Tips Kesehatan

Sabtu, 27 Maret 2021

Efek Domino Radikal Bebas

Sumber : Tara News 168

Dewasa ini radikal bebas menjadi sangat terkenal sebagai zat yang mengancam kesehatan tubuh kita. Molekul radikal bebas memiliki sebuah elektron yang tidak berpasangan sehingga sifatnya tidak stabil dan sangat reaktif karena dapat menyumbang atau menerima elektron molekul lain. Radikal bebas mampu menyerang molekul apapun di dalam tubuh dan kerusakan yang dihasilkan adalah efek domino, yaitu tidak berhenti pada 1 sel saja.

Mungkin selama ini Anda belum menyadari betapa berbahayanya dampak radikal bebas terhadap tubuh kita karena efeknya yang tidak langsung terlihat dalam waktu singkat. Namun radikal bebas bahkan dapat memicu berbagai penyakit dari yang ringan hingga penyakit mematikan termasuk serangan jantung koroner & stroke.

Penyebab utama serangan jantung koroner dan stroke yang kita ketahui selama ini adalah tingginya kadar kolesterol darah, terutama LDL dan trigliserida, sehingga dengan menjaga pola makan rendah lemak saja dinilai sudah cukup untuk mencegahnya. Radikal bebas mengubah kolesterol LDL menjadi ox-LDL (LDL kolesterol teroksidasi) yang lebih berpotensi untuk membentuk tumpukan lemak pada pembuluh darah (aterosklerosis). Jadi meskipun kadar kolesterol LDL Anda rendah, tetapi jika Anda tidak mempunyai perlindungan terhadap paparan radikal bebas, serangan jantung koroner dan stroke tetap mengancam!

Perlindungan tubuh terhadap radikal bebas mutlak diperlukan mengingat besarnya efek domino yang dihasilkan oleh satu zat radikal bebas. Maka kita perlu menambahkan antioksidan sebagai perlindungan tubuh terhadap paparan radikal bebas. Salah satu antioksidan yang paling kuat adalah Vitamin C yang khasiatnya akan semakin terasa dengan memilih Vitamin C 4.0, vitamin C superior dengan manfaat maksimal.


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Tetap Sehat Sepanjang Hayat, Terhindar dari Covid-19

  • Si Mungil Berkhasiat Tinggi

  • Waspada Serangan Jantung Akibat Tak Sikat Gigi

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan