Tips Kesehatan

Rabu, 14 November 2018

Sejuta Manfaat Alpukat untuk Anak

Sumber : tribunnews.com, webmd.com

Alpukat memang sedang naik daun akhir-akhir ini, semenjak banyak orang yang memanfaatkan alpukat sebagai bahan membuat smoothie atau healthy bowl. Layaknya ikan salmon, buah alpukat memiliki lemak tak jenuh yang mengurangi LDL (kolesterol jelek) dalam darah dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) sehingga baik untuk jantung. Alpukat juga menurunkan  trigliserida dalam darah dan baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

 

Selain untuk orang dewasa, alpukat juga sangat baik dikonsumsi untuk sang buah hati tercinta, apalagi di masa-masa golden time mereka. Dari hasil penelitian Dr. Wendy Doyle dari British Dietetic Association mengemukakan bahwa alpukat memiliki segudang kandungan yang Apa saja ya kandungan alpukat, sehingga sangat baik untuk sang buah hati?

Beberapa manfaat alpukat bagi anak-anak diantaranya:

Beragam vitamin dalam alpukat membantu tumbuh kembang anak

Alpukat mengandung vitamin B kompleks yang meningkatkan kesehatan sel dan perkembangan jaringan. Kandungan sebuah alpukat dapat berupa lutein, magnesium, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), vitamin B5, vitamin K, vitamin C, vitamin E, kalium, dan zat besi.

Kalium

Alpukat memiliki 30% kalium jauh lebih banyak dibandingkan pisang. Kandungan kalium yang tinggi akan membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah. Zat ini juga akan menyeimbangkan cairan dalam tubuh anak sehingga tubuh anak akan padat dan tidak akan menjadi gendut bergelambir.

Lutein

Lutein dapat mencegah penyakit mata turunan seperti mata minus. Mata minus memang dapat diturunkan dari orang tua. Bila orang tua mengalami gangguan mata minus, maka kemungkinan besar sang buah hati dapat menjadi penderita mata minus juga. Untuk mengurangi risiko tersebut, Anda dapat memasukan alpukat sebagai salah satu makanan rutin anak.

Vitamin E

Vitamin ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, serta melindungi otak anak Anda dari kerusakan. Tentunya Anda ingin anak-anak tidak mengalami gangguan pada pertumbuhan otaknya, bukan? Selain itu, vitamin E akan melindungi kulit anak Anda dari radikal bebas.

Vitamin B6

Anak-anak yang aktif memerlukan sistem imun yang lebih dibandingkan dengan anak-anak yang kurang aktif. Vitamin B6 yang didapat dari alpukat akan membantu proses ini. Di samping itu, vitamin B6 juga dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah serta menjaga gula darah agar tidak berlebihan dalam tubuh.

Selain itu, anak-anak yang menderita asma selain mengonsumsi theophylline juga membutuhkan vitamin B6 sebagai tambahan.

Alpukat membantu perkembangan otak 

Otak adalah organ yang paling aktif bekerja. Bahkan ketika tidur pun otak masih melakukan aktivitas penting. Untuk itu, diperlukan nutrisi bagi otak agar proses kerjanya tetap maksimal. Jika Anda menginginkan anak untuk selalu siap belajar dan waspada, alpukat dapat menjadi pilihan. Alpukat mengandung zat lemak omega-3 yang dikenal sangat baik untuk nutrisi otak. Optimalkan juga dengan rutin memberi Tara Kid untuk anak Anda. Tara Kid kaya akan omega-3 dan DHA yang membantu mengoptimalkan pertumbuhan otak anak sejak dini.

Anda dapat mengolah alpukat sedemikian rupa agar anak-anak tertarik dan mau mengonsumsinya, seperti mengolahnya menjadi camilan atau membuatnya menjadi jus yang nikmat juga kaya manfaat.

 

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Non-exercise Activity Thermogenesis, Solusi Bagi Anda Pekerja Kantoran

  • Benarkah Laut Kita Sudah Menjadi Karsinogenik?

  • Zat Gizi yang penting untuk Ibu Hamil

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan