Kiat Sukses

Senin, 12 Maret 2018

Membangun Bisnis Tara dengan Modal Bertanya

Berasal dari acara:

Tanggal: 20 Januari 2019


Oleh: Asnyaman Lombu, S.T.

Ada pepatah mengatakan bahwa “Malu bertanya sesat di jalan”
Ini merupakan pelajaran yang sangat penting bagi kehidupan kita terutama bagi kesuksesan Bisnis Tara Anda!!!
Seperti yang saya alami saat pertama kali mengikuti seminar dengan nara sumber
Prof. Purba, semua peserta seminar serius mendengarkannya, tidak ada yang mengantuk, tidak ada yang ribut,
Apa rahasianya? Ternyata setiap menjadi pembicara didalam seminar beliau selalu bertanya? Apa latar belakang peserta? pendidikkannya, profesinya, dll. Ini bertujuan agar penyampaian materi nya sesuai dengan peserta sehingga peserta memahami apa yang disampaikan.

Begitu juga saat saya ke Dokter, ternyata banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh Dokter dan setelah itu baru memeriksa keadaan saya
dan langsung melakukan tindakan.
Apa kaitannya “Bertanya” dengan Bisnis Tara Anda?
Bisnis Tara adalah Bisnis Network Marketing dimana sukses hanya bisa diraih melalui action JAS, dan untuk bisa melakukan action JAS modal utama Anda adalah harus memulai dengan ‘bertanya’ baik ke diri sendiri atau kepada prospek yang Anda temui.

  1. ‘Bertanya kepada diri sendiri’
    Untuk memulai action JAS, pasti Anda akan bertanya kepada diri sendiri antara lain:

    • Who: Siapa saja yang akan Anda jadikan konsumen/Mitra?
    • Where: Dimana Anda bisa menemui prospek tsb diatas?
    • When: Kapan waktu Anda bertemu dengan prospek?
    • Why: Mengapa prospek tersebut harus Anda temui?
    • How: Bagaimana cara Anda menghubungi prospek?

      Apabila Anda bisa menemukan jawaban 4W1H ini berarti Anda sudah 50% berhasil, sebab 4W1H ini merupakan Planning/Persiapan yang sangat hebat.

  2. Bertanya kepada prospek
    Anda akan berhasil membuat prospek menjadi konsumen (JUAL) atau downline (AJAK), tidak ada cara lain selain Anda memulainya dengan ‘bertanya’:
    Dengan bertanya Anda bisa mengetahui:
    Masalah yang dihadapi prospek baik tentang kesehatan maupun keuangannya.
    Keinginan prospek yang belum terwujud.
    Potensi atau peluang yang dimiliki oleh prospek untuk menjalankan Bisnis Tara, dll. Sehingga dengan bertanya Anda bisa memberikan solusi yang tepat dan sangat dibutuhkan oleh prospek Anda sehingga sukses menjual dan merekrut sudah di depan jangkauan Anda.
  3. Bertanya kepada downline/konsumen Anda
    Setelah Anda berhasil menjual atau merekrut, langkah selanjutnya adalah mem-follow-up-nya, bahkan prospek yang tidak menjadi konsumen atau downline pun harus di follow up juga.
    Ingat mem-follow -up berarti harus dimulai juga dengan ‘bertanya’.

Follow up konsumen Anda, bertanyalah tentang:

  • Apakah produknya sudah dikonsumsi seperti anjuran Anda.
  • Apa yang dirasakan setelah mengonsumsi produk Tara tesebut?
  • Adakah teman-teman beliau yang merasakan/mengalami kendala seperti beliau? Perlukah teman beliau tersebut diberi informasi tentang manfaat produk yang dikonsumsi oleh beliau?
  • Bertanya tentang kegiatan, pekerjaan, aktivitas, suami, istri, anak, cucu, dsb, agar Anda bisa promosi tentang produk atau peluang bisnisnya.
  • Bertanya tentang kegiatan dan aktivitas beliau untuk mendapatkan referensi nama dan nomor handphone, alamat dari komunitas, tsb.

Follow up downline Anda, bertanyalah tentang:

Harapan dan cita-cita mereka di Bisnis Tara (Dream Building) sehingga terkuak apa sebenarnya yang sangat ingin mereka capai/raih (Impian yang Smart).
Rencana mereka, gali jawaban mereka atas pertanyaan 4W1H agar mereka bisa melakukan JAS dengan baik dan benar.
Bertanyalah selalu tentang action JAS yang sudah dijalankan apa hambatannya? Kesulitannya? Dan berilah pendampingan agar kesulitan dan hambatan tadi tidak menjadi rintangan didalam menjalankan action JAS tapi justru menjadi sebuah dorongan agar mereka bisa lebih cepat mandiri dan meraih sukses.

Dengan bertanya terhadap konsumen dan downline Anda berarti Anda sudah berjalan
di track yang benar sesuai dengan Credo Tara yaitu Peduli dan Tulus, sehingga tujuan
Anda akan tercapai seperti filosofi
‘Your Success Is Our Goal’.
‘Bertanya’ berarti Anda sudah menjalin komunikasi dengan baik sehingga konsumen dan downline Anda merasa lebih dihargai
dan tidak merasa sia-sia memutuskan untuk menjadi konsumen/ downline Anda.
Jadi dalam menjalankan Bisnis Tara Anda, mulailah dengan bertanya, menganalisa/ mendeteksi, kemudian memberi solusi dan diteruskan dengan follow up, maka sukses Anda hanya tinggal tunggu waktu saja meraihnya.
Akhirnya sebagai penutup saya akan mengajukan 2 pertanyaan bijak:
1. Apa yang sudah Anda lakukan dalam menjalankan Bisnis Tara?
2. Apakah itu yang terbaik yang Anda bisa berikan buat mencapai sukses Anda?
Jawabannya ada di dalam hati Anda, karena sukses Anda merupakan hasil dari pilihan Anda saat ini!


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Membangun Bisnis Tara dengan Modal Bertanya

Komentar

0 komentar


Cari Kiat Sukses