Tips Kesehatan

Senin, 19 April 2021

Waspada Serangan Jantung Akibat Tak Sikat Gigi

Sumber : Tara News 171

Hah? Serangan jantung akibat tak sikat gigi? Mana mungkin?! Begitu yang ada di dalam benak Anda saat membaca judul artikel ini! Ya, siapa yang mengira kebiasaan sepele yang tak dilakukan dapat menyebabkan hal serius sebelum hal itu terjadi. Tapi api yang besar selalu berawal dari api kecil, bukan?

Kita semua tahu bahwa menyikat gigi perlu dilakukan setiap hari meski faktanya masih sangat banyak orang mengabaikannya karena berpikir tak ada dampak serius yang mengancam. Padahal begitu sakit gigi menyerang, Anda takkan bisa makan dan tak bisa tidur.

5 Masalah kesehatan serius akibat malas membersihkan gigi:

  1. Radang gusi
    Radang gusi disebut juga gingivitis, dimana gusi menjadi bengkak dan merah. Pada radang gusi, gusi dapat mengeluarkan darah jika sedang menyikat gigi. Hal ini terjadi karena plak dan karang gigi yang menempel di pinggir gusi. Jika dibiarkan dan menjadi lebih parah komplikasi dapat terjadi hingga merusak jaringan lunak dan tulang penyokong gigi.
  2. Penyakit jantung
    Penelitian melaporkan bahwa kesehatan gigi yang buruk dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lain sebanyak 3 kali lipat. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi gusi ikut mengalir ke pembuluh darah dan menyebabkan radang dan kerusakan pembuluh darah atau jantung.
  3. Gangguan pernapasan
    Selain ke pembuluh darah, bakteri pada mulut juga dapat berpindah ke paru-paru dan meningkatkan risiko pneumonia, emfisema, atau gangguan pernapasan lain.
  4. Alzheimer
    Bakteri di mulut dapat menyebabkan infeksi gusi periodontitis kronis yang menjadi akar penyakit alzheimer. Hal ini berdasarkan studi terbaru yang menemukan patogen penyakit gusi pada otak pasien alzheimer.
  5. Kanker hati
    Sebuah studi dari Queen’s University Belfast menemukan bahwa orang dengan kesehatan mulut yang rendah, 75% lebih berpotensi terkena kanker hati.

Anda kaget? Ya tentu saja. Beberapa penemuan yang mengejutkan ini seharusnya dapat mengingatkan kita untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Entah apapun alasannya, yang jelas menyikat gigi perlu dijadikan sebagai rutinitas setiap harinya, bukan hanya dilakukan satu atau dua kali saja. Satu hal lagi yang lebih penting adalah memilih pasta gigi yang tepat untuk mendukung kebersihan gigi secara optimal. Pilihlah pasta gigi bebas gula sehingga terhindar dari fermentasi gula oleh bakteri di dalam mulut.


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Tetap Sehat Sepanjang Hayat, Terhindar dari Covid-19

  • Si Mungil Berkhasiat Tinggi

  • Waspada Serangan Jantung Akibat Tak Sikat Gigi

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan