Tips Kesehatan

Jumat, 4 Mei 2018

Kesalahan Umum yang dilakukan ketika Mandi

Sumber :

Mandi dan berendam merupakan salah satu “ritual” yang disenangi oleh wanita. Selain menambah mood bahagia, tubuh yang wangi dan segar setelah mandi pasti membuat kita semangat sepanjang hari menjalani aktivitas. Tapi mungkin sebagian dari kita belum tahu nih, ada beberapa hal yang ternyata sering kita lakukan ketika mandi, namun tidak benar untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita.

Yuk kita cari tahu lebih banyak, apa saja kesalahan umum yang sering kita lakukan ketika mandi:

  1. Mandi di bawah shower terlalu lama

    Bermain air di bawah guyuran air pasti amat menyenangkan ya. Istilahnya tuh, you gotta forget about your problem since the water will wash it away. =D

    Tapi tahukah Anda kalau mandi di bawah guyuran air lebih dari 10 menit akan berbahaya bagi kesehatan? Para ahli mengatakan bahwa mandi di bawah guyuran air terlalu lama akan membuat syaraf pada leher dan pundak akan tegang. Selain riskan terkena kram dan syaraf kaku,  mandi terlalu lama juga dapat menyebabkan pusing dan gangguan kesehatan lainnya.

  2. Berendam di air hangat

Beberapa orang lebih senang mandi berendam di air hangat sembari menikmati alunan musik atau membaca buku. Namun ternyata kebiasan tersebut juga bisa berbahaya bagi kesehatan dan kecantikan kulit kamu. Berendam di air hangat terlalu lama akan mengikis lapisan minyak alami kulit, sehingga kulit akan menjadi kering dan bersisik. Tapi bagaimana dong bila Anda susah menghilangkan kebiasaan tersebut? Untuk meminimalisir kulit kering, Anda bisa mengoleskan Body lotion yang kaya akan Shea Butter atau bisa juga oleskan virgin coconut oil untuk mengembalikan kelembaban alami kulit dan menghindarkan dari kekeringan.

  1. Memakai sabun terlalu banyak

Saking sukanya dengan wewangian, kita sering kali memakai sabun dalam jumlah banyak. Hal tersebut ternyata malah berbahaya untuk kelembaban kulit kita lho. Kebanyakan sabun yang dijual bebas mengandung bahan kimia dan dapat merusak lapisan pelindung dan PH alami kulit dan mengganggu PH alami kulit kita. Disarankan agar kita lebih memperhatikan sabun yang dipakai sehari-hari; pilihlah sabun yang mengandung pelembab alami seperti olive oil sehingga tidak membuat kulit kehilangan kelembaban alaminya.

  1. Jarang mencuci handuk

Badan sudah bersih dan memakai sabun yang dapat melembabkan kulit, namun handuk yang dipakai jarang dicuci, percuma dong. Penelitian dari Harvard University membuktikan bahwa kuman dan bakteri banyak tumbuh dan berkembang di handuk yang jarang dicuci. Hal tersebut malah dapat menyebabkan penyakit kulit yang akut. So, mulai sekarang, jangan malas ya mencuci handuk dua kali seminggu. Akan lebih baik lagi bila Anda menyediakan dua handuk untuk ganti-ganti setiap tiga hari sekali.

  1. Menggunakan scrub setiap hari

Kita pasti mau dong memiliki kulit halus lembut bak kulit bayi, sehingga banyak yang “terlalu rajin” menggunakan scrub setiap hari. Padahal hal tersebut malah bisa membuat kulit iritasi dan kasar. Kulit juga memerlukan waktu untuk memperbaiki dirinya agar tercipta kulit baru yang lebih halus dan lembut. Sebaiknya Anda hanya melakukan scrub pada tubuh seminggu dua kali, ya.

Yuk kita mulai dari sekarang kebiasaan mandi yang benar.


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Berada di Kondisi Blue Mind dengan Melakukan Kegiatan Air

  • Yuk Bantu Kurangi Tingkat Polusi Udara di Kota Jakarta!

  • Tips Sehat untuk Kamu yang Tinggal di Kota

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan