Tips Kesehatan

Jumat, 30 November 2018

Hal-hal yang Biasa Dilakukan Oleh Ayah yang Hebat

Sumber : Buku The Book for Guys Who Don't Want Kids

Saat buah hati lahir di dunia, pasti akan membuat banyak perbedaan. Bukan hanya kebiasaan sehari-hari, perilaku pun tentu harus mencerminkan orang tua yang baik. Mengurus anak bukan hanya menjadi tanggung jawab seorang ibu, ayah juga berperan besar dalam membentuk kepribadian anak. Terkadang sebagai seorang lelaki, Anda sering bingung apa yang harus dilakukan ya terhadap sang buah hati? Mungkin Anda belum siap atau belum mempersiapkan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan oleh seorang ayah. Di dalam buku karangan Scott Kelby, yang berjudul The Book for Guys Who Don’t Want Kids menyebutkan bahwa seseorang yang belum siap memiliki anak bisa berubah menjadi sosok ayah yang hebat. Penasaran? yuk kita intip hal-hal apa saja yang biasa dilakukan oleh ayah yang hebat:

  • Mulailah menjadi suami yang hebat.

Jika ingin menjadi ayah yang hebat, Kelby menyarankan Dads untuk menjadi suami yang hebat dulu. Seorang harus terlibat secara aktif sejak pasangan mengandung hingga menjalani proses persalinan. Kuncinya adalah membuat pernikahan menjadi kokoh. Hal ini secara otomatis membentuk Anda menjadi ayah yang hebat. Karena itu rutin minum Supervira agar stamina terus terjaga dari pagi hingga malam.

  • Berikan waktu luang untuk istri.

Kelby menganggap jika ayah tidak akan mungkin bisa memiliki porsi yang sama dengan ibu dalam hal merawat anak. Untuk itu, berikanlah waktu luang untuk istri beristirahat dan melakukan kegiatan yang menyenangkan hatinya. Intinya, jangan sampai membuat istri ‘bekerja’ menjadi ibu selama 24 jam penuh setiap hari. Hal ini tidak hanya meningkatkan hubungan dengan pasangan, melainkan juga memberikan Anda peluang untuk lebih dekat dengan si Kecil.

  • Ikut bangun ketika sang buah hati terbangun di malam hari

Siapa sih yang siap untuk selalu terjaga selama 24 jam tanpa istirahat? Bersimpatilah dengan kondisi ibu dan ikut menemaninya setiap menyusui si Kecil di malam hari. Ini akan membuatnya merasa senang dan dicintai. Sediakanlah air putih dan camilan ringan di samping Mums karena menyusui akan membuatnya lapar dan haus. Temani ia sampai selesai menyusui dengan bertukar cerita atau sekadar memberikan pijatan lembut di punggungnya. Bila sang buah hati terbangun karena popoknya basah, Anda bisa menggantikan posisi istri dalam mengganti popok si kecil. Hal tersebut secara tidak langsung akan membuat bonding yang kuat antara Anda dengan buah hati tercinta.

  • Perlakukan si Kecil seperti yang Anda inginkan saat kecil.

Apabila Anda memiliki ayah yang hebat, perlakukanlah si Kecil sama seperti yang ayah Anda lakukan dulu. Namun jika Dads tidak memiliki pengalaman indah bersama ayah, maka lakukan hal yang Anda inginkan saat kecil. Jangan sampai menciptakan pengalaman dan perasaan yang menyakitkan hati si Kecil karena Anda juga mendapat perlakuan yang tidak baik di masa kecil dulu. Perhatian-perhatian seperti pelukan dan ciuman di dahi merupakan hal kecil yang sangat berarti bagi sang buah hati, bukan hanya saat ia masih di gendongan, tapi juga bahkan ketika ia beranjak dewasa kelak. Kelembutan Anda sebagai ayah akan membentuk karakteristik anak menjadi lembut namun kuat di masa depan.

  • Nikmati setiap waktu bersama si Kecil.

Sebenarnya yang paling dibutuhkan si Kecil bukan penghargaan atau pencapaian Anda di tempat kerja, melainkan waktu kebersamaan. Percaya atau tidak, Kelby mengatakan jika sepuluh tahun bersama si Kecil terasa seperti 2-3 tahun saja. Tanpa disadari, tumbuh kembang si Kecil akan berjalan begitu cepat. Jadi, nikmati setiap kebersamaan karena masa-masa itu tidak akan terulang kembali. Jangan biarkan kesibukan di kantor dan obsesi Anda dalam mengejar karir membuat Anda lupa dengan sang buah hati ya.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Non-exercise Activity Thermogenesis, Solusi Bagi Anda Pekerja Kantoran

  • Benarkah Laut Kita Sudah Menjadi Karsinogenik?

  • Zat Gizi yang penting untuk Ibu Hamil

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan