Tips Kesehatan

Kamis, 1 November 2018

Mengkudu; Buah Pahit yang Super Manfaatnya

Sumber : inews.id, sinar.com, malang-post.com

Mengkudu (Morinda citrifolia L), atau juga disebut buah pace, merupakan tanaman tropis, yang termasuk dalam familia Rubiaceae.

Penyebaran tanaman ini selain daerah tropis Asia, juga ditemukan di Afrika, Australia dan kepulauan Polinesia. Di Indonesia, mengkudu tumbuh di hampir seluruh wilayah, ditanam di pekarangan rumah atau tumbuh liar di kebun dan di hutan. Tinggi tanaman mengkudu antara empat sampai enam meter, berdaun hijau lebar dan berbuah sepanjang tahun. Biasanya mengkudu diperbanyak melalui biji dan mudah pemeliharaannya. Tanaman mulai berproduksi sekitar delapan bulan sejak ditanam dan berproduksi terus sampai 20 tahunan.

Heinicke (1985), dalam penelitiannya memperlihatkan bahwa ekstrak buah mengkudu mengandung xeronin dan proxeronin yang berfungsi menormalkan fungsi sel yang rusak dalam tubuh manusia, sehingga daya tahan tubuh dapat ditingkatkan.

Pada tahun 1993, para peneliti Jepang yaitu Hiramatsu, Imoto, Koyano & Umezawa berhasil mengisolasi senyawa Damnacanthal dari buah mengkudu yang berfungsi sebagai anti kanker. Sedangkan Solomon (1998) menuliskan, mengkudu mengandung scopoletin yang mampu mengikat serotonin, yaitu senyawa kimia yang menjadi penyebab terjadinya penyempitan pembuluh darah sehingga tekanan darah meningkat.

Adanya senyawa scopoletin dalam buah mengkudu menjadikan buah mengkudu dapat dijadikan obat alternatif untuk penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sejak lama diketahui pula tanaman mengkudu dapat digunakan sebagai bahan anti bakteri. Hasil pengujian Levand (1963) memperlihatkan buah mengkudu mengandung antraquinan yang mampu melawan mikroorganisme Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Proteus morganii, Salmonella typhosa, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli.

Kandungan berbagai macam zat dan senyawa kimia yang penting bagi tubuh manusia menjadikan buah mengkudu terutama yang matang dapat meningkatkan pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit.

Dengan melihat begitu banyak manfaat buah mengkudu, selain untuk menstabilkan tekanan darah tinggi, tidak ada alasan lagi untuk menolak mengonsumsi buah yang rasanya pahit ini. Tidak bisa menahan pahitnya? Jangan khawatir, sekarang ada Tara Royal Noni yang bukan hanya mengandung mengkudu tapi juga ditambahkan royal jelly untuk membantu meningkatkan khasiatnya dalam melancarkan peredaran darah, juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Kelebihan Makan Makanan Organik

  • Sejuta Manfaat Alpukat untuk Anak

  • Kopi + Rokok = Bencana Bagi Kesehatan

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan