Tips Kesehatan

Senin, 4 September 2023

9 Junk Food Penyumbang Lemak Terbesar Bagi Tubuh

Sumber : Greenlife.com, halosehat.com, nationalgeographic.co.id

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai berat badan dan bentuk badan yang ideal ? Baik laki-laki dan wanita menginginkan berat dan bentuk badannya tetap ideal sepanjang masa. Terutama bagi kaum wanita, biasanya mereka akan mati-matian menjaga berat dan bentuk badan untuk menunjang penampilan. Baik laki-laki atau wanita rela menghabiskan uang jutaan rupiah dan melakukan diet ekstra ketat serta olahraga ekstra untuk mendapat berat badan yang ideal dengan cepat. Beberapa dari mereka bahwa melakukan cara instan dengan melakukan sedot lemak dan operasi. Padahal cara instan yang mereka lakukan belum tentu efektif.

Cara mudah menjaga berat badan senantiasa ideal yaitu dengan berolahraga dan makanan makanan kaya serat, juga menghindari makanan olahan yang menyumbang banyak lemak bagi tubuh. Selain berbahaya bagi keindahan tubuh, tentunya lemak tersebut juga berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan dong. Waspadai dan perhatikan dengan baik makanan yang akan Anda makan sebelum menyesal nantinya.

Lalu makanan olahan apa saja yang dapat membuat badan menjadi gemuk? Berikut ini 9 makanan olahan penyumbang lemak terbesar yang harus Anda hindari:

  1. Nugget Ayam

Nugget termasuk makanan yang banyak dikonsumsi karena kepraktisannya. Biasanya anak-anak sangat menyukai nugget ayam ini. Tetapi siapa sangka kalau nugget ayam ini akan menjadi masalah, karena dapat membuat gemuk. Ternyata 50% kandungan yang terdapat pada nugget ayam adalah lemak dan mengandung lebih banyak karbohidrat dari pada protein. Selain itu cara penyajiannya yang harus digoreng terlebih dahulu, membuat nugget ayam ini semakin banyak mengandung lemak.

  1. Burger

Burger merupakan salah satu junkfood yang tidak sehat dan dapat membuat badan menjadi gemuk. Bahaya makanan cepat saji yang terdapat pada burger terutama, pada kandungan garam yang tinggi dan lemak jenuh.

  1. Minuman Soda

Memang banyak yang sudah mengetahui bahwa minuman bersoda tidak baik untuk kesehatan. Bahaya minuman bersoda terletak pada kandungan gulanya yang tinggi dan merupakan faktor mengapa minuman bersoda dapat membuat badan menjadi gemuk. Selain itu, minuman bersoda dapat menyebabkan obesitas.

  1. Kentang goreng

Kentang goreng adalah makanan yang harus dihindari bagi yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan kentang goreng, tidak jauh berbeda dengan apa yang ada pada burger. Kentang goreng mengandung garam yang sangat tinggi dan lemak jenuh dalam jumlah yang tidak sedikit.

  1. Es krim

Es krim sangat disukai oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Es krim merupakan produk makanan yang berasal dari olahan susu. Tetapi siapa sangka makanan olahan dari susu ini ternyata dapat membuat badan menjadi gemuk. Kandungan gula dan lemak yang terkandung dalam Es krim ternyata dapat membuat berat badan meningkat.

  1. Gorengan

Jajanan gorengan merupakan makanan yang tidak baik dikonsumsi, namun masih banyak yang mengkonsumsi. Bahaya mengkonsumsi gorengan yang banyak dijajakan ini, terletak pada minyak goreng yang digunakan berkali-kali. Minyak yang sudah dipakai berkali-kali biasanya mengandung lemak berbahaya dan lemak tersebut akan terserap ke dalam gorengan.

  1. Kuah daging

Kuah dari rebusan daging memang dapat digunakan sebagai penyedap di berbagai jenis makanan berkuah. Kuah daging ini memiliki rasa yang gurih, tetapi kandungan lemak dan karbohidrat yang terdapat pada kuah daging dapat membuat badan menjadi gemuk. Berbeda dengan lemak pada ikan salmon yang kaya akan lemak tak jenuh omega-3, lemak di hasil rebusan daging merupakan jenuh yang tidak baik untuk tubuh. Prof Dr Bambang Wirjatmadi MS MCN PhD SpGK dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga menegaskan supaya menghindari air kaldu alias kuah dari rebusan daging. Kuah daging mengandung lemak tinggi, sebaiknya sama sekali tidak dikonsumsi. Jika memang ingin menggunakannya sebagai penyedap makanan, sebaiknya dimasukkan terlebih dulu di dalam lemari es setelah daging direbus dan didinginkan dengan suhu ruangan.

Nah, beberapa saat sebelum diolah menjadi masakan, ambil kuah hasil rebusan daging dari dalam lemari es. Perhatikan bagian atasnya, pasti terdapat lapisan beku dengan warna berbeda dengan bagian bawahnya, itulah lemak kaldu. Buang bagian tersebut dan ambil lapisan bawahnya yang lebih bening yang tak lain adalah kaldu murni hasil rebusan kuah daging yang bisa dimanfaatkan sebagai penyedap.

  1. Sosis sapi dan sosis ayam

Seperti halnya dengan nugget, makanan olahan dari daging ini memiliki kandungan lemak yang cukup banyak. Sosis memang merupakan makanan olahan yang mudah dalam penyajiannya, tetapi bagi yang sedang berdiet sebaiknya hindari memakan sosis ya.

  1. Sereal manis

Sereal banyak disajikan sebagai menu sarapan pagi. Sereal memang baik untuk menambah energi di pagi hari, tetapi sereal yang manis dapat menambah kadar gula dalam tubuh meningkat drastis. Sereal manis juga mengandung banyak karbohidrat dengan kalori yang besar. Apa bila kadar gula dan karbohidrat terus meningkat, makan tubuh akan menjadi gemuk. Cobalah ganti sereal manis dengan menu sehat untuk sarapan dengan kombinasi buah dan sayur, juga yoghurt rendah lemak.

 

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • 5 Tips Menceggah Bau Mulut

  • Intermittent Fasting & Puasa Ramadan Apa Bedanya?

  • Mandi menyenangkan dengan sabun kaya manfaat

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan