Tips Kesehatan

Rabu, 12 September 2018

Coba Cara Tidur Ala Militer Untuk Anda yang Sulit Tidur

Sumber : The Independent, Kompas.com

Bagi sebagian orang, tidur nyenyak menjadi hal yang sulit dicapai walau sudah berbaring cukup lama di tempat tidur. Biasanya ini terjadi karena otak terus berputar, yang membuat kita tidak dapat tidur lelap.

Untuk Anda yang mengalami gangguan tidur seperti ini, mungkin bisa mencoba cara tidur ala militer. Apa sih cara tidur ala militer? Cara cepat ala militer diterapkan oleh para tentara AS untuk membantu mereka tertidur saat berada dalam kondisi yang jauh dari tenang, misalnya medan perang.

Rahasia tidur ala militer dibahas di dalam buku berjudul Relax and Win: Championship Performance. Walau pertama kali dipublikasikan tahun 1981, namun belakangan ini kembali jadi perbincangan di internet dan banyak yang mencoba menerapkannya.

Awalnya pimpinan militer mengembangkan teknik ini untuk memastikan para tentara tidak melakukan kesalahan karena kelelahan akibat kurang tidur.

Mau mencoba cara tidur ala militer? Berikut cara-caranya:

  1. Usahakan untuk membuat rileks otot-otot di wajah, termasuk lidah, rahang dan otot-otot di sekitar mata.
  1. Gerakan bahu ke arah bawah sejauh yang kita bisa, diikuti oleh lengan atas dan lengan bawah satu sisi secara bergantian.
  1. Hembuskan napas, rilekskan dada, diikuti dengan kaki, mulai dari paha. Lakukan secara perlahan.
  1. Gunakan waktu 10 detik untuk menjernihkan pikiran sebelum melakukan salah satu dari tiga hal berikut:
  • Bayangkan kita sedang berbaring di atas kano yang ada di danau dengan suasana tenang dan langit biru jernih, atau dalam kondisi bluemind. Menurut Dr. Neil Stanley, selaku pakar tidur, hal penting agar kita bisa tidur nyenyak adalah menenangkan pikiran.
  • Bayangkan kita berbaring di atas ayunan yang berada di ruangan gelap gulita.
  • Katakan pada diri sendiri ‘jangan berpikir’ secara berulang-ulang sekitar 10 detik.

Kita bisa mencoba cara tidur ala militer dengan melatihnya setiap malam dengan diikuti cara seperti membaca, mandi air hangat, minum teh camomile, menerapkan mindfulness, memakai aromaterapi atau mendengarkan musik. Selain itu, Tara Relaxan juga bisa Anda tambahkan ke dalam suplementasi harian untuk membantu tubuh relaksasi. Tara Relaxan mengandung bahan alami yang tidak berbahaya bagi tubuh sehingga aman dan tidak membuat efek ketagihan seperti obat tidur.

 

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Kelebihan Makan Makanan Organik

  • Sejuta Manfaat Alpukat untuk Anak

  • Kopi + Rokok = Bencana Bagi Kesehatan

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan