Tips Kesehatan

Jumat, 23 November 2018

Kenalan Yuk Sama Susu Evaporasi; Alternatif Susu Kental Manis

Sumber : livestrong.com, hellosehat.com

Kontroversi susu kental manis yang pernah menyeruak ke media tentu sudah kita ketahui, penjelasan sebenarnya tentang kebenaran susu kental manis juga sudah pernah dibahas di Tara sebelumnya. Nah bagi Anda yang menginginkan nikmatnya susu kental manis tanpa mengonsumsi susu kental manis, mungkin Anda bisa mencoba susu evaporasi.

Susu evaporasi adalah susu yang teksturnya kental. Namun, susu jenis ini berbeda dengan susu kental manis karena susu evaporasi tidak megandung gula tambahan. Susu evaporasi terbuat dari susu sapi yang 60 persen kadar airnya dihilangkan dari susu segar dengan cara dipanaskan. Susu yang dipanaskan akan menguap sehingga kandungan airnya menjadi lebih sedikit sehingga akhirnya mengental. Susu ini bisa disimpan dalam waktu lama dan tidak gampang basi. Biasanya, susu ini lebih sering dijadikan bahan tambahan dalam sebuah masakan atau sebagai campuran ke dalam adonan kue.

Di dalam susu yang dipanaskan ini, kandungan laktosa, mineral, lemak, kalsium, dan vitamin tetap dipertahankan selama proses ini. Selain itu, warna susu evaporasi ini tidak terlalu putih, bahkan cenderung kuning. Hal ini disebabkan karena terciptanya karamel yang berasal dari panas selama proses evaporasi.

Anda dapat menggunakan susu ini dengan cara menambahkan air ke dalamnya. Sebenarnya metode ini muncul sejak lama, sebelum ditemukannya kulkas atau mesin pendingin lainnya. Cara ini merupakan cara menyimpan susu agar lebih tahan lama tanpa mengurangi kadar nutrisi di dalamnya.

Menurut Harvard School of Public Health, di dalam 30 ml susu evaporasi mengandung 40 kalori dan 2 gram lemak, di mana 1,5 gram lemaknya merupakan lemak jenuh. Ini sudah memenuhi sekitar 7 persen dari asupan lemak jenuh harian Anda, karena itu mengonsumsi susu evaporasi lebih baik tidak berlebihan. Center for Disease Control and Prevention menyebutkan, 30 ml susu evaporasi mengandung 2 gram protein. Mengonsumsi susu ini bisa membantu mencukupi kebutuhan protein tubuh harian sebanyak 4 persen. Selain itu, setiap 30 ml susu jenis ini mengandung lemak mengandung 80 mg kalsium, sepertiga dari jumlah kalsium harian yang Anda butuhkan.

Keuntungan lainnya, susu evaporasi bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Namun setelah dibuka, ada baiknya untuk langsung mengonsumsinya. Jangan mendiamkan kemudian mengonsumsinya lagi kemudian.

Tertarik mencoba susu evaporasi? Yuk, bikin susu evaporasi sendiri di rumah!

Untuk membuat sendiri susu evaporasi di rumah, Anda hanya membutuhkan 5 cangkir susu sapi, dengan cara membuatnya seperti berikut:

  1. Tuang 5 cangkir susu ke dalam panci.
  2. Lalu kurangi sebanyak 2 cangkir. Sisihkan 2 cangkir susu yang dikurangi
  3. Gunakan sumpit kayu atau tusuk sate yang dicelupkan ke dalam panci berisi 3 cangkir susu.
  4. Tandai seberapa tinggi kedalaman susu di panci lewat stik kayu atau sumpit dengan pensil.
  5. Masukkan lagi sisa 2 cangkir susunya dan biarkan sumpit kayu penanda ada di dalam panci
  6. Rebus sambil aduk susu
  7. Jika susu sudah berkurang sampai pada tanda di sumpit kayu atau susu sudah mengental, matikan kompor.
  8. Simpan dalam wadah……… wadah yg gmn? harus kedap udara? atau gelas biasa? perlu di dlm lemari es?
  9. Susu siap dinikmati untuk 1 minggu ke depan, dan jangan lupa disimpan di kulkas agar bisa bertahan 1 minggu.

Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Non-exercise Activity Thermogenesis, Solusi Bagi Anda Pekerja Kantoran

  • Benarkah Laut Kita Sudah Menjadi Karsinogenik?

  • Zat Gizi yang penting untuk Ibu Hamil

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan