Tips Kesehatan

Jumat, 24 Agustus 2018

Jangan Jadikan Stres Alasan untuk Melakukan 7 Kebiasaan Buruk ini

Sumber : Greenlifecenter.com, Guesehat.com, Boldsky.com

Siapa sih yang tidak pernah stres? Sepertinya setiap orang yang sudah beranjak dewasa pasti pernah merasakannya. Bahkan baru-baru ini ditemukan bahwa remaja pun sudah bisa merasakan stres lho! Tuntutan pekerjaan, orang sekitar dan memikirkan masalah atau masa depan adalah beberapa sebab stres menggerogoti kedamaian kamu. Tapi apapun itu alasannya, ingatlah selalu untuk tidak melakukan 7 hal yang berbahaya bagi kesehatan ini di saat kamu stres. Apa saja hal-hal yang sebaiknya kamu hindari saat stres?

Yuk simak di bawah ini!

  1. Lari ke makanan

Beberapa orang mungkin percaya jika mengonsumsi makanan tertentu seperti cokelat atau es krim bisa meredakan stres. Hal ini memang tidak sepenuhnya salah, karena saat mengonsumsi makanan ini, produksi hormon endorfin yang merupakan hormon pereda stres akan meningkat. Namun di sisi lain, mengandalkan makanan untuk meredakan stres tidak sepenuhnya mampu menaklukkan stres. Pasalnya, makanan yang kamu konsumsi akan meningkatkan produksi hormon kortisol yang juga berkaitan dengan stres. Belum lagi makanan tertentu yang dikonsumsi secara berlebihan juga bisa menimbulkan masalah lain bagi kesehatan. Dari pada lari ke makanan, lebih baik lari keliling lapangan kan? Lebih sehat dan bisa mengurangi lemak pula.

  1. Merokok

Stres seringkali menjadi alasan seseorang untuk merokok. Mereka percaya bahwa dengan merokok, stres yang mereka alami bisa sedikit mereda. Namun, hal ini sangat salah lho, Gengs. Rokok bisa menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan serius, baik secara fisik maupun secara psikis. Rokok dapat meningkatkan produksi hormon kortisol dalam tubuh yang dapat memperburuk stres. Selain itu, sejumlah masalah kesehatan yang muncul akibat merokok juga bisa menyebabkan stres semakin parah.

  1. Mencari pengalihan dari media sosial

Di zaman modern seperti ini, media sosial seakan sudah menjadi sahabat bagi banyak orang, terlebih bagi mereka yang sedang stres. Melihat-lihat postingan teman di media sosial dianggap membantu meredakan stres. Namun, penelitian menunjukkan bahwa media sosial sebenarnya hanya akan memperburuk kondisi karena ada sejumlah postingan yang justru dapat membangkitkan emosi negatif seperti kecemburuan, kekecewaan, dan kesepian. Jadi di saat stres, jauh-jauh dari media sosial ya, Guys!

  1. Mengalihkan stres dengan menonton televisi

Banyak orang memberi saran untuk pergi menonton film atau televisi saat stres. Harapannya tontonan tersebut dapat menghibur dan Kamu dapat melupakan masalah yang sedang Kamu hadapi. Namun, dilansir dari Boldsky, menonton televisi ternyata bukan cara yang baik untuk meredakan stres. Sebaliknya, menonton televisi justru hanya akan membuat kamu menjadi malas dan berpotensi meningkatkan kecemasan. Menonton televisi berkepanjangan hanya meningkatkan stres karena aktivitas ini cenderung hanya membuat seseorang bermalas-malasan dan tidak produktif.

  1. Menganalisa situasi

Mencoba menganalisa masalah yang terjadi bukanlah solusi yang disarankan. Alih-alih mendapatkan solusi dengan harapan stres yang sedang kamu alami membaik, masalah malah makin akan terasa berat dan membebani pikiran. Hal ini karena otak akan dipaksa terus menerus berpikir keras, menganalisa situasi, dan semakin tertekan. Ujung-ujungnya hanya akan memperburuk keadaan serta membuatmu semakin stres.

  1. Mengabaikan masalah

Sebaliknya bukan berarti juga harus mengabaikan masalah. Bersikap masa bodoh tanpa berusaha mencari solusi penyebab stres hanya akan membuatmu terperangkap dalam masalah tersebut dan semakin stres. Untuk itu, berusahalah untuk tetap menyeimbangkan diri antara tidak mengabaikan sekaligus tidak terlalu memikirkannya.

  1. Menceritakan masalah kepada banyak orang

Memang tidak dapat dipungkiri jika bercerita dan berbagi masalah yang sedang dihadapi dengan orang lain bisa membuatmu merasa lega. Namun, sadarlah jika tidak semua orang yang kamu ceritakan tersebut bisa berempati dengan masalah yang sedang kamu hadapi. Beberapa dari mereka mungkin justru ada yang menanggapi dengan cara kasar sehingga membuatmu semakin tertekan dan stres.

Stres memang bukan hal yang bisa dihindari. Namun, dengan cara yang tepat, kamu pasti bisa meredakan dan membuatnya tidak semakin parah. Daripada melakukan hal-hal di atas yang ternyata hanya akan membuat stresmu semakin parah, lebih baik cobalah untuk melakukan hal-hal yang lebih produktif seperti melakukan hobimu berolahraga, memasak, atau menulis.

Bila stres memang sudah merusak jam tidur, coba untuk minum Tara Relaxan yang dapat membantu mereleksasi tubuhmu dengan aman tanpa ketergantungan. Tara Relaxan baik diminum dua jam sebelum tidur agar waktu istirahatmu menjadi lebih optimal, bangun pagi dengan segar dan bisa berpikir jernih untuk memecahkan masalahmu kemarin hari!

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • 8 Cara Efektif Menghindari Bau Mulut Selama Puasa

  • Hati-hati! Kurma Ternyata Ada yang Menggunakan Pemanis Buatan!

  • Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Komentar

0 komentar