Tips Kesehatan

Rabu, 9 Mei 2018

Ternyata Tidak Semua Kandungan di Dalam STMJ Berkhasiat untuk Tubuh

Sumber : lifestyle.kompas.com, tanyoe.com, Tipsbaru.com

Saat badan terasa lelah dan stamina mulai turun, tak sedikit orang yang mengandalkan minuman hangat untuk mengembalikan kebugaran, misalnya minuman Susu Telur Madu Jahe (STMJ). Namun sudah tahukah Anda ternyata tidak semua komposisi dari STMJ bermanfaat untuk memberikan hasil yang diinginkan.  Pakar herbal dr. Abrijanto mengatakan, STMJ memang berkhasiat bagi tubuh, terutama untuk komposisi jahe dan madu.

Berikut manfaat jahe di dalam STMJ yang bisa Anda peroleh:

  1. Jahe bisa meningkatkan penyerapan dan asimilasi gizi esensial dari makanan untuk tubuh kita.
  2. Jahe bisa membersihkan saluran-saluran sirkulasi mikro di tubuh, termasuk gangguan sinusitis yang biasanya muda meradang pada udara sejuk.
  3. Jahe dapat membantu mengurangi mabuk dan mual-mual di perjalanan.
  4. Jahe berkhasiat mengusir gas penyebab perut kembung.
  5. Jahe bisa membantu meredakan nyeri sendi dan sakit otot. Caranya yaitu dengan mengoleskan jahe yang telah dikupas di bagian tubuh yang terasa nyeri.

Nah untuk madu, berikut manfaat madu di dalam STMJ yang bisa Anda peroleh:

  1. Madu mengandung sekitar 0,22 mg vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit dan memberikan efek anti penuaan pada kulit.
  2. Madu juga merupakan sumber yang bagus untuk zat besi, kalium, dan kalsium yang berkhasiat menguatkan tulang dan otot.
  3. Madu menjadi salah satu sumber antioksidan yang baik untuk tubuh, di mana antioksidan penting untuk Menurunkan kadar kolesterol jahat (omega-3).
  4. Madu juga dapat berperan sebagai antibiotik dan anti bakteri yang mencegah terjadinya infeksi pada kulit.

Sedangkan untuk komposisi lainnya yaitu susu dan telur di dalam STMJ sebenarnya tidak tepat, apalagi bila telurnya dikonsumsi secara mentah, dan memakai susu murni yang justru mengandung banyak lemak jahat.

Protein dalam telur ayam yaitu albumin harus terlebih dahulu dipanaskan supaya matang atau minimal setengah matang sehingga dapat dicerna oleh sistem pencernaan manusia. Bila tidak dimatangkan terlebih dahulu maka telur tidak akan memberikan manfaat. Tak hanya tidak bisa dicerna, telur mentah juga bisa mengandung bakteri. Telur mentah, khususnya bagian kuning telur, merupakan sarana yang baik bagi bakteri seperti salmonella typhii untuk tumbuh.

Sementara itu, komposisi lainnya dalam STJM yaitu susu adalah cairan yang bersifat absorben. Artinya susu mampu menyerap flavonoid atau senyawa aktif dalam jahe yang justru bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Bila senyawa tersebut diserap, maka jahe tidak lagi akan bermanfaat.   Maka daripada STMJ, pilih lah minuman jahe seperti Jahenak yang ditambah dengan madu.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Stres Ternyata dapat Menyebabkan 5 Penyakit Kulit Kronis Berikut Ini

  • Ajak Anak Bermain Game puzzle, Bentuk Kecerdasan Lebih Optimal

  • Jaga dan Rawat Bagian Kewanitaan Anda Sebaik Mungkin

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan