Tips Kesehatan

Senin, 30 Juli 2018

Yuk, Olah 7 Bahan Makanan Ini dengan Benar

Sumber : Boldsky.com, lifestyle.kompas.com, jawapos.com

Koki-koki popular serta ahli masak di seluruh dunia sering mengatakan, sangat penting untuk tidak mengabaikan cara memasak yang benar. Ini karena, satu kesalahan kecil yang dilakukan saat memasak bisa membuat seluruh hidangan menjadi rusak dan tidak enak untuk dinikmati.

Kesalahan dalam penggunaan bahan masak yang terlalu berlebihan bisa mengubah rasa makanan menjadi sesuatu yang tidak layak untuk dimakan. Bahkan parahnya, kesalahan dalam memasak ternyata bisa menjadikan makanan justru berdampak buruk bagi kesehatan lho.

Ada beberapa jenis bahan makanan yang jika salah mengolahnya, hanya akan menghasilkan makanan yang tidak layak dikonsumsi. Hmm, kira-kira apa saja ya jenis makanan tersebut? Yuk, cari tahu agar Anda tidak melakukan kesalahan lagi saat memasaknya:

  1. Minyak goreng

Banyak orang sering membuat kesalahan saat memasak dengan menggunakan minyak goreng secara berulang-ulang. Nah, jika Anda adalah salah satunya, maka cobalah untuk tidak melakukan kebiasaan ini lagi. Minyak goreng yang digunakan secara berulang-ulang tidak akan memiliki nilai gizi lagi dan mengubah susunan kimiawi minyak goreng menjadi minyak jenuh yang berbahaya untuk kesehatan jantung.

  1. Roti

Tahukah Anda jika ternyata mengonsumsi roti yang benar adalah dengan menambahkan madu ketika dimakan? Namun zaman sekarang semakin banyak kreasi dari roti, salah satunya adalah roti bakar. Roti bakar dapat menimbulkan risiko buruk pada kesehatan, terutama sistem pencernaan. Ya, proses pembakaran roti akan melepaskan zat racun yang disebut dengan akrilamida, yang mana zat ini bisa menyebabkan permasalahan pada sistem pencernaan. Sesekali  saja ya mengonsumi roti bakar!

  1. Sayuran dengan kandungan nitrat

Sayuran yang kaya dengan kandungan nitrat seperti seledri, bayam, atau bit dapat berubah menjadi racun jika berada dalam suhu yang panas. Hal ini karena saat dipanaskan, sayuran dengan kandungan nitrat yang tinggi akan melepaskan sifat karsinogeniknya sehingga berbahaya untuk dikonsumsi.

  1. Jamur

Setelah memasak jamur, sebaiknya segera konsumsi dan tidak boleh dipanaskan kembali. Ini karena kandungan protein dalam jamur lama kelamaan dapat berubah menjadi racun yang berbahaya bagi pencernaan setelah jamur dimasak dengan suhu tinggi berulang kali.

  1. Lobster

Setelah lobster mati, ada beberapa jenis bakteri dan racun yang mulai berkembang biak pada tubuhnya. Untuk itu, pastikan sebelum mengolahnya menjadi makanan, Anda telah merebus lobster terlebih dahulu menggunakan air panas.

  1. Ayam 

Sebisa mungkin jangan memanaskan kembali ayam sebanyak dua kali, terlebih jika ayam sudah didinginkan atau dimasukkan dalam lemari pendingin. Ini karena kandungan protein dalam ayam bisa berubah menjadi racun yang berbahaya bagi sistem pencernaan dan juga kesehatan.

  1. Telur 

Telur yang telah dimasak merupakan tempat terbaik bagi mikroorganisme untuk berkembang biak. Untuk itu, jangan biarkan telur yang telah direbus atau dimasak berada pada ruangan terbuka dalam waktu yang lama. Ini akan membuat bakteri serta mikroorganisme lain berkembang biak pada telur. Patikan juga telur dimasak dengan sempurna, karena telur setengah matang cenderung masih mengandung bakteri salmonella yang berbahaya bagi pencernaan.

Setelah membaca artikel di atas, kira-kira Anda termasuk yang sering melakukan kesalahan saat memasak makanan ini tidak?

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Berada di Kondisi Blue Mind dengan Melakukan Kegiatan Air

  • Yuk Bantu Kurangi Tingkat Polusi Udara di Kota Jakarta!

  • Tips Sehat untuk Kamu yang Tinggal di Kota

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan