Kiat Sukses

Rabu, 8 November 2023

PERAN CUSTOMER RELATIONS TERHADAP SALES

Berasal dari acara:

Tanggal: 27 April 2024


Istilah “konsumen adalah raja” (customer is a king) sudah tak asing didengar, dimana konsumen bukan hanya harus dinomorsatukan, tapi juga konsumen selalu benar dan harus diberikan apa yang menjadi keinginannya.

Namun tingkah laku konsumen mengalami evolusi sehingga kini lebih relevan bila diperlakukan sebagai teman, “konsumen adalah mitra” (customer is a friend).
Jadi dalam memperlakukan “konsumen adalah mitra” berarti penjual harus memberikan/menjelaskan tentang manfaat produk/ jasa yang dijualnya kepada para konsumennya sehingga terjadi sales/penjualan dan repeat order. Ini disebut dengan CRM (Customer Relationship Management) dan tujuan akhirnya sama seperti “konsumen adalah raja” yaitu memberikan kepuasan kepada pelanggan (customer satisfaction).

Dengan demikian perlakuan terhadap tiap konsumen tidaklah sama tetapi harus kita sesuaikan dengan bibit, bebet, & bobotnya (3B).
Bibit (garis keturunan) -> Apakah ada penyakit turunan (genetik) seperti diabetes, PJK dsb.
Bebet (status sosial dan ekonomi) -> Meninjau pelanggan dari segi pergaulannya dan status sosial / kemampuan ekonominya.
Bobot (kepribadian dan pendidikan) -> Untuk menentukan bahasa yang dipergunakan saat memberikan penjelasan produk.
Apa yang dapat Anda lakukan terhadap konsumen Anda untuk menjalin customer relations yang baik?
  1. Memberikan pelayanan pelanggan (customer experience) yang menyenangkan.
    Salah satu kunci untuk berhasil memberikan kepuasan kepada pelanggan adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Agar mereka lebih percaya kepada Anda:
    a. Menjangkau konsumen secara personal.
    Dengan memahami bibit konsumen, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan penjualan.
    Misalnya, apabila Anda mengetahui MUT memiliki keluhan diabetes, Anda dapat menawarkan produk Diablast untuk membantu mengatasi keluhan MUT tersebut.
    b. Memberikan Informasi yang akurat dengan tutur kata yang tepat.
    Dengan memahami bebet dan bobot konsumen, saat Anda memperkenalkan/ menawarkan produk, Anda dapat memberikan informasi yang sebenarnya dan tidak over claim dengan tutur kata yang sesuai dengan status dan pendidikan mereka.
  2. Memberikan layanan proaktif.
    Pada saat konsumen membeli produk yang Anda tawarkan, follow-up/ hubungi mereka kembali dalam waktu 2 x 24 jam sebagai pelayanan/service berikutnya.
    Hindari melakukan hit and run kepada konsumen Anda, karena hal tersebut akan membuat konsumen kecewa.
    Saat melakukan follow-up selain menanyakan apakah produk sudah dikonsumsi, bagaimana terasanya, dsb. Anda dapat melakukan cross selling, yaitu menawarkan produk tambahan atau pelengkap.
    Misalnya, konsumen sebelumnya sudah membeli Nature EPA, Anda dapat menawarkan produk Nature EPO yang bersinergi dalam menurunkan kolesterol dan membakar lemak.

Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Kunci Mental Juara: Persistent!

  • PERAN CUSTOMER RELATIONS TERHADAP SALES

  • Strategi untuk menghasilkan uang melalui bisnis tara

Komentar

0 komentar


Cari Kiat Sukses