Tips Kesehatan

Rabu, 25 April 2018

Tunda Terjadinya Double Chin dengan Cara Ini

Sumber : Medical News Today.

Memang sih tidak ada yang bisa menunda bertambahnya usia. Alaminya bertambahnya usia akan membuat bertambah terlihat pula kerutan-kerutan halus di wajah. Tampak tua pastinya fakta ‘horor’ yang ingin dihindari kebanyakan orang. Bukan hanya terlihat dari kerutan lho, tanpa umur bertambah juga bisa dilihat dari adanya double chin, atau kita kenal dengan sebutan dagu ganda. Kalau tabungan jadi ganda sih tidak apa-apa. Tapi kalau dagu? Anda pasti juga tidak menginginkannya. Sebenarnya selain usia, apa saja ya faktor penyebab double chin? Yuk kita cari tahu biar bisa menghindarinya.

Faktor penyebab terjadinya double chin:

  1. Usia 

    Seperti yang sudah disebut di awal, usia memang tidak bisa dibohongi. Kulit bisa mulai kehilangan elastisitasnya seiring bertambahnya usia tubuh, yang bisa menyebabkan munculnya kulit ekstra atau kendor yang bisa menyebabkan dagu ganda.

  1. Diet dan berat badan 

    Sementara penambahan berat badan tidak selalu menjadi penyebab dagu ganda, namun ini juga terlibat. Makan makanan yang tinggi kalori, sering makan makanan olahan dan lemak tidak sehat dapat memengaruhi penambahan berat badan dan dagu ganda.

  1. Genetika

    Gen juga berperan pada orang yang memiliki dagu ganda di usia muda. Siapa pun yang memiliki sejarah keluarga kulit dengan sedikit elastisitas atau dagu ganda, akan lebih cepat memiliki dagu ganda walau usia masih kepala 2.

  1. Sikap duduk

    Postur tubuh yang buruk bisa melemahkan otot-otot leher dan dagu, terutama bila sering duduk dengan menundukkan kepala. Hal ini dapat menyebabkan dagu ganda seiring berjalannya waktu, karena kulit di sekitarnya kehilangan elastisitasnya saat otot tidak digunakan.Kalau tidak mau punya double chin atau dagu ganda, sebaiknya Anda mencoba membiasakan tindakan-tindakan kecil ini:

  2. Rutin memakai masker wajah

    Banyak masker wajah yang tersedia di super market atau apotek, yang bisa membantu mengencangkan kulit dan mengurangi tampilan dagu ganda. Masker gliserin dan kopi atau masker teh hijau dapat membantu mengurangi terbentuknya double chin. Masker putih telur, madu, dan jus lemon juga mengurangi lemak di sekitar dagu. Pakai masker wajah dengan bahan di atas 2-3 kali dalam seminggu ya.

  3. Atur pola diet
    Mengurangi jumlah kalori harian dapat membantu mengurangi munculnya dagu ganda, terutama jika hal itu disebabkan oleh penambahan berat badan. Selain itu, mencukupi kebutuhan air putih harian juga membantu mencegah terbentuknya double chin, karena akan mengurangi kadar lemak jahat di tubuh. Mengonsumsi lemak baik seperti asam lemak omega 3 yang terdapat di dalam Nature EPA (link produk) akan membantu mengikis lemak jahat penyebab double chin sekaligus juga menyehatkan jantung.
  4. Lakukan latihan dagu

    Sama seperti otot lain seperti trisep atau bisep, otot dagu juga perlu dilatih agar terhindar dari pembentukan lemak yang mengganggu penampilan. Duduk dengan punggung lurus dan bahu santai, angkat kepala ke belakang seperti hendak melihat langit-langit. Dari posisi ini, tutup bibir ke posisi yang digunakan saat bersiul. Bibir harus santai tapi dipegang cukup ketat untuk merasakan kontraksi pada kedua sisi leher. Tahan posisi ini selama 10 sampai 20 detik tergantung pada tingkat kenyamanan individu. Sepuluh pengulangan latihan ini dilakukan setiap hari, cukup untuk mencegah double chin datang lebih lama.

  5. pakai krim wajah sampai ke dagu

    Bila selama ini Anda sudah merasa rutin memakai krim wajah untuk mencegah penuaan dini, tapi dagu ganda atau double chin masih menampakkan dirinya, mungkin ada yang salah. Sudahkah Anda memakai krim wajah sampai ke dagu? Mungkin tampaknya tidak terlalu penting, tapi percaya deh, tindakan kecil ini akan membawa perubahan besar pada kulit di sekitar dagu.

 

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Stay at Home Bersama Si Kecil

  • Pilah Pilih Sabun Mandi, Pilah Pilih Aroma dan Manfaat

  • Miss V Longgar, Hubungan Ikut Renggang

Komentar

1 komentar


  • Ririn

    Wah makasih Tara bermanfaat artikel nya Mungkin bisa di bahas lagi tuh cara duduknya gmn hehehe


Cari Tips Kesehatan