Tips Kesehatan

Senin, 17 Desember 2018

Bahaya Varises Bila Tidak Segera Ditangani

Sumber : cnnindonesia.com, kumparan.com, liputan6.com

Varises sering kali dianggap sebagai gangguan penampilan yang muncul di kaki, paha dan terkadang muncul di tangan. Harus diakui, kehadiran varises dengan garis berkeloknya yang berwarna kebiruan di betis memang dapat membuat Anda malu untuk menggunakan sepatu high heels atau rok dan celana selutut kesukaan.

Namun sebenarnya varises bukan hanya soal penampilan saja lho. Banyak yang tidak sadar bahwa tersimpan bahaya varises di balik vena yang terukir jelas pada betis. Bahkan ada bahaya varises yang dapat berakhir pada kematian jika Anda mengabaikan varises yang Anda alami.

Bahaya varises yang tidak disadari cukup beragam. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan beberapa resiko serta bahaya varises yang harus Anda waspadai.

Pembengkakan kaki

Saat varises menyerang betis atau kaki, maka darah yang ada di dalam kaki akan terhambat untuk dapat mencapai jantung. Darah terendap di dalam kaki beserta sisa metabolisme yang semestinya dihantarkan darah ke jantung untuk dibersihkan oleh sistem mekanisme hati dan paru paru.

Alhasil bagian kaki akan menggelap, terlihat kering dan juga kusam. Terkadang terjadi kerusakan pada kuku atau luka yang bersumber dari peningkatan toksin dalam kaki akibat endapan darah kotor didalam kaki .

Terjadi pembekuan darah

Munculnya pertemuan 2 arah dari aliran darah dalam vena seringkali menyebabkan terjadinya pembekuan darah. Hal ini disebabkan karena darah berdiam lama di satu titik vena hingga mendorong timbulnya reaksi trombosit untuk membekukan darah. Kondisi tersebut menyebabkan timbulnya kasus penggumpalan darah atau flebitis yang cukup menyakitkan.

Gumpalan dapat menekan dinding pembuluh darah. Bahkan dapat melukai dinding pembuluh darah. Pada tahap lanjut, gumpalan menyebabkan varises yang lebih berat. Sampai-sampai urat pembuluh darah terlihat dengan warna kebiruan serta mengeras.

Rasa pegal yang berlebihan

Aliran darah yang tak lancar, susahnya sisa metabolisme di kaki untuk naik serta dibersihkan dan menegangnya otot sekitar vena yang bengkak menyebabkan kaki atau tangan Anda menjadi sering pegal linu. Terkadang, kaki atau tangan terasa kaku sehingga membuat tidak nyaman digerakkan.

Luka pada vena

Akibat lain dari terbentuknya gumpalan darah atau flebitis yaitu terlukanya dinding pembuluh darah vena. Luka pada vena dapat menyebabkan pecahnya vena serta menimbulkan ruam dan pembengkakan.

Emboli pada paru paru

Masalah lain timbul saat gumpalan yang tadi terbentuk di dalam batang vena malah lepas dari vena dan larut dalam aliran darah hingga pada akhirnya masuk kedalam paru paru. Gumpalan tersebut akan sebabkan terbentuknya PE atau pulmonary emboli. Emboli/pembentukan endapan udara di aliran darah ini bisa sebabkan sesak napas. Kerusakan di sistem pernapasan serta serangan jantung yang kesemuanya cukup beresiko kematian.

Jadi varises bukan perkara penampilan saja, segera obati bila memang telah dirasa mengganggu ya.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Kapan ya Bayi Mulai Mengenal Rasa?

  • Bahaya Ikan Asin Bila Dikonsumsi Terlalu Sering

  • Penyebab Rambut Lebih Rontok di Awal Kehamilan

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan