Tips Kesehatan

Jumat, 4 Januari 2019

Perhatikan Kulit Anda, Apakah Sudah Ada Tanda-tanda Penuaan Berikut Ini?

Sumber : idntimes.com, popbela.com, liputan6.com

Saat berkaca pagi ini, apa yang Anda lihat? Mungkin hanya rambut yang minta dirapikan, atau bagi wanita mungkin wajah yang harus dipoles oleh make up. Tapi pernahkan Anda memberikan waktu lebih banyak untuk melihat lebih banyak dari kondisi kulit Anda? Coba deh luangkan sedikit waktu untuk memperhatikan kulit wajah dan tubuh Anda; dapatkah Anda menemukan salah satu atau bahkan lebih dari tanda-tanda penuaan berikut ini?

  1. Keriput

Hal pertama yang terlintas di pikiran saat mendengar kata tua mungkin adalah keriput atau kerutan. Memang benar jika salah satu tanda penuaan dini adalah keriput. Keriput akan nampak pada bagian bawah mata dan ujung mata serta daerah dahi dan alis juga bagian lainnya.

Jika telah muncul tanda-tanda keriput pada ujung mata anda berarti Anda telah mengalami penuaan, apalagi bila usia Anda masih terbilang muda berarti Anda telah mengalami penuaan dini. Berbagai hal dapat menimbulkan penuaan dini diantaranya kurangnya kadar kolagen di dalam tubuh, radikal bebas, polusi, dan radiasi matahari.

  1. Flek

Flek yang dikenal sebagai bercak-bercak hitam kecil ini merupakan tanda penuaan yang juga sering kita jumpai dan dapat dikatakan sebagai awal terjadinya penuaan.

Flek atau bercak hitam ini biasanya atau lebih sering di jumpai pada kulit wajah. Ini dikarenakan kulit terlalu sering terkontaminasi radiasi matahari langsung dan polusi udara, sehingga menimbulkan penumpukan-penumpukan kotoran dan rusaknya jaringan kolagen kulit yang menimbulkan flek pada kulit Anda.

  1. Kulit terasa kendur

Seiring bertambahnya usia ditambah dengan berbagai faktor dari luar, kulit wajah lama kelamaan akan mengendur. Ini karena kulit wajah secara perlahan mulai kehilangan kolagen yang berfungsi menjaga kekencangan dan elastisitasnya. Akibatnya, tidak cuma wajah terlihat tua, kulit yang mengendur juga membuat wajah terlihat letih dan lesu.

  1. Kulit kering

Salah satu tanda penuaan kulit yang pertama terlihat adalah kulit menjadi kering. Ini menjadi tanda yang mulai terjadi ketika seorang wanita memasuki usia 25 tahun. Dengan bertambahnya usia, kulit kehilangan kelenjar minyak dan kekeringan menjadi tak terhindari. Radikal bebas yang telah terjadi secara luas di dunia juga ambil andil menjadi penyebab kulit mengalami penurunan kolagen dan elastisitas kulit Anda. Penurunan kadar air di kulit akan membuat kulit akan pecah-pecah, kering dan juga akan tampak kasar.

Menjadi tua adalah sebuah kepastian. Seiring berjalannya waktu, tak terasa kita sudah tumbuh dewasa, bahkan telah memiliki anak dan cucu. Namun sebenarnya menjadi tua bisa menjadi sebuah penyadaran dalam diri kita; sudahkah kita mengumpulkan ‘bekal’ yang cukup atau belum. Sebelum terlambat, biasakan mengonsumsi “makanan” bagi kulit Anda seperti Princess’ Choice Collanest Jelly yang dapat mempertahankan kadar kolagen di tubuh Anda sejak dini, sehingga tanda-tanda penuaan di atas dapat lebih lama dihindari.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • 8 Cara Efektif Menghindari Bau Mulut Selama Puasa

  • Hati-hati! Kurma Ternyata Ada yang Menggunakan Pemanis Buatan!

  • Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Komentar

0 komentar