Tips Kesehatan

Kamis, 7 Februari 2019

Bersemangat hanya Sebentar? Mungkin Kamu Mengalami Sugar Rush dan Sugar Crash

Sumber : Klikdokter.com, Merdeka.com

Apa yang kamu rasakan ketika habis makan makanan manis? Pasti merasa senang, bersemangat dan merasa memiliki banyak tenaga. Mengapa demikian? Hal itu ternyata disebabkan oleh terjadinya sugar rush di tubuh kamu.

Sugar Rush dan Sugar Crash adalah kondisi dimana ketika seseorang mengkonsumsi glukosa dalam jumlah yang besar. Kebanyakan adalah ketika mengkomsumsi karbohidrat dalam jumlah besar maka kandungan glukosa yang dikonsumsi juga tinggi.

Efek Sugar Rush adalah meningkatnya kandungan gula dalam darah yang menyebabkan tubuh menjadi lebih bertenaga, disaat yang sama tubuh akan mengeluarkan Dopamine, ini yang mengakibatkan efek ketagihan tubuh terhadap gula.

Ketika dopamine dilepaskan tentu saja perasaan akan menjadi bahagia dan bersemangat, ditambah kekuatan besar yang muncul dari efek Sugar Rush ini. Efek ini tidak berlangsung lama, hanya sekitar 30 menit atau kurang kemudian dia akan memasuki kondisi Sugar Crash.

Sugar Crash adalah ketika tubuh mengeluarkan insulin dalam jumlah besar untuk mengurangi kadar gula dalam darah, ketika ini terjadi karena naik dan turunnya kadar gula secara drastis menyebabkan tubuh lesu, lemah dan kelelahan.

Jika kalian merasa tubuh lemas secara tiba-tiba dan tidak menemukan alasan yang jelas, cobalah kurangi konsumsi gula. Gula sangat tidak baik untuk kesehatan, bahkan anak kecil pun lebih baik tidak diberi terlalu banyak makan makanan manis. Bukan karena takut sugars rush, tetapi banyak orang terutama para orang tua yang percaya jika anak terlalu banyak mengonsumsi gula ataupun makanan dan minuman yang mengandung banyak gula, anak akan menjadi hiperaktif bahkan mengarah pada gangguan ADHD (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder), walaupun hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan adanya hubungan antara banyaknya konsumsi gula dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif.

Untuk menggindaringa, kamu bisa minum Nature Diablast setiap hari untuk mencegah lonjakan gula darah. Nature Diablast bukan hanya bagus untuk penderita diabetes, tapi juga bagus untuk mencegah penyakit diabetes. Lebih baik mencegah daripda mengobati bukan?

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • 8 Cara Efektif Menghindari Bau Mulut Selama Puasa

  • Hati-hati! Kurma Ternyata Ada yang Menggunakan Pemanis Buatan!

  • Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Komentar

0 komentar