Tips Kesehatan

Kamis, 30 November 2017

Masih Muda Kok Pelupa? Yakin Tidak Apa-apa?

Sumber : HealthDay, CNN Indonesia

Habis mandi, Anda tiba-tiba panik karena lupa di mana meletakkan kacamata. Atau malah ketika selelsai wudhu, Anda lupa di mana jam tangan Anda berada. Hayo siapa yang sering terjadi seperti itu? Bila Anda masih berumur setengah baya, itu tandanya Anda masih muda, dan pelupa bukan hal yang baik di umur yang masih muda. Itu artinya ada apa-apa dengan kondisi ingatan Anda.

Menjadi pelupa di usia dini sering sekali dikaitkan dengan gejala penyakit Alzheimer yang adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.

Jangan kuatir, karena menurut Dokter spesialis saraf, Yuda Turana , lupa di usia muda belum tentu indikasi terkena penyakit yang dapat menurunkan memori secara cepat seperti Demenzia Alzheimer. Beliau mengatakan bahwa hal tersebut bisa jadi karena gangguan memori atau atensi semata.

Gangguan memori dan gangguan atensi dapat terjadi jika otak seseorang memiliki informasi terlalu banyak.

Nah, untuk menghindari dan menyembuhkan penyakit pelupa tersebut, ada beberapa cara yang sangat sederhana dan bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan dokter:

  1. Kepalkan Tangan

Terdengar sangat sederhana bukan?

Yap! Namun perlu Anda ketahui bahwa hasil penelitian Amerika Serikat mengatakan bahwa mengepalkan tangan dapat memperkuat ingatan seseorang.

Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ruth Proper, dimana partisipan diberi bola karet dan diminta untuk meremasnya sekuat mungkin sebelum mengingat 72 kata. Alhasil dalam waktu 20 menit, dia berhasil mengumpulkan banyak kata-kata untuk diingat.

Nggak hanya itu, mengepal tangan secara bersamaan seperti tangan kanan dan kiri, akan jauh lebih baik dan meningkatkan daya ingat. Anda bisa melakukan gerakan-gerakan seperti hendak meninju 30 kali sebanyak 3 set untuk memicu ingatan Anda.

Menarik ya! Tidak ada salahnya dicoba kok.

  1. Main Game atau Olahraga

Buat Anda yang senang dengan game, Anda tentu tahu bahwa banyak game yang bertujuan untuk meningkatkan daya ingat dan mengasah kemampuan otak berpikir, misalnya tebak gambar, duel otak, acak gambar dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, olahraga seperti jogging, berlari atau gym juga bagus untuk merangsang pertumbuhan otak dan sel saraf untuk bekerja dengan baik sehingga tidak gampang untuk lupa. Coba yuk!

  1.  Kunyah Permen Karet Jangan Terlalu Lama

Tahukah Anda bila kebiasaan mengunyah permen karet terlalu lama akan membuat kemampuan otak menurun saat menyimpan memori jangka pendek. Hal ini sudah di buktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh seorang pakar psikologi dari Cardiff University, Michall Kozlov, yang menemukan fakta bahwa mengunyah permen karet terlalu lama memiliki efek buruk terhadap daya ingat.

Jadi, mulai dari sekarang , sebaiknya Anda harus mengurangi kebiasaan ini.

  1.   Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3

Dalam sebuah penelitian di Univesity of Pittsburg Us, menemukan bahwa mengkomsumsi omega-3 bagus untuk meningkatkan daya ingat orang dewasa.

Nah Anda bisa mendapatkan Omega-3 di dalam makanan seperti salmon, tuna, dan ikan herring. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya dari Nature EPA yang mengandung omega-3 murni dan efektif membantu kekuatan otak Anda.

Itu sebabnya sekarang Anda bisa memulai melatih ingatanmu dengan mencoba mengingat dan melakukan hal-hal yang sudah disampaikan di atas. Semoga berhasil.  

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Salad Dressing Mana yang Menyehatkan Ya?

  • Jangan Langsung Percaya Mitos Kehamilan, Cari Tahu Dulu Faktanya

  • Donor Darah Pertama Kali? Yuk Simak Dulu Artikel di Bawah Ini!

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan