku harus sejajar bahu. Katupkan kedua tangan Anda.
  3. Kontraksikan otot-otot perut Anda. Tubuh Anda harus sejajar dari ujung kepala hingga kaki. Tahan selama 60 detik atau selama yang Anda kuat.
  4. Posisikan tubuh Anda seperti hendak bangun dari telungkup. Letakkan kedua tangan Anda lurus sejajar dengan bahu. Posisikan juga siku dengan lurus. Posisi tubuh harus sejajar dari ujung kepala hingga ujung kaki. Tahan berada di posisi ini.
  5. Posisikan tubuh Anda miring dengan tangan kanan bertumpu pada lantai dan bobot tubuh Anda bertumpu pada kaki kanan. Dorong tubuh Anda ke arah atas dengan lengan kiri tegak lurus ke atas. Kontraksikan otot-otot perut bawah Anda. Tahan posisi ini selama 60 detik dan ulangi pada sisi kiri.
  6. Posisikan tubuh Anda tegak lurus dengan siku lurus dan kedua telapak tangan bertumpu pada lantai sejajar dengan kedua bahu. Angkat salah satu kaki Anda sehingga mengambang, namun kaki Anda harus tegak lurus sejajar dengan tulang belakang Anda. Tahan pada posisi ini selama 60 detik. Ulangi dengan kaki yang satunya. Posisi plank ini dapat membantu melatih keseimbangan Anda.
  7. Lakukan seperti pada posisi sebelumnya dengan siku lurus dan kedua telapak tangan bertumpu pada lantai sejajar dengan kedua bahu. Putar tubuh bagian bawah Anda ke arah kiri kemudian ke kanan. Tekuk kaki kiri Anda hingga menyentuh siku, tahan selama 1 detik. Kembali ke posisi awal dan ulangi pada kaki kanan. Ulangi gerakan ini selama 20 kali.

Bila Anda tidak kuat, tidak masalah memulai dengan set yang pendek. Walau melakukan set pendek, Anda tetap dapat manfaat untuk memperkuat dan menstabilkan otot-otot pusat, pundak, dan pinggul. Manfaatnya sama dengan menahan melakukan plank selama 30-60 detik.

Untuk hasil yang maksimal, imbangi plank dengan latihan fisik lainnya. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan yang tepat. Bila plank dilakukan dengan benar, bisa membantu memperkuat seluruh bagian tubuh, perut rata pun bisa didapat dalam waktu singkat.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Kemangi; Lalapan yang Enak dan Menyehatkan

  • Cegah Gigi Berlubang Sebelum Sakitnya Menyerang

  • Surprise! Inilah 6 Makanan yang Ternyata Baik Untuk Menjaga Kesehatan

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan