Tips Kesehatan

Selasa, 9 Januari 2018

Resolusi Untuk Lebih Sehat di Tahun 2018

Sumber : www.vemale.com, boldsky.com, dailymail.co.uk/health

Hal yang paling sering ditanyakan di penghujung tahun adalah: “Apa resolusi Anda tahun depan?”

Yah betul, pertanyaan itu sepertinya sudah satu paket dengan pergantian tahun. Bila Anda ditanyakan hal yang sama, apa jawaban Anda? Ingin langsing? Ingin bekerja lebih giat? Atau ingin mungkin hal tidak muluk-muluk seperti ingin memiliki hewan peliharaan baru atau lebih giat olahraga. Nah untuk resolusi yang terakhir, Admin juga sangat ini mewujudkannya, karena keinginan berolahraga sangat besar namun sangat malas untuk bergerak. Sebagian dari Anda pasti juga merasakan hal yang sama dnegan apa yang Admoin rasakan, padahal olahraga adalah kunci utama untuk sehat.

Selain olahraga dengan rutin, apa saja resolusi untuk hidup lebih sehat di tahun 2018 ini? Yui kita simak di bawah ini:

  1. Mengurangi Asupan Gula

    Banyak dari kita secara sadar atau tidak sadar mengonsumsi banyak gula setiap hari. Bahkan sejumlah kecil gula yang ditambahkan ke minuman, atau sepotong kecil kue atau coklat atau manis, dan lain-lain, yang kita makan dapat memiliki dampak yang luar biasa pada kesehatan kita dan dapat menyebabkan penyakit serius. Sehingga, mengurangi asupan gula dapat membuat banyak perbedaan!
  2. Menjaga Kebersihan Gigi

    Cukup menyikat gigi dua kali sehari tidak cukup jika Anda menginginkan kesehatan mulut yang luar biasa. Flossing secara teratur, hindari makanan bergula, pergilah ke dokter gigi Anda untuk pembersihan dan pemeriksaan rutin juga penting. Perlu Anda ketahui bahwa kebersihan mulut yang buruk dikaitkan dengan penyakit jantung lho.

  3. Makan dengan teratur

    Kebanyakan penyakit muncul sebab hidup kita kurang tertib. Tertib jadwal makan salah satunya. Mesin tubuh sama halnya dengan mesin mobil, tak sehat kalau dipacu terus. Perlu jeda, selain perlu di-service secara berkala, cukup bensin, tak kurang oli, dan minyak rem.

    Selalu makan dengan teratur dengan menu harian memadai tak berlebihan, dan lengkap variasinya. Makan kalau lapar saja, patuh jadwal, dan cerdas memilih menu dengan kepala, bukan dengan hati. Walau sama-sama menghasilkan 10 namun menurut medis, makan 5 kali setiap 2 jam lebih menyehatkan ketimbang 2 kali makan setiap 5 jam. Supaya menjadi produktif tubuh perlu jeda setiap 2 jam ketimbang baru jeda setelah 5 jam. Yang paling penting jangan abaikan sarapan. Lebih dari sekadar kenyang, sarapan perlu selengkap menunya. Selama malam hari kalori tak terpakai sebanyak pagi dan siang, selengkap seperti yang tubuh butuhkan ketika awal beraktivitas.

    Jangan abaikan sarapan. Lebih dari sekadar kenyang, sarapan perlu selengkap menunya. Selama malam hari kalori tak terpakai sebanyak pagi dan siang, selengkap seperti yang tubuh butuhkan ketika awal beraktivitas.

  4. Jauhi stres

    Menurut dokter Roberta Lee dari Beth Israel Medical Center, di New York City, stres bisa dipicu oleh kurang tidur, kurang olahraga, bahkan jika jarang menghabiskan waktu dengan keluarga maupun teman-teman. Jangan abaikan stres. Bohong kalau orang hidup tanpa stressor. Di mana-mana, siapa pun kita, tua muda besar kecil, laki-laki perempuan sama berat menghadapi stressor dari sekitar kita. Hanya bila ketahanan jiwa baik, stressor tidak akan membuat kita jatuh stres. Sikap mudah memaafkan, bersyukur, bersosialisasi dan rutin melakukan rileksasi seperti yoga akan membantu jiwa raga senantiasa sehat dan bugar.

  5. Berhenti merokok

    Direktur Program Pencegahan Penyakit Kardiovaskular di St. Luke dan Roosevelt Hospital di New York City, Merle Myerson, MD mengatakan, berhenti merokok memang tidak mudah. Tetapi, Merle selalu mengingatkan kepada perokok, bukan hanya kesehatan jantung yang bisa ditingkatkan namun juga berapa banyak uang yang bisa dihemat dengan tidak merokok.

    Butuh niat dan komitmen yang kuat untuk bisa berhenti merokok. Jangan tunggu sakit untuk menetapkan resolusi yang satu ini.

    Tanpa kesehatan yang baik, banyak hal baik lainnya dalam hidup tidak bisa dinikmati sepenuhnya, kan!

  6. Siapkan waktu berlibur

    Resolusi sehat yang terakhir namun tak kalah penting adalah piknik atau pergi jalan-jalan. Jangan terlalu sibuk bekerja dan melupakan hal yang satu ini. Resolusi untuk lebih giat bekerja boleh saja, tapi jangan lupa bahwa bersenang-senang seperti jalan-jalan bisa memberikan manfaat kesehatan. Apalagi jika pikiran Anda sedang penat karena stres karena pekerjaan.

Pergi piknik atau berlibur juga bisa memberikan petualangan dalam kehidupan. Anda bisa bertemu dengan banyak orang baru di sejumlah daerah dan memahami sebuah kehidupan.

 

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Kurangi Natrium Mulai Hari Ini bila Tidak Mau Terkena 7 Penyakit Ini

  • Yuk Perhatikan Hal-hal Ini Ketika Merias Mata

  • Cara Berhenti Merokok yang Bisa Anda Coba di Tahun 2018

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan