Tips Kesehatan

Sabtu, 22 Desember 2018

Undur-undur, Hewan Unik yang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Sumber : travel.kompas.com, Gulalives.co, tandapagar.com

Bagi yang sudah pernah main ke daerah Gunung Kidul di Jawa tengah, pasti tahu bahwa di sana banyak sekali penjual yang menjajakan makanan unik khas Gunung Kidul. Bukan pecel atau gudeg, melainkan undur-undur goreng. Undur-undur? Hewan apa yah itu? Kok sepertinya asing didengar.

Undur-undur adalah hewan bertubuh kecil yang hidup di dalam tanah maupun pasir, hewan ini termasuk kategori serangga berjenis Myrmeleontidae. Undur-undur diperkirakan berjumlah sekitar 2000 spesies yang tersebar di seluruh dunia, terutama di daerah yang berpasir dan mempunyai suhu yang hangat. Habitat undur-undur di tempat yang teduh dan yang memiliki lapisan debu yang sangat tebal. Undur-undur memanfaatkan debu yang tebal untuk untuk menjebak mangsanya, biasanya terdapat di bawah pepohonan yang rindang yang berpasir.

Hampir setiap orang tidak menghiraukan jenis serangga yang satu ini, bahkan ada yang tidak tahu sama sekali. Tapi tidak disangka kalau ternyata jenis serangga yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat dalam dunia kesehatan terutama untuk mengobati penyakit kronis. Apa saja ya manfaat kandungan dari serangga yang memiliki pola berjalan mundur ini? Yuk kita cari tahu bersama!

Sebenarnya undur-undur yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan obat adalah undur-undur yang masih berwujud larva atau hewan yang mempunyai sistem dalam berkembang biak dengan cara metamorfosis yang nantinya akan berubah bentuk menjadi undur-undur dewasa. Pada masa inilah undur-undur berjalan dengan mundur. Bila sudah menjadi dewasa, undur-undur akan berjalan maju dan mirip dengan capung.

Manfaatnya untuk kesehatan antara lain:

  1. Untuk mengobati diabetes 

Di Tiongkok, undur-undur dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan obat penyakit diabetes. Undur-undur diolah menjadi serbuk, kemudian serbuk tersebut dicampurkan ke dalam kapsul herbal.

Menurut penelitian dari berbagai ahli, undur-undur mempunyai kandungan zat yang berupa Sulfonylurea. Sulfonylurea dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia dalam melancarkan sistem kerja pankreas dan memproduksi zat insulin, zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam meningkatkan kekebalan terutama untuk penderita diabetes kronis.

2. Mengobati asma

Penyakit asma adalah penyakit yang mana paru-paru mengalami pembekakan dan keterbatasan dalam bernafas, otot dinding pada cabang tenggorokan menyempit dan menghasilkan banyak lendir pada saluran pernapasan, gejala asma bermacam-macam dari yang ringan sampai yang berat yang dapat membahayakan nyawa.

Penyakit asma hanya dapat dikontrol dan tidak dapat disembuhkan. Undur-undur dapat membantu untuk memperbaiki paru-paru yang bengkak sehingga dapat membantu dalam mengurangi resiko penyakit asma.

3. Mengobati penyakit kuning

Penyakit kuning terjadi akibat banyaknya penumpukan zat yang berwarna kuning di bagian bilirubin dalam darah dan jaringan tubuh. Bilirubin adalah zat yang dihasilkan dari terurainya sel darah merah. Sebelum melewati proses pembuangan oleh tubuh, bilirubin dibawa ke hati dengan melalui aliran darah. Lalu kemudian bilirubin bercampur dengan cairan empedu, setelah itu keduanya dibuang melewati saluran pencernaan, inilah yang menyebabkan urin berwana kuning dan tinja berwarna coklat.

Pada saat hati tidak sanggup menangani bilirubin yang diproduksi tubuh maka akan mengalami penumpukan bilirubin dan menyebabkan gejala penyakit kuning, hal ini berdampak pada kulit, mata, lapisan lendir yang ada di hidung serta mulut berubah menjadi warna kuning.

Ternyata sejak zaman dahulu undur-undur sudah banyak dimanfaatkan untuk mencegah terurainya sel darah merah sehingga menyembuhkan penyakit kuning.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol mempunyai peran penting pada tubuh manusia, sebetulnya kolesterol merupakan zat lemak yang disebut dengan lipid. Zat lipid diproduksi oleh hati, akan tetapi dapat juga berasal dari makanan.

Apabila kadar lipid pada tubuh terlalu tinggi maka disebut Hiperlipidemia yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia, meskipun kolesterol yang tinggi tidak menimbulkan gejala, akan tetapi dapat membahayakan kesehatan, peran fungsi.

Undur-undur adalah meminimalisir produksi zat lipid di dalam hati, sehingga tidak mengakibatkan kolesterol yang terlalu tinggi.

Nah bagaimana? Sudah siap untuk makan undur-undur dan merasakan manfaatnya untuk kesehatan?

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Kemangi; Lalapan yang Enak dan Menyehatkan

  • Cegah Gigi Berlubang Sebelum Sakitnya Menyerang

  • Surprise! Inilah 6 Makanan yang Ternyata Baik Untuk Menjaga Kesehatan

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan