Tips Kesehatan

Jumat, 26 Oktober 2018

Singkong; Makanan Asli Indonesia yang Kaya Manfaat

Sumber : Brilio.net, resepkoki.id

Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang banyak dibuat menjadi berbagai macam olahan makanan. Salah satu bagian singkong yang digemari bukan hanya umbi-nya, tapi juga daunnya. Bahkan makanan Padang dan masakan Sunda sangat identik dengan daun singkong. Sama seperti umbi singkong yang bermanfaat bagi tubuh, daun singkong yang merupakan salah satu makanan asli Indonesia ini juga mempunyai manfaatnya sendiri bagi kesehatan.

Cari tahu yuk apa saja manfaatnya bagi tubuh kita:

  1. Sumber tenaga
    Kandungan berbagai macam protein atau asam amino esensial yang terdapat pada daun singkong adalah sumber tenaga atau energi yang bermanfaat bagi tubuh. Zat asam amino esensial ini membantu mengubah karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan tubuh dalam beraktivitas. 
  2. Metabolisme tubuh.
    Daun singkong mengandung banyak protein dan kaya akan sumber protein nabati. Protein nabati di dalamnya banyak mengandung vitamin B yang dibutuhkan tubh untuk membentuk sel-sel tubuh. Nah sel-sel tubuh ini nantinya akan membentuk enzim-enzim yang membantu proses metabolisme dalam tubuh manusia.
  1. Sumber antioksidan.
    Daun singkong ternyata sangat baik bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet lho! Selain karena kalorinya yang rendah, kandungan serat dan protein yang tinggi juga sangat ideal untuk menu diet sehat sehari-hari.
  1. Regenerasi sel tubuh.
    Asam amino esensial yang ada pada daun singkong merupakan salah atau sumber penting dalam menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh manusia. Asam amino sendiri merupakan protein yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel yang rusak serta memberikan perbaikan terhadap sel dalam tubuh agar tetap berfungsi normal.
  1. Pencernaan.
    Sayuran memang dikenal baik untuk proses pencernaan sehingga dapat membantu menyehatkan usus besar manusia. Daun singkong mengandung banyak serat yang dibutuhkan oleh manusia. Dengan mengonsumsi daun singkong, pencernaan dalam tubuh dapat menjadi semakin baik.Melihat begitu banyaknya manfaat singkong, tidak ada alasan lagi kan untuk tidak menyukai daun singkong?

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Kelebihan Makan Makanan Organik

  • Sejuta Manfaat Alpukat untuk Anak

  • Kopi + Rokok = Bencana Bagi Kesehatan

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan