CAN DO (Pasti Bisa) oleh Kevin Natan

Setiap orang pasti ingin mencapai: Sukses, Sehat, dan Harmonis. Untuk mencapai ketiga hal ini, ada tantangan yang harus dihadapi.

Kenapa kita perlu tantangan?
Pertumbuhan datang dari mengatasi tantangan.
Kalau ada tantangan, target, goals yang mau kita kejar, barulah kita bisa bertumbuh. Hidup kita akan berubah kalau kita menantang diri sendiri.

Bagaimana caranya agar bisa berhasil meraih kesuksesan?

  1. Memiliki Tujuan dan Mimpi
    Anda perlu menantang diri sendiri serta mencoba hal-hal baru untuk meraih tujuan dan mimpi yang lebih tinggi.
  2. Bahagia
    Jalani hidup dengan hati yang sukacita dan penuh rasa syukur. Hidup ini terlalu singkat untuk tidak Bahagia. Jalankan usaha/bisnis dengan tujuan yang lebih besar daripada sekadar menghasilkan uang. Dengan menjalankan Bisnis Tara, Anda bisa meraih: Sehat, Sukses, Harmoni.
  3. Ubah Persepsi
    Banyak orang melihat hidup sebagai perlombaan yang melelahkan. Jangan jadikan tantangan sebagai beban, tapi ini adalah sebuah petualangan. “Life is a great adventure, you never know how it’ll turn out.” Jika Anda memandang setiap tantangan sebagai petualangan, hidup Anda akan selalu menarik, bukan sulit.
  4. Memanfaatkan Setiap Momen Sebaik-baiknya
    Berhentilah sejenak menghargai momen ini dan bersyukurlah. Anda bisa meraih jalan-jalan ke Bali GRATIS dari Tara, nikmatilah keberhasilan Anda. Jika Anda hidup terburu-buru, Anda berhenti menikmatinya.
  5. Anda Tidak Sendirian
    Anda memiliki Keluarga, Teman, Kolega yang memerlukan Team Work (kerjasama).
    Mari kita saling bekerja sama dengan maksimal untuk mencapai kebaikan yang lebih besar karena keberhasilan suatu kelompok bergantung pada kinerja masing-masing anggota.
  6. Selesaikan Konflik Dengan Damai
    Tentu wajar bila ada konflik dalam tim. Ingatlah bahwa kita semua memiliki tujuan yang sama untuk kebaikan. Cobalah untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda. Jangan merasa benar, cobalah untuk memahami lawan. Bila Anda bekerja dengan orang yang tepat, Anda memercayai mereka lebih dari sekadar pekerjaan.
  7. Respect
    Orang yang tidak tahu apa itu rasa hormat tidak akan mencapai kesuksesan.
    Respect is about how to treat everyone, not just those you want to impress
    (Menghormati adalah bagaimana Anda memperlakukan setiap orang, bukan hanya segelintir orang yang ingin Anda buat terkesan) -Richard Branson
  8. Tidak Menyakiti Orang Lain
    Perbuatan baik Anda dapat menginspirasi orang lain untuk mengikuti teladan Anda.
    Coba renungkan apakah Anda telah membantu dunia dengan kemampuan terbaik Anda.
  9. Action
    Uang datang kepada mereka yang bertindak/action, bukan kepada mereka yang menunggu.Mulai dengan satu langkah pertama. Cobalah mencari cara, bukan mencari alasan.

Anda dapat membuat rencana jangka panjang dan persisten menjalankan usaha. Tidak ada yang sempurna, selalu ada ruang untuk jadi lebih baik, tapi yang penting kita telah berusaha.

Silaturahmi Di Momen Lebaran, Peluang Anda

Idul Fitri merupakan momen yang indah untuk berbagi kebahagiaan dengan orang terdekat. Banyak yang rela menempuh perjalanan jauh untuk pulang ke kampung halaman dan saling berkunjung atau bersilaturahmi dengan keluarga.
Nah, seperti peribahasa ‘sambil menyelam minum air’, selain bersilaturahmi, Anda juga bisa menjadikan momen Lebaran tahun ini untuk membuka peluang mengembangkan Bisnis Tara Anda. Bagaimana caranya?
  1. Manfaatkan Acara Lebaran untuk Memperkenalkan Bisnis Tara
    Acara silaturahmi saat Lebaran bisa menjadi momen di mana Anda dapat memperkenalkan Bisnis Tara. Meskipun Anda mempunyai misi lain selain menjalin tali silaturahmi, tetap mulailah dengan bercakap-cakap santai dulu sambil sedikit-sedikit mulai menyinggung peluang Bisnis Tara. Anda bisa membagikan produk Tara sebagai oleh-oleh atau cinderamata.
  2. Give and Take
    Hal yang terpenting fokuslah pada apa yang dapat Anda berikan untuk orang lain, bukan fokus pada keuntungan yang ingin Anda dapatkan. “Memberikan” disini tidak selalu berarti memberi suatu produk atau barang semata, melainkan Anda dapat memberikan ide-ide kreatif. Misalnya, saat teman bercerita ingin memulai bisnis, Anda bisa memperkenalkan Bisnis Tara yang pasti dapat menguntungkan mereka. Anda juga bisa memberi solusi atas masalah yang sedang mereka hadapi, misal apabila mereka ada keluhan diabetes, Anda dapat menawarkan produk Nature Diablast. Dengan memiliki hubungan yang baik dengan banyak orang, peluang Bisnis Tara Anda akan terbuka lebar.
  3. Peduli dan Tulus
    Ketika Pemilu di bulan Februari lalu, para calon menarik simpati pendukung dengan menunjukkan kepedulian mereka kepada masyarakat dengan hati yang tulus. Demikian juga dalam berbisnis Tara, untuk mendapatkan konsumen yang loyal maka sangat penting bagi Anda untuk menunjukkan kepedulian yang tulus kepada mereka. Salah satu tindakan yang menunjukkan Anda peduli kepada mereka dan tidak hanya cari untung adalah setelah mereka beli produk Anda, pastikan Anda menghubungi mereka 2 x 24 jam untuk menanyakan apakah mereka sudah mengonsumsi produknya dan apa khasiat yang mereka rasakan. Kepedulian Anda yang tulus secara tidak langsung akan mengambil hati mereka dan saat mereka membutuhkan produk Tara, mereka tidak mencari ke tempat lain tetapi mencari Anda.
  4. Persistent
    Di Bisnis TARA, kesuksesan hanya bisa diraih oleh Mitra Usaha TARA yang tekun dan pantang menyerah. Anda dapat memulai dengan membuat rencana matang sebelum bersilaturahmi di momen Lebaran tahun ini. Buatlah daftar nama orang-orang yang ingin Anda kunjungi. Setelah itu, Anda hubungi mereka dan buatlah janji untuk bertemu saat Lebaran nanti. Jika nanti prospek Anda belum tertarik untuk membeli atau bergabung menjadi Mitra Usaha Tara, jangan pantang menyerah. Berbisnis Tara tidak ada yang instan, ketika kita promosi itulah waktunya kita menabur.
Saat menabur, tidak langsung mendapatkan hasil tetapi apa yang ditabur harus dipelihara dan dirawat sehingga nanti kita akan menuai. Karena itu setelah kita promosi, tetaplah menjalin komunikasi dengan prospek Anda dan pastikan Anda mudah untuk dihubungi sehingga saat mereka membutuhkan produk, mereka tentunya akan mencari Anda.
Momen mudik dan pulang kampung saat Lebaran memungkinkan Anda bertemu dengan banyak orang. Ada prinsip yang paling utama yang perlu Anda lakukan, yaitu menjalin tali silaturahmi dan membangun hubungan yang baik terlebih dahulu.  Dan jangan lupa setelah libur Lebaran usai, Anda tetap menjalin komunikasi dengan teman-teman potensial yang sudah Anda temui. Dengan menerapkan hal tersebut, Anda pasti bisa menuai hasilnya, mewujudkan mimpi Anda.
Meraih Cita, Persistent !

Kunci Mental Juara: Persistent!

 

Tidak terasa kita sudah memasuki bulan ke 2 di tahun 2024. Bagaimana kemajuan resolusi tahun 2024 yang telah Anda buat, apakah masih berjalan?

Nyatanya, banyak yang membuat resolusi atau target-target kehidupan di awal tahun, namun sedikit yang bertahan dengan resolusinya tersebut. Berdasarkan survei, 80 persen orang yang membuat resolusi itu berhenti menjalankan resolusinya di bulan Februari.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Saatnya mengkaji ulang resolusi yang telah Anda buat, agar Anda sukses mencapai target.

  1. Pastikan target Anda benar-benar dapat dicapai.
    Resolusi yang efektif adalah S.M.A.R.T. (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, and Time-constrained) atau Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Relevan, dan Berkekuatan Waktu.

    Tidak Spesifik S.M.A.R.T.
    Tahun ini saya akan menjalani hidup sehat! Saya akan berolahraga selama 30 menit 5 hari seminggu.
    saya ingin sukses. Saya ingin meraih promo HP dari Tara senilai 5,5 juta.
  2. Lacak progres Anda dari awal hingga akhir(dan selama!)
    Misalnya, jika di poin 1 Anda ingin mengejar target Handphone atau Motor dari Bisnis Tara, uraikan langkah apa saja yang harus Anda lakukan untuk mencapai target tersebut, yaitu:Anda pasti bisa bila Anda persisten dan konsisten melakukan JUAL & AJAK dan di Bisnis Tara Anda dapat berkonsultasi dengan Tim Marketing yang siap mendukung Anda.
  3. Disiplin
    Lakukanlah aktivitas yang harus Anda lakukan untuk mencapai target dengan disiplin dan jangan menunda-nunda. Pepatah mengatakan “Procrastination is the thief of time”, artinya penundaan adalah pencuri waktu.
  4. Jalankan selangkah demi selangkah: Persistent
    Mulailah dari hal sederhana, yaitu saat bertemu teman atau keluarga, Anda dapat mempromosikan produk Tara & Bisnis Tara dengan testimoni Anda sendiri atau konsumen Anda. Anda dapat membagikan manfaat yang Anda atau konsumen Anda dapatkan setelah mengonsumsi produk Tara. Anda juga bisa mengajak mereka bergabung menjadi Mitra Usaha Tara Anda dengan memperlihatkan foto-foto Anda atau upline dan para MUT sukses lainnya.
    Lakukan hal ini selangkah demi selangkah dengan persisten. Selanjutnya Anda dapat memanfaatkan daftar nama yang ada di kontak HP Anda, medsos, dan orang-orang yang sering Anda temui. Anda tinggal membagikan di HP atau medsos Anda karena sarana promosi sudah tersedia lengkap memudahkan Anda untuk mengembangkan Bisnis Tara, baik secara offline maupun online.
    “Persistent dan Konsisten adalah kunci dalam menjalani proses meraih impianmu.” Bersama TARA Anda Bisa!

 

PERAN CUSTOMER RELATIONS TERHADAP SALES

Istilah “konsumen adalah raja” (customer is a king) sudah tak asing didengar, dimana konsumen bukan hanya harus dinomorsatukan, tapi juga konsumen selalu benar dan harus diberikan apa yang menjadi keinginannya.

Namun tingkah laku konsumen mengalami evolusi sehingga kini lebih relevan bila diperlakukan sebagai teman, “konsumen adalah mitra” (customer is a friend).
Jadi dalam memperlakukan “konsumen adalah mitra” berarti penjual harus memberikan/menjelaskan tentang manfaat produk/ jasa yang dijualnya kepada para konsumennya sehingga terjadi sales/penjualan dan repeat order. Ini disebut dengan CRM (Customer Relationship Management) dan tujuan akhirnya sama seperti “konsumen adalah raja” yaitu memberikan kepuasan kepada pelanggan (customer satisfaction).

Dengan demikian perlakuan terhadap tiap konsumen tidaklah sama tetapi harus kita sesuaikan dengan bibit, bebet, & bobotnya (3B).
Bibit (garis keturunan) -> Apakah ada penyakit turunan (genetik) seperti diabetes, PJK dsb.
Bebet (status sosial dan ekonomi) -> Meninjau pelanggan dari segi pergaulannya dan status sosial / kemampuan ekonominya.
Bobot (kepribadian dan pendidikan) -> Untuk menentukan bahasa yang dipergunakan saat memberikan penjelasan produk.
Apa yang dapat Anda lakukan terhadap konsumen Anda untuk menjalin customer relations yang baik?
  1. Memberikan pelayanan pelanggan (customer experience) yang menyenangkan.
    Salah satu kunci untuk berhasil memberikan kepuasan kepada pelanggan adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Agar mereka lebih percaya kepada Anda:
    a. Menjangkau konsumen secara personal.
    Dengan memahami bibit konsumen, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan penjualan.
    Misalnya, apabila Anda mengetahui MUT memiliki keluhan diabetes, Anda dapat menawarkan produk Diablast untuk membantu mengatasi keluhan MUT tersebut.
    b. Memberikan Informasi yang akurat dengan tutur kata yang tepat.
    Dengan memahami bebet dan bobot konsumen, saat Anda memperkenalkan/ menawarkan produk, Anda dapat memberikan informasi yang sebenarnya dan tidak over claim dengan tutur kata yang sesuai dengan status dan pendidikan mereka.
  2. Memberikan layanan proaktif.
    Pada saat konsumen membeli produk yang Anda tawarkan, follow-up/ hubungi mereka kembali dalam waktu 2 x 24 jam sebagai pelayanan/service berikutnya.
    Hindari melakukan hit and run kepada konsumen Anda, karena hal tersebut akan membuat konsumen kecewa.
    Saat melakukan follow-up selain menanyakan apakah produk sudah dikonsumsi, bagaimana terasanya, dsb. Anda dapat melakukan cross selling, yaitu menawarkan produk tambahan atau pelengkap.
    Misalnya, konsumen sebelumnya sudah membeli Nature EPA, Anda dapat menawarkan produk Nature EPO yang bersinergi dalam menurunkan kolesterol dan membakar lemak.

Strategi untuk menghasilkan uang melalui bisnis tara

Strategi untuk menghasilkan uang melalui bisnis tara lebih banyak dari sebelumnya oleh Johanes Lim, Ph.D, CPC, Cht Pembicara Tamu Konas Tara Nature 2022

Pada Konas Tara 2022, Bapak Johanes Lim sebagai pembicara tamu spesial membuatkan program untuk seluruh Mitra-Usaha Tara yang ingin meningkatkan penghasilannya semakin banyak lagi melalui bisnis Tara.

Tara Money Making Strategy terbagi kedalam 2 langkah, yaitu:

