Tips Kesehatan

Sabtu, 9 Februari 2019

Hormon Tidak Seimbang dan Ciri-cirinya yang Harus Diwaspadai

Sumber : Jawapos.com, Beautyjournal.com

Hidup itu seperti mengendarai sepeda, harus seimbang agar tidak terjatuh. Begitu juga dengan hormon yang mengatur semua kerja tubuh kita, harus senantiasa seimbang. Karena ketidakseimbangan hormon selain mempengaruhi mood, juga bisa mempengaruhi fungsi fisik Anda, lho. Hormon adalah zat kimia yang diproduksi oleh organ tubuh dari kelenjar endokrin yang berguna memacu fungsi organ tubuh lainnya. Karena itulah, Anda juga harus lebih waspada jika terjadi ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Lalu, apa saja ciri-cirinya?

  1. Mudah Merasa Lelah

Jika Anda sering merasa tidak mood dalam mengerjakan sesuatu dan mudah merasa lelah, hal ini bisa menjadi pertanda gejala hormon tiroid yang kurang aktif dan hormon progresteron meningkat. Ketidakseimbangan hormon ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan, lho. Kekurangan hormon tiroid dan progesteron bisa disebabkan karena mengonsumsi obat-obatan tertentu. Hal tersebut bisa dicegah dengan minum Nature EPO yang bisa membantu kestabilan hormon di dalam tubuh Anda.

  1. Stres dan depresi

Tahukah Anda, stres dan depresi memiliki kaitan erat dengan hormon? Ya, ketidakseimbangan hormon akan menghasilkan mood swing yang lebih sering daripada biasanya. Hormon estrogen bisa mempengaruhi hormon di otak, seperti serotonin, dopamin, dan norepinephrine, serta bisa juga mempengaruhi hormon neurotransmitter yang juga berperan dalam mempengaruhi suasana hati Anda.

  1. Menstruasi Tidak Teratur

Jika Anda tidak memiliki siklus yang sama setiap bulan, atau justru terlambat menstruasi hingga berbulan-bulan padahal Anda belum memasuki masa menopause, kondisi ini bisa jadi diakibatkan oleh hormon estrogen dan progesteron yang tak seimbang. Namun, jika Anda berumur 40-50 tahun, bisa jadi Anda mengalami masa pra-menopause. Satu hal yang perlu disadari juga, tidak selamanya kondisi menstruasi yang tidak teratur merupakan gejala ketidakseimbangan hormon, namun bisa juga terjadi karena Anda memiliki penyakit tertentu. Nah, untuk hal ini periksakan ke dokter ya.

  1. Jerawat gampang datang

Jerawat menjelang masa menstruasi adalah hal yang normal. Namun, jika jerawat tak kunjung sembuh bisa jadi ada indikasi hormon tidak seimbang. Munculnya jerawat yang tak kunjung sembuh ini disebabkan oleh meningkatnya hormon testosteron. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar DHT (dihidrotestosteron) yang meningkat. Kadar testosteron yang tinggi bisa meningkatkan produksi sebum minyak pada kulit wajah.

  1. pencernaan bermasalah

Dalam usus manusia, terdapat sebuah lapisan tipis bernama reseptor yang berfungsi untuk merespons hormon estrogen dan progesteron. Hormon-hormon ini berfungsi untuk mengatur jalannya pencernaan di dalam usus. Jika kedua hormon mengalami peningkatan atau bahkan penurunan, hal ini bisa menyebabkan mual, diare, sakit perut dan kembung ketika menjelang masa menstruasi.

Nah, apabila Anda mengalami beberapa tanda di atas, berhati-hatilah karena bisa jadi hormon Anda tidak seimbang. Kalau terjadi gejala yang lebih serius dan lebih lama daripada biasanya, segera periksakan ke dokter, ya!


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Bukan Hanya Jantung, Hati pun Harus Dilindungi Sejak Dini

  • Tips Mudah merawat Kesehatan Kaki Kamu

  • Sendawa Terlalu Sering? Waspadai Ada yang Salah dengan Pencernaan

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan