Tips Kesehatan

Rabu, 9 Januari 2019

Cara Efektif Sembuhkan Nyeri Akibat Endometriosis yang Menyebalkan

Sumber : Liputan6, Healthline, Verywell Health

Setiap wanita dilahirkan dengan kodratnya untuk mengalami menstruasi dari masa akil balik hingga masa menopause. Untuk yang tidak mengalami kelainan apapun, masa haid tidak akan membawa dampak yang berlebihan terhadap tubuh. Tapi ada beberapa wanita yang mengalami sakit yang luar biasa di masa-masa menstruasinya. Banyak sekali penyebabnya, salah satunya adalah adanya endometriosis.

Endometriosis merupakan kondisi yang membuat jaringan yang melapisi rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim. Kondisi ini membuat Anda merasakan sakit yang luar biasa saat haid, kram perut, dan perdarahan yang lebih deras dari kebanyakan orang. Untuk itu, Anda perlu mengetahui berbagai cara mengatasi gejala endometriosis terutama saat datang bulan. Agar hari-hari Anda saat haid tidak terlalu menyiksa, yuk, lakukan beberapa cara berikut ini:

  1. Kompres perut dengan air hangat

Menaruh handuk hangat atau botol berisi air panas di perut saat haid membantu melemaskan otot-otot yang kram akibat endometriosis. Dengan begitu, rasa sakit pun lama-lama akan menghilang dengan sendirinya. Setelah rasa sakit lumayan mereda, Anda jadi bisa istirahat dan tidur dengan lebih nyenyak.

  1. Minum jamu kunyit

Kunyit memiliki sifat anti radang yang cukup kuat untuk membantu mengatasi gejala endometriosis. Bahkan beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kunyit mampu menghambat pertumbuhan endometrium.

Anda bisa membuat minuman dengan bahan yang satu ini dengan merebusnya bersama secangkir air. Untuk menambah rasa, Anda juga bisa memasukkan jahe, madu, kayu nipis, atau jeruk nipis. Minum sebanyak tiga kali sehari untuk membantu meringankan gejalanya yang menyiksa.

  1. Memijat otot panggul

Memijat otot panggul termasuk perut secara keseluruhan saat premenstrual syndrome (PMS) menyerang bisa membantu mengurangi nyeri haid yang diakibatkan oleh endometriosis. Selain itu, memijat otot-otot panggul juga membantu mengurangi kram dan mengurangi peradangan.

Agar terasa lebih nyaman, gunakan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender untuk membantu melemaskan otot. Pijat area yang biasanya terasa sakit sampai Anda merasa lebih baik. Jangan menekannya terlalu keras karena justru bisa membuatnya semakin sakit. Ingat, Anda hanya boleh memijat otot panggul hanya sebelum haid. Jika dilakukan saat haid, bukannya rileks hal ini malah bisa memperburuk keadaan. Minum suplemen yang mengandung omega-6 juga dapat membantu mengurangi sakit di saat PMS tiba.

  1. Makan makanan yang mengandung asam lemak omega 3

Penelitian  di University of Western Ontario menemukan fakta bahwa minyak ikan mengandung senyawa yang bisa menghilangkan bahan kimia penyebab peradangan. Di samping itu, peneliti juga menemukan bukti bahwa minyak ikan bisa memperlambat pertumbuhan jaringan endometrium. Minyak ikan, asam lemak omega-3 terkandung dalam ikan sarden, salmon, teri, dan lele. Anda juga perlu membatasi beberapa makanan yang dapat menyebabkan peradangan seperti produk susu, gluten, makanan yang tinggi gula, kafein dan alkohol.

  1. Lengkapi dengan suplemen omega-6

Seperti yang sudah kita ketahui omega-6 sangat baik untuk menjaga kestabilan hormonal tubuh. Omega-6 yang terkandung di Nature EPO berasal dari omega-6 evening primrose oil alami yang efektif menjaga kestabilan hormon tubuh Anda.

Jika gejala tidak membaik dengan perawatan rumahan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • 8 Cara Efektif Menghindari Bau Mulut Selama Puasa

  • Hati-hati! Kurma Ternyata Ada yang Menggunakan Pemanis Buatan!

  • Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Komentar

0 komentar