  1. Mind Back-Wash Program
    Berbagai informasi yang kita dapatkan seringkali menimbulkan FUD: Fear(ketakutan), Uncertainty (ketidakpastian), dan Doubt (keragu-raguan yang pada akhirnya membuat kita tidak mau melangkah & berjuang karena menganggap apa yang kita lakukan akan menjadi percuma. FUD ini berbahaya!
    Lantas bagaimana caranya merespons arus informasi tersebut? Hidup ini seperti jungkat-jungkit yang bergerak ke atas. Tidak ada apapun di dunia ini yang 100% buruk atau baik. Kata “krisis” di dalam bahasa Mandarin: weiji, terdiri dari kata wei artinya bahaya, dan ji artinya opportunity. Dari sini kita bisa menyimpulkan di dalam sebuah kondisi krisis terdapat bahaya/ancaman seklaigus peluang. tergantung bagamana kita menyikapi dan mengelola keadaan itu.
    Pada kondisi Rupiah mengalami depresiasi, bagi orang-orang yang mempunyai utang dalam hitungan USD, kondisi ini menjadi musibah karena nilai utangnya meningkat. Tetapi bagi orang-orang yang mendapatkan bayaran dalam bentuk USD, kondisi ini menjadi berkah karena ia mendapatkan nilai bayaran yang lebih besar. Segala hal hanyalah tentang mindset (pola pikir) bagaimana kita melihat suatu kejadian menjadi berkah atau musibah.
    Kita memang tidak bisa mengatur arah angin, tapi kita bisa mengatur kemana arah kapal kita bergerak. Kita tidak bisa mengatur keadaan dunia ekonomi makro dan sebagainya, tapi kita bisa mengatur hidup kita sendiri.
    Filter air menerima air yang kotor, lalu ia memisahkan kotrannya sehingga air yang dikeluarkan adalah air yang dikeluarkan adalah air bersih. Tapi semua kotoran yang masuk akan tertinggal di dalam filter akan membuat filter air ini tidak lagi berfungsi dengan baik. akan ada saatnya dimana pikiran tidak lagi mampu berpikir jernih dan hanya memikirkan hal-hal yang buruk yang membuat diri Anda semakin terpuruk. Pikiran-pikiran seperti ini harus di-backwash seperti filter air. Bagaimana melakukan backwash pada pikiran?
    Banyak orang yang kehilangan pekerjaan atau bisnisnya tutup, ini adalah kesempatan untuk menolong mereka. Beritahukan kepada mereka bahwa mereka bisa menjadi seorang wirausaha mandiri dengan produk-produk yang berkualitan dan mendapatkan kebangaan. Beritahukan kepada semua orang yang saat ini masih memble, Jangan menyerah! Di balik setiap musibah, [asti ada berkah. Di balik kesempitan selalu ada kesempatan. Tinggal bagaimana Anda menyiasatinya dan menentukan jalan keluar. Pikiran bahwa kondisi-kondisi ini adalah kesempatan untuk membersarkan jaringan dan omset
    Pahamilah bahwa sikap-sikap stres, depresi, pesims, putus asa, malas bodoh, kehilangan semngat hidup dan lainnya tidak ada gunanya. Pahamilah bahwa sikap optimis, positid, rajin, antusias, percaya diri, pro-aktif, kreatif, produktif, berambisi, menjadi berguna itu JAUH LEBIH BAIK hidup sudah susah, untuk apa ditambah susah lagi oleh diri sendiri dengan pesimis dan putus asa? Anjing yang hidup jauh lebih baik daripada seekor singa yang mati. Apalagi jika diri Anda adalah singa yang hidup. Apapun yang Anda inginkan atau taargetkan semua bisa Anda raih. Bagaimana caranya?
    “Manusia adalah mahkluk terbaik keuda di dunia. Tugas mausia adalah untuk membuat apa yang tidak mungkin menjadi mungkin!”
    Semudah itu mengubah keputusan buruk menjadi baik. Apapun yang terlihat mustahil dapat Anda buat menjadi mungkin karena Anda adalah makhluk hidup terbaik kedua di dunia, setelah Tuhan. saya Mau saya bisa Apapun dapat Anda wujudkan aslkan Anda Mau.
  2. Network e-Marketing Technology
    Sperti yang kita tahu pada saat ini hampir stiap orang memiliki akun media sosial dan konsentrasi sebagian besar orang ada pada HP-nya. Jadikan ini kesempatan untuk meledakkan omset dan jaringan Anda.
    Satu yang penting dalam berjualan di media sosial adalah lakukan dengan cara soft selling, bukan hard selling. Anda bisa joget sambil memegang produk tara misalnya. Anda tidak perlu banyak berkomentar biarkan mereka yang berkomentar dan bertanyua lalu Anda secara sigap menjawab, Dengan melakukan hal ini, bayangkan Anda bisa menajgkau seluruh orang di wilayah Indonesia dan membesarkan jaringan Anda.

Credible

By: Bpk. Kevin & Bpk. Yaman

01 WHAT

Credible memiliki arti jujur dan berintegritas; dapat dipercaya dan meyakinkan. Dengan memiliki kredibilitas, orang lain menjadi percaya dan yakin kepada Anda
Jujur artinya apa yang diucapkan (kata-kata sesuai dengan tidakannya. Berintegritas artinya bertindak sesuai dengan apa yang dikatakannya. Integritas berasal dari kata “integer” (Latin) yang artinya utuh dan lengkap. Jadi integritas itu adalah keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran.
Jujur artinya Anda transparan. Apa yang anda ucapkan atau pikirkan semuanya sejalan dan Anda terus terang dalam berkata dan bertinda.

02 WHY

Kredibilitas di satu sisi adalah standar yang lebih tinggi daripada kesuksesan. Anda sudah meraih posisi yang lebih tinggi daripada kesuksesan itu sendiri. Memiliki kredibilitas berarti orang lain melihat Anda sebagai seumber daya yang dapat diandalkan dan pembuat keputusan yang andal.

03 HOW

  • Be Trustworthy (Dapat dipercaya)
    Untuk menumbuhkan kredibilitas, Anda harus membangun kepercayaan, dan mendapatkan kepercayaan. Membangun kepercayaan perlu dilakukan secara bertahap. Tidak semudah itu Anda akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain dan secara tiba-tiba. Jadi membangun kepercayaan itu perlu dipupuk. Ketika bertemu dengan orang, tunjukkan yang terbaik, dimulai dengan senyuman yang ramah. Dengan senyuman, orang akan menyukai Anda. Setelah orang menyukai Anda, mereka akan mempercayai Anda, mereka akan berbisnis dengan Anda. Rekening kepercayaan Anda lebih penting daripada rekening bank Anda.
  • Be Competent (Kompeten)
    Menjadi ahli di bidang Anda, seseorang dengan kemampuan untuk menganalisis situasi dan mengembangkan beberapa solusi potensial.
    Untuk menjadi kompeten di sebuah bidang memerlukan kesabaran dan komitmen. Apabila Anda memiliki suatu kompetensi/ kemampuan, Anda akan lebih bisa diandalkan. Anda pun menjadi semakin percaya diri dengan kemampuan Anda. Meningkatkan kompetensi bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai training dan acara yang diadakan oleh Tara, seperti zoom sharing, zoom show, webinar.
  • Be Consistent (Konsisten)
    Segala sesuatu yang Anda lakukan, katakan, dan pikirkan harus konsisten. Pesan yang Anda kirimkan, tindakan yang Anda ambil, dan hal-hal yang Anda izinkan masuk ke dalam hati dan pikiran Anda, semuanya harus selaras dengan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan. Kredibilitas hanya terjadi ketika semuanya konsisten, berasal dari dalam hati.
    Segala sesuatu yang dilakukan secara konsisten, hasilnya pasti luar biasa.
  • Be Genuine (Autentik)
    Anda membutuhkan keaslian untuk menumbuhkan kredibilitas; ketika Anda berusaha untuk memenangkan kepercayaan. Anda tidak dapat mengandalkan pendekatan “berpura-pura agar Anda berhasil”. Dasar untuk membangun bisnis atau kepemimpinan Anda adalah fondasi kokoh yang memberikan stabilitas luar biasa dan langgung, apapun perubahan yang mungkin terjadi.
    Jadilah diri Anda sendiri apa adanya. Jalanilah bisnis Tara dengan cara Anda sendiri dan tetaplah berpegang teguh pada pendirian baik Anda. Salah satunya selalu berpikir positif pada setiap keadaan di sekitar kita.
  • Be Sincere (Tulus)
    Menjadi Credible juga berarti menjadi tulus. Ketika Anda melakukan semuanya dengan hati Anda, apa yang di dalam hati, apa yang Anda lakukan, apa yang Anda pikirkan semuanya tulus, Anda tidak akan meras terbebani. Bukan berarti Anda perlu mengatak semua yang Anda pikirkan, tetapi Anda sungguh-sungguh dengan semua yang Anda katakan. Anda tidak perlu mengatakan bahwa Anda tulus tapi tunjukkanlah melalui action Anda. Untuk menjadi pribadi yang tulus, dibutuhkan komitmen, dedikasi, dan kemauan untuk tabah, tak tergoyahkan, dan selalu lugas, apapun yang terjadi.
    Ketulusan Anda akan terlihat saat Anda melakukan action JUAL & AJAK. Hasil dari follow-up konsumen, berbagi informasi produk, dll. justru bisa kemabil dijadikan konten promosi. Dengan melakukan action JUAL & AJAK secara tulus, kepercayaan konsumen dan grup downline akan meningkat.
  • Be respectful (Bersikap Hormat)
    Respect artinya menghargai setiap orang, siapa pun yang Anda temui, apapun profesinya, kapanpun dan dimanapun, tanpa memandang statusnya. Menghargai persaan orang lain mungkin tidak berarti apa-apa bagi Anda, tetapi itu bisa berarti segalanya bagi mereka. Perlakukan semua orang dengan hormat, bukan karena Anda mengharapkan sesuatu, tetapi karena Anda tahu mereka pantas mendapatkannya. Gelar diberikan, posisi diberikan, tetapi rasa hormatlah yang memberi Anda kredibilitas.
  • Be Accountable (Bertanggung Jawab)
    Dengan bersikap bertanggung jawab atas semua keputusan dan tindakan Anda, kredibilitas Anda akan terbangun. Setiap orang tidak terlepas dari kesalahan.Melakukan kesalahan adalah hal yang wajar. Ketika Anda membuat kesalahan, akui dan ambil langkah-langkah untuk memperbaiki kesalahan itu. Bila Anda tidak yakin, katakan apa adanya. Dengan begitu Anda akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain dan orang akan melihat Anda sebagai pribadi yag Credible.
    Mitra-Usaha Tara yang bertanggung jawab adalah Mitra0Usaha Tara yang dapat memenuhi apa yang dijanjikan sampai tuntas. Mendampingi mereka, menduplikasikan diri Anda kepada downline Anda hingga apa yang mereka investasikan saat awal bergabung bisa berbuah beratus kali lipat.
  • Be Loyal (Setia)
    Kredibilitas Anda tumbuh ketika Anda mengusahakan yang terbaik untuk kepentingan orang-orang di sekitar Anda. Orang yang selalu siap & berusaa melayani dan melindungi orang lain. Loyalitas adalah komitmen bersama untuk sukses, tentang melayani dan melindungi orang lain
    Membangun sebuah bisnis bisa diibaratkan seperti membangun sebuah rumhah. Saat Anda baru membangun fondasi rumah, lalu Anda memutuskanuntuk pindah membangun fondasi di tempat lain,apa yang terjadi? Anda menghabiskan banyak waktu dan tenanga Anda hanya untuk membangun fondasi di banyak tempat, Anda tidak pernah mendapatkan suatu bangunan rumah yang utuh. Karena itu, fokuslah hingga Anda menikmati hasilnya.
  • Be Principled (Berprinsip)
    Memiliki prinsip akan menjadi dasar yang kokoh bagi diri Anda. Berhenti membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain dan belajar menjadi diri sendiri karena setiap orang memiliki nilai dan talenta yang berbeda.
    Lihatlah nilai-nilai yang ada dalam diri Anda sendiri dan apa yang Anda yakini dan tingkatkan. Selalu berusaha untuk meningkatkan diri Anda menjadi lebih baik hari ini darpada kemarin, bekerja untuk melayani orang-orang di sekitar Anda dan dunia dengan berpegang teguh pada prinsip Anda. Ketika orang melihat Anda baik dan mereka melihat prinsip yang Anda pegang pun baik, orang akan suka dan percaya, dan ini akan menjadikan diri Anda lebih utuh.

Kesembilan cara untuk menjadi pribadi yang CREDIBLE sudah Anda ketahui, sekarang giliran Anda yang bertindak.
Meraih cita bersama Tara, Credible!

Gawang Sepak Bola

Apa sih yang membuat
permainan sepak bola menjadi seru?
Karena ada gawangnya! Setuju?

Coba Anda bayangkan jika gawang tersebut hilang, permainan sepak bola tidak seru lagi, semua pemain hanya akan mengejar dan menendang bola tanpa arah yang jelas. So, gawang adalah elemen penting dalam permainan sepak bola!

Sadarkah Anda,
bukan hanya pemain sepak bola,
Anda pun memerlukan gawang?

Jika dalam permainan sepak bola gawang adalah tempat kemana bola harus diarahkan, maka dalam kehidupan ini, gawang adalah GOAL tujuan kemana langkah Anda dituju. Jika Anda tidak memiliki GOAL, arah langkah Anda pun tidak jelas.

Lebih dari 2000 tahun yang lalu, Aristoteles berkata,

“Awal yang baik adalah setengah selesai.”

Dengan menuliskan GOAL, maka perjalanan kita dapat dianggap telah setengah selesai karena kita telah tahu kemana tujuan kita dan tinggal mengeksekusinya. Menetapkan GOAL membuat kita lebih ingin mencapainya dan mencapainya membuat kita merasa nyaman dengan diri dan hidup kita sendiri.

Di awal perjalanan, abang ojek akan bertanya, “Mau kemana, Bu?” Jika Anda menajwab “Terserah Abang.”, hanya akan ada
2 kemungkinan: abang ojek tetap diam atau membawa Anda
ke tempat yang salah. Yang pasti, ia tidak akan membawa Anda kepada tujuan yang Anda inginkan.
Seorang Mitra-Usaha Tara, sebut saja Ibu A sudah cukup lama bergabung menjadi mitra tetapi merasa bisnis Tara ini tidak ada hasilnya. Ketika ditanya apa saja yang sudah ia lakukan?
Ia menjawab, “Ya pokoknya saya JUAL saja sebanyak-banyaknya. Saya juga AJAK teman-teman saya untuk bergabung. “Sudah berapa banyak yang Ibu tawarkan, Bu?”
Ibu A menjawab, “Ya sudah banyak deh pokoknya.”

Lain cerita dengan Ibu B yang pada bulan ini ingin mencapai posisi Manager dengan SHP. Ia tahu persis apa GOAL-nya dan apa saja yang harus ia lakukan untuk meraih GOAL-nya,
posisi Manager, yaitu mengumpulkan poin sebanyak 2000 SP baik melalui action JUAL pribadi atau grup (hasil dari action AJAK). Ibu B membuat target harian: dalam 1 hari setidaknya ia harus mengumpulkan 67 SP. Apabila ada 1 hari dimana Ia gagal mengumpulkan 67 poin, maka kekurangan poinnya akan dia tambahkan di hari selanjutnya. Hasil usahanya pada tanggal 20 Ibu B sudah mencapai 2000 SP. Ia pun membuat GOAL selanjutnya, yaitu meraih e-Promo.

Saat Anda diberikan sebuah tugas, tugas tersebut lebih mudah Anda kerjakan apabila tugasnya JELAS. Tugas yang tidak jelas membuat Anda bingung dan bertanya-tanya,
apa yang harus saya lakukan? Bagaimana caranya? Dimana? Kapan? Begitu pun dengan GOAL Anda. Semakin Anda bisa mendeskripsikan dengan jelas apa yang Anda inginkan,
maka GOAL tersebut akan semakin terasa nyata dan semakin mudah Anda wujudkan karena Anda semakin tahu secara detil apa yang perlu Anda lakukan.

GOAL SETTING

Julie Christopher, seorang Konsultan Bisnis International Biztuition, mengatakan setiap tahunnya hanya 9,2% orang yang berhasil merealisasikan GOAL-nya.
So, yang perlu Anda lakukan sekarang untuk menjadi bagian dari 9,2% orang tersebut adalah TULISLAH DENGAN JELAS APA YANG MENJADI GOAL ANDA dan kapan Anda akan meraihnya!

Namun kebanyakan orang akan berpikir, “Ah udah deh
ga usah muluk-muluk pengen punya ini dan itu, hidup realistis aja!” Ya memang dalam membuat GOAL pun harus realistis. Tapi bukan berarti sebuah hal yang muluk-muluk ketika
Anda menginginkan HP baru, laptop baru, motor baru,
mobil mewah, bahkan rumah pribadi. Barang-barang tersebut ada, bukan? Tapi jika Anda ingin menjadi Spongebob, hidup di dasar laut dengan rumah sebuah nanas dan bertetangga dengan Squidward, jelas itu tidak realistis.

STRATEGY

Setelah mengetahui apa yang menjadi GOAL Anda, langkah selanjutnya adalah menyusun strategi. Misalnya Anda menginginkan mencapai posisi Manager dalam 1 bulan ke depan. Anda tinggal menentukan dan menuliskan langkah apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mencapai GOAL tersebut; menyusunnya secara sistematis kapan Anda
akan melakukannya. Langkah-langkah kecil ini niscaya menghilangkan kebingungan Anda ketika Anda akan melakukan action JUAL & AJAK.

EVALUATION

Hal yang perlu Anda lakukan juga adalah EVALUASI. Evaluasi sangat penting dilakukan untuk memastikan hal yang Anda lakukan sudah menuju ke arah yang benar (GOAL Anda). Apabila Anda semakin menjauhi GOAL Anda,
berarti ada yang harus diperbaiki dari apa yang Anda lakukan setiap harinya.

CELEBRATE

Ketika Anda berhasil mencapai GOAL Anda, Anda layak untuk merayakannya. Memberikan hadiah kepada diri sendiri atas suatu pencapaian yang telah Anda raih akan membuat Anda lebih bahagia dan semangat untuk terus melaju.

NEXT GOAL

Ya, setelah GOAL Anda tercapai,
bukan berarti Anda kembali hidup tanpa tujuan. Tentu inilah saatnya Anda menetapkan GOAL yang baru yang lebih besar yang akan membuat hidup Anda semakin bergairah. Dengan demikian Anda selalu akan terus berkembang dan menjadi lebih baik dari hari ke harinya.

Pandemi Tak Kalahkan Kita!

Keadaan yang berubah drastis dalam berbagai bidang akibat pandemi Covid-19, termasuk perekonomian pada awal tahun lalu sempat membuat banyak orang bingung dan ketakutan. Kehilangan pekerjaan, omzet menurun, dan berbagai peraturan yang membatasi aktivitas kita sembari kita tetap perlu menjaga kesehatan, semuanya telah kita jalani lebih dari satu tahun.

Dan kita bisa lihat saat ini, meskipun kondisinya begitu “challenging” (red: menantang) kita mampu bertahan. Bahkan banyak Mitra-Usaha Tara yang telah membuktikan bahwa akan selalu ada peluang selama kita mau berusaha. Malahan pandemi membuat beberapa orang yang tadinya hanya bekerja dengan penghasilan pas-pasan, kini mempunyai bisnis mereka sendiri dengan penghasilan yang tak terbatas.

TIPS membuat Bisnis Tara Anda semakin berkembang:

  1. Mulai dari produk favorit Anda
    Produk favorit yang dimaksud adalah produk yang Anda sukai karena produk tersebut sudah Anda gunakan dan sudah Anda rasakan manfaatnya. Promosi Anda tentang produk tersebut akan menjadi sangat menarik karena secara natural Anda akan bersemangat saat bercerita pengalaman nyata Anda. Selanjutnya Anda tinggal meningkatkan pengetahuan tentang produk-produk Tara lainnya.
  2. Sigap dengan peluang potensial
    Pernyataan bahwa pandemi membuat daya beli menurun tak selamanya benar. Fakta di lapangan menunjukkan penjualan sejumlah produk yang sebetulnya masuk pada kategori tersier justru meningkat. Stok sepeda di setiap kota habis.
    Ya, pandemi mengubah pola hidup masyarakat sehingga prioritas pengeluaran mereka pun berubah. Kini masyarakat lebih memprioritaskan hal-hal yang berkaitan dengan produk-produk yang membuat mereka “tetap sehat”. Ini justru kesempatan emas bagi Anda, peluang yang sangat besar untuk memasarkan produk-produk Tara.
    Selain itu, tren juga terjadi dalam pemilihan aktivitas masyarakat agar tetap sehat secara mental dan eksis. Kebutuhan ini terkait dengan adaptasi kebiasaan baru yang membatasi ruang gerak kita, kebutuhan untuk berelasi. Peluang sekali lagi terbuka lebar bagi Anda, karena berkecimpung di bisnis Tara tentunya membuat Anda untuk terus menjalin relasi dengan orang-orang, baik yang sudah Anda kenal sebelumnya ataupun tidak. Aktivitas ini dapat membantu orang-orang untuk tetap hidup sehat mental dan tetap eksis walau pandemi belum usai.
  3. Pilih bisnis dengan modal yang minimal
    Modal hampir selalu dijadikan alasan hambatan dalam memulai sebuah bisnis. Padahal tak perlu modal besar untuk Anda mulai menjalankan bisnis Tara, namun Anda bisa mendapatkan penghasilan yang tak terbatas.
    Hal ini dikarenakan Tara Nature menyediakan sistem dropship yang tentunya merupakan solusi bagi para pebisnis. Tara akan mengirimkan produk pesanan konsumen Anda, dengan tetap mencantumkan nama Anda sebagai pengirim, dan Anda tetap mendapatkan keuntungan penjualan langsung (retailing profit). Anda tidak perlu menyimpan stok produk dan tidak perlu melakukan pengemasan sehingga hemat modal, hemat tempat, dan hemat waktu.
  4. Optimalkan media sosial & word of mouth marketing
    Media sosial membuka peluang pasar Anda dengan sangat luas, tak terbatas dimanapun tempatnya, dan kepada siapapun yang bahkan belum pernah Anda kenal sebelumnya. Dengan rutin mengunggah informasi produk atau testimoninya akan membuka peluang yang besar bagi Anda untuk men-JUAL sekaligus mengembangkan bisnis Tara Anda lebih luas lagi.
    Mungkin transaksi belum terjadi ketika Anda baru mengunggah 1 atau 2 kali. Tetap semangat dan rutin melakukan hal tersebut karena meskipun mereka belum membeli produk Anda, Anda sedang melakukan branding bisnis Tara Anda. Ketika suatu hari mereka membutuhkan atau ada yang bertanya kepada mereka tentang produk tersebut, mereka akan mengingat produk yang Anda JUAL dan mencari Anda.
    Dan kualitas pelayanan baik Anda akan menjadi potensi bagi konsumen Anda ikut mempromosikan bisnis dan produk yang Anda JUAL.
  5. Berinvestasi dengan cerdas
    Tentunya semua orang, termasuk Anda, ingin memiliki investasi yang menghasilkan. Investasi Anda saat memulai bisnis Tara dapat semakin berkembang bahkan membuahkan penghasilan yang tak terbatas dengan konsisten action JAS (JUAL – AJAK – SUKSES). AJAK-lah juga downline Anda untuk melakukan hal yang sama dengan Anda (duplikasi), dengan begitu, sukses dapat diraih oleh mereka dan Anda.

Kita pasti menang melawan pandemi ini asalkan kita tetap menjalankan protokol kesehatan, mau berusaha dan sigap melihat peluang. Tetap optimis dan semangat untuk Meraih Cita, Peduli & Tulus.

https://money.kompas.com/read/2020/12/16/184934426/riset-daya-beli-masyarakat-masih-kuat-di-masa-pandemi-covid-19?page=all

New Normal, Are You Ready?

Hampir setengah tahun beradaptasi dengan pandemi Covid-19, tentunya banyak hal yang berubah dalam kehidupan kita. Meskipun perekonomian sempat terguncang, faktanya beberapa bidang usaha justru melambung penjualannya, salah satunya adalah produk kesehatan.

Ya, salah satu perubahan yang paling terasa adalah masyarakat kini lebih sadar untuk menjalankan pola hidup sehat, diantaranya rutin berolahraga, menjaga kebersihan, menjalankan pola makan sehat termasuk mengonsumsi suplemen makanan. Tentunya ini merupakan sebuah peluang besar bagi Anda,  Mitra-Usaha Tara! Meskipun belum dapat berjalan seperti sedia kala, kita tetap dapat melakukan action JUAL & AJAK dengan kondisi new normal.

Gaya berbisnis Tara di era New Normal:

  1. Siapkan “alat perang” Anda
    Bertemu secara langsung masih sulit dilakukan, tapi teknologi dapat membantu. Siapkan alat yang dapat mendukung Anda action JUAL & AJAK melalui media sosial. Dapat menggunakan HP atau laptop. Usahakan juga Anda memiliki akses rekening perbankan melalui HP atau laptop Anda sehingga lebih mudah memeriksa pembayaran dari konsumen.
  2. Pelajari & buat akun media sosial
    Tentunya Anda juga memerlukan wadah untuk mempromosikan produk Anda melalui HP/laptop, yaitu media sosial. Pelajarilah dan buatlah akun beberapa aplikasi seperti instagram, Whatsapp, facebook, dll.
  3. Rutin mengunggah

Bagikan informasi produk pada media sosial Anda. Usahakan untuk selalu ada unggahan baru setiap harinya.

  1. Perkaya informasi
    Tentunya action JUAL & AJAK akan semakin lancar Anda lakukan apabila Anda mengenal dengan baik apa yang Anda tawarkan. Gali lebih banyak berbagai informasi tentang produk dan bisnis Tara melalui website Tara Nature (www.taranature.co.id), majalah dwi bulanan Tara News yang tetap hadir di hadapan Anda, berbagai media sosial Tara Nature, atau Anda pun dapat bertanya langsung kepada BE dan MK secara langsung.
  2. Selalu Aktif
    Selain rutin mengunggah, Anda pun harus tetap aktif menghubungi konsumen, prospek, dan downline Anda. Biasanya konsumen & prospek butuh “dipancing” untuk akhirnya jadi melakukan pembelian atau bergabung. Awali pembicaraan dengan menanyakan kabar mereka lalu akhiri dengan informasi produk-produk yang ingin Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga harus bisa menjawab respons yang masuk pada media sosial Anda dengan cepat agar konsumen atau prospek tidak lama menunggu.
  3. Manfaatkan fasilitas
    Tara Nature juga menyediakan fasilitas untuk Anda semakin lancar melakukan bisnis Tara pada fase new normal. Manfaatkan fasilitas dropship, dimana Tara Nature membantu pengiriman barang kepada konsumen Anda dengan tetap mencantumkan nama Anda sebagai pengirim. Anda tidak perlu repot menyediakan stok barang dan melakukan pengemasan.

 

  • Follow-up

 

Hubungi kembali para konsumen atau prospek dalam jangka waktu 2×24 jam. Tanyakan apa yang mereka rasakan, adakah yang ingin mereka sampaikan, dan sebagainya. Anda dapat meng-AJAK lagi mereka untuk bergabung dalam bisnis Tara Anda.
Jangan lupa juga untuk rutin menyapa downline Anda dan AJAK mereka untuk melakukan hal yang sama, berbisnis Tara dari rumah.

So, siapa bilang sulit berbisnis di era New Normal? Bisnis Tara tetap dapat terus berjalan bahkan lebih berkembang, bahkan menjadi lebih mudah dilakukan dengan bantuan teknologi.

Stay safe and Be The Best You Can Be!

Solusi Smart Meraih Sukses

Sukses adalah sebuah proses
Sukses bukan selalu protes

Sukses adalah impian semua Mitra Tara. Banyak Mitra Tara yang sebenarnya sudah mengetahui cara atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai sukses. Tetapi mengapa masih ada Mitra Tara yang belum sukses? Apakah Anda termasuk salah satunya?
Solusi untuk meraih sukses dengan mengUBAH CARA PANDANG Anda, yaitu:

  • ANGAN INGIN INSTAN
    Mitra Tara seringkali terlalu ingin cepat meraih sukses tanpa mau melalui proses yang ada.
    Ingatlah bahwa SUKSES adalah hasil dari sebuah PROSES.
  • JANGAN TAKUT GAGAL
    Mitra Tara belum action sudah takut GAGAL.
    Akibatnya selalu ragu-ragu dan bahkan tidak melakukan action sama sekali.

PROSES menuju SUKSES yang harus Anda
lakukan:

  1. Menentukan MIMPI Anda
    Mimpi bukanlah segalanya, tetapi tanpa mimpi Anda tidak akan meraih apapun.
    No Dream = No Success
    Karena itu, tuliskanlah tujuan hidup/mimpi Anda serta pikirkan dan ingat-ingat setiap hari. Selama Anda mempunyai mimpi besar, tidak ada rintangan yang tak dapat dilalui.

    • Mimpi akan menggerakkan kekuatan (super power) untuk mencapai prestasi besar.
    • Mimpi hanya dapat dicapai melalui usaha dan harus ada batas waktu (deadline) kapan mimpi tersebut terwujud.
      Maka buat dan berpeganglah pada mimpi Anda,
      jangan biarkan orang lain mengambil mimpi Anda.
  2. Terus Belajar
    • Milikilah semangat untuk terus belajar baik tentang produk dan sistem bisnis Tara (MP-10).
    • Ikuti berbagai acara diantaranya training, group meeting, SHOW, dll.
    • Catat pengalaman pribadi, grup, atau konsumen Anda baik tentang produk maupun kisah suksesnya dalam bisnis Tara, sehingga dapat dijadikan materi Anda saat melakukan group meeting atau SHOW.
    • Bertanya kepada upline, leader atau Business Executive Anda bila ada hal-hal yang belum Anda pahami.
  3. Membuat Daftar Prospek
    • Buatlah daftar prospek dengan menuliskan nama semua orang yang Anda kenal.
    • Setiap hari menambahkan 2-3 nama orang yang baru Anda kenal.
    • Rutin melanjutkan mengisi daftar tersebut, maka Anda akan segera memiliki daftar prospek yang panjang.
      Anda merasa sibuk karena memiliki banyak aktivitas
      dan bahkan sering mengikuti acara seminar, workshop,
      atau berbagai acara lain, hal tersebut justru memberikan Anda peluang untuk bertemu banyak orang dari beragam latar belakang. Dengan demikian kesempatan Anda untuk sukses semakin besar karena semakin mudah bagi Anda untuk memperbanyak relasi, menambah daftar prospek Anda, dan untuk membuka jaringan baru dalam mengembangkan bisnis Tara Anda.
  4. Take Action, Do It Now! (Bertindaklah (JUAL & AJAK), Lakukan Sekarang Juga!)
    Action JUAL & AJAK adalah bagian dari rangkaian proses yang paling penting yang harus segera Anda lakukan untuk meraih sukses.
    JANGAN TAKUT GAGAL
    Sebenarnya tidak ada kata GAGAL dalam bisnis Tara.
    Setiap action yang dilakukan oleh Mitra Tara pasti membuahkan hasil dan semakin mendekatkan Mitra Tara untuk sukses.
    Mitra Tara sukses sebenarnya bukanlah seorang Mitra Tara yang luar biasa saat memulai bisnisnya. Tetapi Mitra Tara sukses adalah Mitra Tara yang awalnya biasa-biasa saja tetapi BERANI dan MAU menjalani serangkaian proses sehingga bermetamorfosa menjadi Mitra Tara luar biasa.
    Mitra Tara ada yang belum sukses karena seringkali mudah MENYERAH saat hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan Mitra Tara tersebut.
    Mitra Tara biasanya mengharapkan hasil yang instan
    saat action JUAL & AJAK, yaitu harus langsung terjadi penjualan atau rekrut saat itu juga.
    Padahal setiap action merupakan bagian dari proses.
    Penjualan dan rekrut terjadi pasti melalui sebuah proses:
    Berkenalan –> Berteman –> Membangun Mimpi (Dream Building) –> Presentasi –> Closing –> Follow Up –> Closing –> DEAL

 

Solusi terbaik Mitra Tara agar sukses menjalankan bisnisnya:

  1. Jadilah seorang penghubung
    Anda usahakan agar upline, leader, dan perusahaan bertemu dengan prospek Anda. Artinya, dalam menjual dan merekrut (terutama Mitra Tara yang masih baru), berusahalah untuk bisa mengajak, mengundang, menjemput prospek untuk Anda kenalkan dengan upline, leader, dan perusahaan, terutama pada saat ada acara (Home Sharing, SHOW, dlll).
  2. Menjaga selalu pertemanan Anda dengan prospek
    Jangan mengeliminasi/ mencoret mereka dari daftar prospek Anda walaupun ia tidak melakukan pembelian/ tidak berhasil Anda rekrut. Intinya Anda tetap harus
    mem-follow-up mereka.
  3. Lakukan DUPLIKASI
    Jadikan setiap downline Anda mandiri dan berkembang dengan cara mengajarkan, memberikan contoh, mendampingi downline Anda agar mau dan mampu melakukan apa yang sudah Anda lakukan.
    Sampai jumpa di puncak sukses…!

BE THE BEST YOU CAN BE

 

Lalat atau Lebah?

Siapa yang menyangka akan terjadi pandemi di tahun 2020 ini? Tentunya pandemi ini membawa banyak perubahan dalam hidup kita, termasuk bisnis yang sudah kita tekuni selama ini. Hampir seluruh bidang usaha tergoncang.

Sebut saja Putri, seorang pemilik salon yang harus kehilangan penghasilannya karena sejak pandemi menyebar salonnya harus tutup. Ia stres memikirkan bagaimana harus mencukupi kebutuhan keluarganya. Namun ia kembali mengingat hobi lamanya, membuat kue. Ia memajang hasil karyanya di media sosial. Diawali dengan menerima pesanan dari teman-temannya, kini ia malah kebanjiran pesanan setiap harinya. Putri pun bisa kembali tersenyum atas jalan baru yang terbuka baginya untuk tetap berpenghasilan.

Berbeda halnya dengan Putri, ada juga sebagian orang yang putus asa dan mencari jalan pintas dengan melakukan tindakan kejahatan. Dapat kita lihat banyak beredar berita meningkatnya tindakan kejahatan karena faktor ekonomi yang terhimpit. Padahal jika mereka mau berpikir positif seperti Putri,  mereka dapat menemukan cara lain untuk bertahan hidup.

Begitu juga dengan Mitra-Usaha Tara dalam  menjalankan bisnis Tara-nya. Ada yang berhasil dan ada yang belum juga berhasil padahal sudah lebih dulu memulai. Seringkali keberhasilan Mitra-Usaha Tara ditentukan oleh pola pikir mereka.

Mari kita lihat MUTP (sebagai Mitra-Usaha yang berpikir positif) dan MUTN (sebagai Mitra-Usaha yang berpikir negatif) ketika mereka dihadapkan pada suatu kondisi.

MUTP (Mitra-Usaha Tara Positif) MUTN (Mitra-Usaha Tara Negatif)
Gagal menjual
Saya harus terus menjual dengan menggunakan cara yang beragam dan melatih skill saya. Pada suatu saat saya pasti berhasil menjual Tuh kan, menjual itu bukan bakat saya. Menjual itu susah dan saya putuskan untuk berhenti men-JUAL.
Ditolak
Setidaknya saya sudah memperkenalkan produk dan saya akan tetap berteman dengan dia. Suatu hari dia mungkin membutuhkan produk yang saya tawarkan dan saya akan mencari tahu apa kebutuhannya.

Mungkin cara yang saya gunakan belum tepat dan saya akan mencoba cara yang lain.

Prospek ini tidak mau diajak untuk hidup sehat dan mendapatkan keuntungan  dengan berbisnis Tara. Saya tidak akan meng-AJAK dan men-JUAL lagi kepada mereka.
Ada penyesuaian harga
Harga naik berarti nilai rabat naik dan keuntungan penjualan langsung pun lebih besar. Berarti bonus dan keuntungan saya pun lebih besar. Ini kesempatan saya untuk men-JUAL lebih banyak. Uuh, harga naik lagi,  konsumen saya pasti akan protes dan tidak mau membeli produk lagi kepada saya.
Ada produk baru
Wah ada peluang untuk membuka pasar yang baru. Bisnis Tara saya pasti akan semakin  berkembang. Ah saya tidak tahu apa fungsi produk itu. Biarkan saja dulu orang lain  yang men-JUAL. Kalau sudah  banyak yang cari, baru saya ikut men-JUAL.
Saat menerima bonus
Wow saya mendapatkan  tambahan  penghasilan bulan ini. Kalau saya lebih aktif lakukan AJAK & JUAL, pasti bonusnya akan semakin besar. Hah, bonusnya hanya segini? Padahal saya sudah  banyak men-JUAL.
Saat tidak bisa keluar rumah karena pandemi
Walaupun  saya tidak bisa menemui prospek  secara langsung, saya bisa telepon/WA menghubungi mereka sekaligus aktif promosi melalui media sosial. Gak bisa keluar rumah ya gak bisa jualan. Bagaimana mau menjalankan bisnis Tara?
Tidak berhasil meraih promo
Saya harus terus fokus dan berusaha. Sebentar lagi saya bisa meraih promo itu. Susah ah ikut promo.  Saya memang tidak berbakat berbisnis Tara
Grup downline tidak aktif lakukan AJAK
Saya akan mengunjungi grup saya dan mengajak mereka untuk aktif berbisnis Tara (lakukan AJAK & JUA)L. Suatu saat pasti ada yang ikut aktif. Sudah susah direkrut, setelah itu pun tidak mau aktif berbisnis. Menjalankan bisnis Tara memang susah.
Grup downline hanya konsumen (tidak menjalankan bisnis)
Mereka memang hanya konsumen, tapi mereka pasti mempunyai kenalan yang dapat direkrut menjadi konsumen atau bahkan menjalankan  bisnis Tara juga. Bisnis saya ini tidak mungkin berkembang karena mereka tidak mau merekrut.
Ada stok produk yang kosong
Produk apa saja yang tersedia akan saya pelajari dan promosikan karena produk Tara Nature sudah terbukti khasiat dan kualitasnya. Saya tinggal mencari siapa yang membutuhkannya. Saya tidak bisa melanjutkan bisnis ini karena produk yang saya butuhkan sedang tidak tersedia.

Cuplikan di atas mengingatkan kita kepada tingkah laku lalat dan lebah. Untuk bertahan hidup, lalat selalu mencari yang bau dan busuk sedangkan lebah selalu mencari madu yang manis dan enak. Mereka menghadapi hal yang sama tetapi tiba pada tujuan yang berbeda karena pola pikir mereka yang berbeda.

Anda termasuk yang mana? Anda ingin meraih kesuksesan? Anda harus membangun pola pikir yang sukses. Pola pikir yang baik akan menghasilkan sikap yang positif, optimis, semangat dan antusias sehingga Anda semakin dekat dengan kesuksesan yang Anda impikan.

Be The Best You Can Be

Heroes Reborn

Perusahaan bisnis MLM memang sangat beragam. Ada yang menjanjikan bonus besar kepada para distributornya meskipun mereka baru bergabung, tetapi tak lama kemudian perusahaan itu MUNTABER (Mundur Tanpa Berita).

Perusahaan/bisnis MLM yang dapat bertahan lebih dari 20 tahun sangat sedikit dan salah satunya TARA Nature EPA. TARA Nature EPA pada tahun ini berusia 25 tahun, hal ini mengindikasikan bahwa  perusahaan TARA Nature EPA stabil dan sukses.

Nyawa bisnis MLM:  JUAL dan REKRUT.

Pelayanan dan  produk yang berkualitas & berkhasiat –> memudahkan proses JUAL & REKRUT.

Dalam bisnis MLM, JUAL = darah dan REKRUT = oksigen.

Faktor utama orang gagal dalam menjalankan bisnis MLM –> mereka merekrut ORANG yang SALAH:

  • Orang yang berorientasi mencari kerja.
  • Pengangguran, pemalas, pesimis, peragu, penakut, terlalu miskin, dst.

TIPS untuk meningkatkan semangat & kemandirian para Mitra TARA

  • Terus menerus kobarkan hasrat akan kekayaan, kesuksesan, kehormatan, kebanggaan.
  • Pahami TARA Marketing Plan 10 yang progresif dan kondusif.
  • Pelatihan dan event yang sesuai.
  • Business trust & loyalti building (red: membangun bisnis kepercayaan dan kesetiaan).
  • Marketing plan mastery (red: menguasai marketing plan).
  • Leading by example (red: memimpin dengan contoh; ex: lakukan JAS secara 2 vs 1, SHOW).
  • Friendship relationship mentoring (red: membimbing sebagai teman).
  • Collective selling & collective recruiting (red: penjualan dan perekrutan secara kolektif; ex: adakan SHOW & Home Sharing).
  • Network e-marketing (ex: penggunaan media sosial).

Untuk mempercepat meraih impian, selain semangat & mandiri, mitra TARA perlu teknik closing.

TARA Closing Technique

  • Dedikasi dan keseriusan pribadi dalam mendalami dan menjalani bisnis TARA.
  • Kompetensi, Kepercayaan diri, fanatisme.
  • Itikad baik untuk memberi/membagi manfaat.
  • JAS: terbukti lebih sehat, sukses, dan bahagia.
  • Testimoni adalah cara termudah untuk berjualan.
  • Referral Selling dari user customer dan/atau mitra downline (red: penjualan berdasarkan referensi dari konsumen dan/atau sesama mitra TARA).

Di era digital ini, Anda harus bergerak cepat dan work smart, dengan cara DUPLIKASI bahkan MULTIPLIKASI.

TARA DUPLIKASI & MULTIPLIKASI

  • Membangun jaringan downline yang lebar & dalam.
  • Merekrut orang sales, atlet, wirausaha UKM, peserta bazar, peserta seminar motivasi sukses karena mereka sudah terbiasa mendapatkan penolakan & memiliki jiwa untuk bertarung, sedangkan atlet terbiasa untuk bertanding dan berjuang untuk menjadi nomor 1.
  • Terapkan JAS dimana saja kapan saja dan selalu membawa starter kit, BTJ, BTS saat JAS. Gunakan juga fasilitas DROPSHIP.
  • Lakukan network e-marketing seperti media sosial untuk memberikan informasi promo, melakukan follow up, dan mengundang prospek ke acara.

Teknik cara mengundang prospek ke acara:

  1. INTERNET MARKETING
    Manfaatkan jaringan internet sehingga dengan sedikit usaha yang dikeluarkan dapat mendatangkan banyak orang.
  2. INTEGRITAS|
    Jujur kepada prospek/konsumen Anda mengenai bisnis/produk serta acara yang akan dihadirinya.

JUJUR     –> YES

OVER CLAIM –> NO

TIPS agar grup Anda/Mitra TARA peka terhadap peluang di sekitar mereka:

  • Harus paham BISNIS TARA adalah KERAJAAN BISNIS mereka.
  • Tujuan dan harapan mereka adalah untuk sukses kaya dengan berintegritas.
  • Dapat diwariskan kepada anak-cucu.

All our DREAMS can come true if we have the courage to pursue them.

Semua mimpi kita dapat menjadi nyata jika kita mempunyai keberanian untuk mewujudkannya.
                               – Walter E. Disney –

Membangun Bisnis Tara dengan Modal Bertanya

Oleh: Asnyaman Lombu, S.T.

Ada pepatah mengatakan bahwa “Malu bertanya sesat di jalan”
Ini merupakan pelajaran yang sangat penting bagi kehidupan kita terutama bagi kesuksesan Bisnis Tara Anda!!!
Seperti yang saya alami saat pertama kali mengikuti seminar dengan nara sumber
Prof. Purba, semua peserta seminar serius mendengarkannya, tidak ada yang mengantuk, tidak ada yang ribut,
Apa rahasianya? Ternyata setiap menjadi pembicara didalam seminar beliau selalu bertanya? Apa latar belakang peserta? pendidikkannya, profesinya, dll. Ini bertujuan agar penyampaian materi nya sesuai dengan peserta sehingga peserta memahami apa yang disampaikan.

Begitu juga saat saya ke Dokter, ternyata banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh Dokter dan setelah itu baru memeriksa keadaan saya
dan langsung melakukan tindakan.
Apa kaitannya “Bertanya” dengan Bisnis Tara Anda?
Bisnis Tara adalah Bisnis Network Marketing dimana sukses hanya bisa diraih melalui action JAS, dan untuk bisa melakukan action JAS modal utama Anda adalah harus memulai dengan ‘bertanya’ baik ke diri sendiri atau kepada prospek yang Anda temui.

  1. ‘Bertanya kepada diri sendiri’
    Untuk memulai action JAS, pasti Anda akan bertanya kepada diri sendiri antara lain:

    • Who: Siapa saja yang akan Anda jadikan konsumen/Mitra?
    • Where: Dimana Anda bisa menemui prospek tsb diatas?
    • When: Kapan waktu Anda bertemu dengan prospek?
    • Why: Mengapa prospek tersebut harus Anda temui?
    • How: Bagaimana cara Anda menghubungi prospek?Apabila Anda bisa menemukan jawaban 4W1H ini berarti Anda sudah 50% berhasil, sebab 4W1H ini merupakan Planning/Persiapan yang sangat hebat.
  2. Bertanya kepada prospek
    Anda akan berhasil membuat prospek menjadi konsumen (JUAL) atau downline (AJAK), tidak ada cara lain selain Anda memulainya dengan ‘bertanya’:
    Dengan bertanya Anda bisa mengetahui:
    Masalah yang dihadapi prospek baik tentang kesehatan maupun keuangannya.
    Keinginan prospek yang belum terwujud.
    Potensi atau peluang yang dimiliki oleh prospek untuk menjalankan Bisnis Tara, dll. Sehingga dengan bertanya Anda bisa memberikan solusi yang tepat dan sangat dibutuhkan oleh prospek Anda sehingga sukses menjual dan merekrut sudah di depan jangkauan Anda.
  3. Bertanya kepada downline/konsumen Anda
    Setelah Anda berhasil menjual atau merekrut, langkah selanjutnya adalah mem-follow-up-nya, bahkan prospek yang tidak menjadi konsumen atau downline pun harus di follow up juga.
    Ingat mem-follow -up berarti harus dimulai juga dengan ‘bertanya’.

Follow up konsumen Anda, bertanyalah tentang:

  • Apakah produknya sudah dikonsumsi seperti anjuran Anda.
  • Apa yang dirasakan setelah mengonsumsi produk Tara tesebut?
  • Adakah teman-teman beliau yang merasakan/mengalami kendala seperti beliau? Perlukah teman beliau tersebut diberi informasi tentang manfaat produk yang dikonsumsi oleh beliau?
  • Bertanya tentang kegiatan, pekerjaan, aktivitas, suami, istri, anak, cucu, dsb, agar Anda bisa promosi tentang produk atau peluang bisnisnya.
  • Bertanya tentang kegiatan dan aktivitas beliau untuk mendapatkan referensi nama dan nomor handphone, alamat dari komunitas, tsb.

Follow up downline Anda, bertanyalah tentang:

Harapan dan cita-cita mereka di Bisnis Tara (Dream Building) sehingga terkuak apa sebenarnya yang sangat ingin mereka capai/raih (Impian yang Smart).
Rencana mereka, gali jawaban mereka atas pertanyaan 4W1H agar mereka bisa melakukan JAS dengan baik dan benar.
Bertanyalah selalu tentang action JAS yang sudah dijalankan apa hambatannya? Kesulitannya? Dan berilah pendampingan agar kesulitan dan hambatan tadi tidak menjadi rintangan didalam menjalankan action JAS tapi justru menjadi sebuah dorongan agar mereka bisa lebih cepat mandiri dan meraih sukses.

Dengan bertanya terhadap konsumen dan downline Anda berarti Anda sudah berjalan
di track yang benar sesuai dengan Credo Tara yaitu Peduli dan Tulus, sehingga tujuan
Anda akan tercapai seperti filosofi
‘Your Success Is Our Goal’.
‘Bertanya’ berarti Anda sudah menjalin komunikasi dengan baik sehingga konsumen dan downline Anda merasa lebih dihargai
dan tidak merasa sia-sia memutuskan untuk menjadi konsumen/ downline Anda.
Jadi dalam menjalankan Bisnis Tara Anda, mulailah dengan bertanya, menganalisa/ mendeteksi, kemudian memberi solusi dan diteruskan dengan follow up, maka sukses Anda hanya tinggal tunggu waktu saja meraihnya.
Akhirnya sebagai penutup saya akan mengajukan 2 pertanyaan bijak:
1. Apa yang sudah Anda lakukan dalam menjalankan Bisnis Tara?
2. Apakah itu yang terbaik yang Anda bisa berikan buat mencapai sukses Anda?
Jawabannya ada di dalam hati Anda, karena sukses Anda merupakan hasil dari pilihan Anda saat ini!