Tips Kesehatan

Jumat, 5 Januari 2018

Minuman ‘Booster’ Untuk Liburan Bersemangat

Sumber : Boldsky.com, Majalah Ananda

Saatnya liburan!

Hip hip horraaay! Akhirnya liburan akhir tahun telah di depan mata. Bagi Anda yang sudah merencanakan untuk pergi berlibur, baik sendirian, bersama pasangan atau beramai-ramai dengan keluarga, pastinya ingin menikmati liburan dengan maksimal dong. Salah satu caranya yaitu dengan memiliki stamina yang prima. Selain makan makanan bergizi, minuman penambah energi juga bisa dijadikan alternatif untuk tambahai suplai stamina lho.

Namun sayangnya minuman energi buatan, seperti yang banyak dijual di pasar / warung, bisa sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang, hal ini terutama karena minuman berenergi tersebut mengandung kafein dan gula yang tidak sehat. Untuk mendapatkan manfaat terbaik agar tetap aktif, berstamina dan terhidrasi adalah membeli minuman energi alami dan membut minuman energi sendiri. Salah satunya adalah milkshake, suatu minuman energi yang paling disukai orang ketika berolahraga.

Berikut adalah minuman energi alami yang bisa anda coba buat sendiri di rumah:

  1. Smoothie pisang

Pisang adalah salah satu buah energik yang dapat membuat Anda tetap aktif dan kenyang selama berjam-jam. Smoothie pisang dapat mengatasi kelelahan dan memungkinkan enzim tubuh mengendalikan produksi energi. Buah ini kaya akan vitamin, mineral seperti kalium, dan fosfor yang dapat membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Smoothie pisang juga dapat membantu membakar lemak perut.

  1. Apel shake

Apel adalah buah energik lain yang dapat membuat anda tetap aktif dan sehat. Apel yang dicampur dengan susu merupakan salah satu minuman energi buatan sendiri dan dapat membuat Anda tetap aktif sepanjang hari selama liburan.

  1. Minuman jahe

Jahe dapat meningkatkan interleukin-1 beta dan interleukin-6 sehingga sistem imun tubuh meningkat; kandungan asam vanilat dan asam salisilat ginseng berdasarkan hasil uji klinik, dapat meningkatkan kinerja tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah dan tetap berstamina. Psstt..Jika Anda mengalami sakit otot, jahe juga minuman terbaik untuk mengatasinya.

  1. Air hangat dan madu

Tambahkan sedikit tetes madu ke air hangat untuk membakar lemak tubuh dan dapatkan energi instan. Minuman buatan sendiri ini sangat ideal bagi yang sedang diet. Asam amino dan asam lemak esensial akan meningkatkan produksi energi dan membuat anda tetap aktif. Anda juga bisa mencampurkan madu dengan susu kedelai untuk mendapatkan energi instan.

  1. Jus wortel

Wortel kaya akan kandungan vitamin, protein dan mineral yang bisa membantu meningkatkan level energi. Jus wortel dapat membersihkan sistem dan mengatasi kelelahan. Mencampurkan kuning telur pada jus wortel dapat manfaatkan untuk menyingkirkan kelelahan sehabis perjalanan jauh.

  1. Air kelapa

Air kelapa merupakan salah satu minuman alami terbaik yang dapat membantu dalam menyediakan energi yang dibutuhkan. Ketika kita lesu dan mengalami dehidrasi, apalagi disaat siang yang sangat panas, maka air kelapa mengandung larutan isotonik yang mampu untuk melakukan re-hidrasi pada tubuh, sehingga tubuh segar kembali. Air kelapa berperan sebagai minuman elektrolit yang mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium.

  1. Air lemon

Jeruk lemon mengandung banyak vitamin C, thiamin, riboflavin, vitamin B-6, asam pantotenat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Jika anda mengkonsumsi satu buah jeruk lemon dalam sehari, kebutuhan vitamin C harian Anda sudah terpenuhi. Nutrisi dalam lemon dapat bermanfaat sebagai sumber energi alami bagi tubuh. Lemon menghidrasi tubuh, selain memasok oksigen, yang membantu kita untuk merasa berenergi dan segar. Ambil satu lemon, potong menjadi dua bagian, peras dan campurkan dengan segelas air lalu minum. Campuran ramuan alami ini tidak hanya menyegarkan kembali tetapi juga dapat membantu menyuplai kebutuhan energi harian Anda.

  1. Smoothie mangga

Kaya akan vitamin dan mineral, smoothie mangga adalah salah satu minuman ‘booster’ energi alami yang sangat dikenal. Ambil mangga segar, blender, lalu campurkan dengan segelas susu rendah lemak. Meminum smoothie ini, terutama saat musim panas, dapat  membuat Anda tetap bersemangat.

  1. Jus jeruk

Kaya akan vitamin C dan mineral penting lainnya seperti potasium dan magnesium, jus jeruk dianggap sebagai salah satu minuman alami terbaik dalam menyuplai energi bagi tubuh.

 

 

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Tips Selalu Segar Untuk Pekerja Subuh

  • Sebelum di-”cuci otak” oleh dr. Terawan, Yuk Cegah Stroke dengan Tips Simpel Berikut

  • Makanan yang Membantu Meringankan Morning Sickness pada Ibu Hamil

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan