Tips Kesehatan

Sabtu, 12 Mei 2018

Olahraga Air Bantu Bebaskan Anda dari Nyeri Sendi

Sumber : tirto.id, mediskus.com

Anda memiliki sakit pada sendi sehingga membuat Anda merasa merinding ketika menyebut kata “olahraga?” Jangan takut! Olahraga justru dapat membantu Anda terlepas dari penyakit yang menyebalkan yang satu ini. Anda hanya perlu pintar-pintar memilih olahraga yang dapat membuat tubuh bugar dan juga bisa meringankan penyakit radang sendi yang Anda derita. Salah satu jenis olahraga yang dapat meringankan radang sendi adalah olahraga air.

Nah simak yuk beberapa olahraga air yang baik untuk radang sendi berikut ini:

Berenang

Selain berguna untuk menjaga kesehatan dan berat badan, olahraga air ini juga sangat baik untuk penderita radang sendi terutama gaya bebas, gaya punggung, dan gaya dada. Gaya bebas paling direkomendasikan karena membuat tubuh, leher, tangan, dan tulang belakang berputar dan bergerak dengan ringan. Sedangkan gaya punggung membantu memperkuat otot-otot punggung dan bahu, mendukung dan memperpanjang tulang belakang, dan membantu membuka rongga dada. Dan gaya dada mampu memperkuat otot punggung. Namun perlu langkah hati-hati ketika berenang gaya dada, karena dapat memberikan tekanan berlebihan pada leher dan punggung bawah.

Aerobik air

Zaman sekarang sudah banyak variasi aerobik air, sebut saja salah satunya; zumba. Jika baru pertama kali melakukan olahraga air ini, mulailah perlahan-lahan dengan berjalan di kolam air dangkal. Kemudian tingkatkan intensitas olahraga secara bertahap, mulai dari kolam dengan air setinggi pinggang hingga setinggi dada. Selain itu, tambah gerakan-gerakan yang menggunakan kedua lengan dan kaki. Dan jangan lupa untuk selalu melakukan lima menit pemanasan dan pendinginan di awal dan akhir olahraga ya.

Berjalan di dalam air

Ketika berjalan di dalam air, gunakan teknik yang sama seperti saat berjalan di atas tanah, yaitu dengan menapak telapak kaki dimulai dari tumit dan berakhir di ujung kaki. Walau terlihat simpel, namun gerakan berjalan di dalam air akan memberikan tekanan yang pas dalam menyembuhkan sendi Anda.

Sebelum mulai melakukan olahraga air, tanyakan kepada dokter apakah olahraga tersebut aman untuk Anda. Selain itu, tanyakan juga gerakan atau olahraga air apa yang harus dihindari. Ketika olahraga, mulailah dengan melakukan peregangan guna menghangatkan tubuh. Lakukan tiap peregangan atau pemanasan dengan bersungguh-sungguh namun perlahan agar tidak memberi tekanan pada sendi, dan akhiri dengan pendinginan. Janganlupa juga untuk mengonsumsi suplemen yang membantu meredakan sakit pada bagian sendi. Salah satunya adalah Tara Jointcare yang mengandung komponen utama pembentuk sendi: glucosamine, chondroitine, dan MSM, dilengkapi juga dengan shark cartilage. Sehingga penyembuhan sendi akan lebih cepat.

Perlu diingat juga untuk tidak berolahraga jika radang sendi yang Anda alami cukup parah atau disertai pembengkakan. Pastikan untuk menunggu sampai nyeri berhenti dan bengkak mereda. Jika ketika melakukan olahraga air tiba-tiba Anda merasa sakit, pusing, atau kehabisan napas, segera berhenti dan hubungi dokter.

Tak perlu diragukan lagi manfaat olahraga untuk kebugaran tubuh dong pastinya.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Berada di Kondisi Blue Mind dengan Melakukan Kegiatan Air

  • Yuk Bantu Kurangi Tingkat Polusi Udara di Kota Jakarta!

  • Tips Sehat untuk Kamu yang Tinggal di Kota

Komentar

2 komentar


  • superadmin

    sama sama teguh


  • Teguh

    wah terima kasih infonya sangat bermanfaat


Cari Tips Kesehatan