Tips Kesehatan

Rabu, 16 Mei 2018

Apa Warna Urine-mu Hari Ini?

Sumber : msn.com, Amazine.com, Jppn.com

Ketika buang air kecil, 90% dari kita tidak memperhatikan warna air seni atau urine, karena biasanya akan langsung disiram hingga bersih.  Namun, kita punya kesempatan untuk mendapatkan sekilas keadaan kesehatan dari urine kita. Tidak mengherankan jika dokter merekomendasikan sampel urine untuk memeriksa penyakit dan juga untuk kesehatan umum kita. Bagaimana ya cara mendeteksi adanya kelainan di tubuh atau terjadi sesuatu pada kesehatan kita dari warna urine?

Inilah kaitan antara warna urine dengan kesehatan:

  1. Kuning pucat atau kuning transparan

Warna ini menunjukkan bahwa Anda normal, sehat dan terhidrasi dengan baik. Lebih ringan dari itu (kuning pucat transparan) adalah tanda bahwa Anda minum lebih banyak air daripada kebutuhan Anda.

  1. Kuning gelap

Warna yang lebih gelap menunjukkan bahwa Anda kekurangan air dan perlu melembabkan diri lebih sering. Sebagai aturan praktis, semakin terkonsentrasi warna, maka akan semakin banyak air yang Anda butuhkan.

  1. Berbusa

Urine berbusa cukup normal karena ini merupakan indikasi buang air kecil Anda keluar dengan kecepatan tinggi. Jika datang dengan cara yang sama secara konsisten dan lebih terlihat dari waktu ke waktu, itu bisa mengindikasikan kondisi mendasar yang lebih serius seperti masalah ginjal. Sebaiknya tanyakan kepada dokter Anda dalam situasi seperti ini.

  1. Hijau

Biasanya, hijau merupakan indikasi dari pewarna makanan hadir dalam sesuatu yang Anda makan, seperti makanan yang diberi pewarna atau sayuran seperti asparagus. Jarang, dan bisa jadi pertanda adanya infeksi saluran kemih atau obat.

  1. Kemerahan

Perubahan warna ini bisa sama disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan gula. Namun ingat, hal ini juga bias terjadi bila Anda habis mengonsumsi makanan dengan tekstur merah, seperti bit dan rhubarb. Antibiotik untuk mengobati tuberkulosis dan infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan hal ini.

  1. Oranye

Obat antiinflamasi tertentu untuk kemoterapi, obat pencahar dan overdosis vitamin B2 atau beta karoten menyebabkan perubahan urine pada warna ini. Ini juga bisa menunjukkan kekurangan air yang Anda miliki. Skenario terburuk bisa jadi  warna urine agak orange tersebut adalah indikasi kondisi hati atau saluran kemih yang tidak sehat.

  1. Kecoklatan

Warna coklat di urine Anda sering menunjukkan dehidrasi. Namun jika Anda telah minum banyak air tapi warnanya tetap ada, maka hal ini bisa menunjukkan kondisi ginjal atau hati yang kurang baik. Seperti yang kita ketahui, kesehatan ginjal dan hati amat berhubungan dengan banyaknya air yang kita minum dalam sehari. Bila ada yang salah dengan ginjal, atau dengan kata lain adanya gangguan kesehatan pada organ ginjal atau hati, maka urine akan berwarna kecoklatan.

Jadi, apa warna urine Anda hari ini? Yuk kita lebih memberi perhatian pada tubuh kita masing-masing.

 

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Ketahui dan Waspadai 5 ‘Pembunuh’ Utama Pada Pria Lansia Berikut Ini

  • 8 Manfaat Tersembunyi Pasta Gigi

  • Ubah Kebiasaan Sehari-hari, Memutuskan Rantai Resiko Penyakit Genetikal

Komentar

4 komentar


  • superadmin

    Terima kasih komennya ka Yogi :)


  • Yogi

    ohh baru tau makasih infonya tara sangat bermanfaat nih


  • superadmin

    Terima kasih komennya pak Rudi sama sama


  • Rudi

    oh baru tau min makasih infonya min sangat bermanfaat dan enak di baca


Cari Tips Kesehatan