Tips Kesehatan

Jumat, 10 Mei 2019

Resep Jus Seledri Untuk Berbuka Puasa

Sumber : halodoc.com, jambi.tribunnews.com

Seledri merupakan jenis sayur yang sering dijadikan bahan pewangi masakan. Namun tahukah kamu kalau seledri jug baik dijadikan jus lho. Daun dan batang seledri memiliki banyak serat dan air sehingga sayuran ini sudah pasti baik untuk pencernaan. Tidak hanya itu, berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Singapore, dihasilkan fakta bahwa rutin makan daun seledri membantu mencegah datangnya hipertensi.

Hal ini karena kandungan ekstrak heksana di dalam seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, di dalam daun seledri terdapat kandungan metanol dan etanol yang membuat sirkulasi darah meningkat sekaligus mengatasi peradangan pada pembuluh darah agar lebih lancar. Untuk mendapatkan manfaat penurunan tekanan darah ini, pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi jus seledri sebanyak satu gelas setiap hari.

Resep Jus Seledri Sehat

Jika kamu takut rasanya pahit atau tidak sedap, kamu tidak perlu takut! Beberapa resep jus seledri ini bisa kamu coba untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuhmu.

  • Apel, Wortel, dan Seledri

Resep jus penurun kolesterol yang pertama adalah jus yang mencampurkan tiga jenis bahan ini. Resep ini dapat menurunkan kolesterol  karena banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam buah dan sayur tersebut. Cukup sediakan 2 buah wortel, 2 lembar daun seledri, dan 2 buah apel hijau. Campurkan ketiganya dalam juicer atau blender. Jika masih terasa pahit, kamu dapat menambahkan pemanis alami seperti madu sesuai selera.

  • Apel, Lemon, Paprika, dan Seledri

Resep ini sama saja dengan jus sebelumnya, hanya saja wortel diganti dengan lemon dan paprika. Sediakan 2 buah apel hijau,  2 lembar daun seledri, 2 buah paprika, dan 1 iris lemon (tidak dikupas). Campur bahan tersebut dan masukkan ke dalam juicer atau blender. Tambahkan madu sebagai pemanisnya.

  • Apel, Seledri, Timun, Jahe, Jeruk Nipis

Untuk kamu yang menginginkan sensasi hangat dan sedikit rasa asam, ini adalah resep yang cocok. Siapkan 3 buah apel, 2 buah daun seledri, 1 buah mentimun, 1 buah jahe, dan 1 jeruk nipis. Potong semua bahan tersebut menjadi kecil-kecil, kemudian haluskan semua bahan dalam blender.

Jus seledri memang baik untuk pengidap kolesterol, namun jika kolesterol sudah jauh melebihi ambang batas, tak ada salahnya konsumsi obat anti kolesterol dan disertai juga minum Nature EPA ya.

 

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • 8 Cara Efektif Menghindari Bau Mulut Selama Puasa

  • Hati-hati! Kurma Ternyata Ada yang Menggunakan Pemanis Buatan!

  • Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Komentar

0 komentar