Tips Kesehatan

Kamis, 16 Mei 2019

8 Cara Efektif Menghindari Bau Mulut Selama Puasa

Sumber : kumparan.com, Gulf News.com, doktersehat.com

Berpuasa memang memberi banyak manfaat bagi tubuh. Di antaranya mengurangi kadar gula darah dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, berpuasa juga mengajarkan kita untuk berempati dengan mereka yang kurang beruntung. Namun berpuasa juga dapat menyebabkan masalah pada rongga mulut. Salah satu masalah paling umum selama puasa adalah bau mulut yang tidak sedap. Kondisi ini dalam istilah medis disebut halitosis.

Saat berpuasa, produksi air liur dalam mulut dan dalam saluran pencernaan berkurang sehingga menjadi lebih kering. Akibatnya timbul halitosis atau bau mulut. Masalah bau mulut ini seringkali menimbulkan ketidaknyamanan dan mengurangi percaya diri saat berinteraksi.

Lalu adakah cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang efektif? Simak penjelasanya di bawah ini:

  1. Gosok gigi setiap hari dengan benar
    Cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang pertama adalah menggosok gigi yang benar. Sebelumnya, pilihlah pasta gigi yang aman dan tidak mengandung fluoride seperti CleanMe Pasta Gigi Isomalt dan pilihlah sikat gigi yang lembut.
    Sikatlah gigi membentuk sudut 45º secara perlahan dan memutar di bagian luar maupun dalam. Jangan lupa, sikatlah gigi dengan seksama di bagian gigi geraham. Sementara untuk gigi depan, gosok secara vertikal, seperti gerakan ke bawah dan ke atas.
  1. Rutin periksa gigi
    Periksakan ke dokter gigi Anda minimal enam bulan sekali. Lakukan pembersihan karang gigi secara rutin agar tidak timbul plak penyebab bau mulut.
  1. Tidak merokok & minum alkohol
    Hindari rokok dan alkohol karena dapat memperburuk kebersihan mulut, yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Sementara alkohol berisiko mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut. Menurut dokter Omar Aldaoudi, dokter gigi di Dr. Michael’s Dental Clinic, Dubai, ini disebabkan berkurangnya air liur di mulut. Ia menjelaskan bahwa air liur memiliki peran penting dalam melindungi mulut dan mengurangi pertumbuhan bakteri.
  1. Makan buah-buahan saat sahur
    Perbanyak konsumsi buah-buahan juga menjadi salah satu cara mengatasi bau mulut saat puasa. Buah dan sayuran pengusir bau mulut adalah apel, bengkuang dan wortel. Sementara teh hijau yang mengandung bahan aktif catechin dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Jadi, minumlah 2-5 cangkir teh hijau setiap sahur.
  1. Konsumsi keju
    Cara menghilangkan bau mulut saat puasa juga bisa mengonsumsi keju setiap sahur. Pilihlah keju yang rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat, yang dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.
  1. Banyak minum air putih
    Perbanyak konsumsi air putih minimal satu liter atau delapan gelas sehari selama berbuka hingga sahur. Cara mengatasi bau mulut saat puasa ini juga untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.
  1. Konsumsi probiotik
    Mengonsumsi probiotik seperti yoghurt yang dapat memelihara kesehatan pencernaan dan menghambat bau mulut. Oleh karena itu dalam menjalankan ibadah puasa umat Muslim tentu berhati-hati dalam memilih makanan yang dapat menyebabkan bau mulut serta penting untuk diperhatikan kebersihan mulut Anda.
  1. Bersihkan lidah
    Membersihkan lidah dengan lembut dua kali sehari adalah cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang efektif. Anda menggunakan alat pembersih lidah atau sikat gigi lidah untuk menyapu bersih biofilm bakteri, sisa makanan, dan lendir.

Konsultasikanlah dengan dokter gigi Anda untuk merekomendasikan pembersih lidah yang tepat. Menyikat lidah menggunakan pasta gigi akan menghambat perkembangan bakteri. Makan sahur yang sehat dengan makanan yang bertekstur atau kasar juga membantu membersihkan bagian belakang lidah.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Geser Angka Timbangan Ke Kiri

  • Mahkota Kuat & Berkilau

  • Berat Badan Turun Asyiiik atau...?

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan