Tips Kesehatan

Rabu, 6 Desember 2017

Gigi Nyut-nyutan? Jangan Salahkan Makanan atau Minuman Anda

Sumber : Detik.health.com, Smallcrab.com, keluargasehat.kemkes.go.id

Gigi ngilu setelah mengonsumsi minuman dingin? Bisa jadi Anda adalah pemilik gigi sensitif. Meski dapat memicu rasa ngilu, tahukah Anda bahwa minuman dingin bukanlah penyebab utama gigi sensitif yang Anda alami?

Faktanya, gigi sensitif merupakan suatu keadaan ketika bagian dentin –yang merupakan jalan masuk menuju saraf gigi– kehilangan pelindung. Kondisi ini menyebabkan saraf gigi tidak terlindungi, sehingga paparan panas ataupun dingin dapat mencetuskan rasa ngilu yang terasa langsung “nyut” di gigi.

Meski dapat menjadi pencetus rasa ngilu, minuman dingin tak serta merta bisa disalahkan. Lalu, adakah hal lain yang bisa menjadi penyebabnya? Berikut beberapa di antaranya:

  • Cara menyikat gigi yang salah

Penyebab tersering gigi sensitif adalah penurunan gusi, yang membuat sebagian akar gigi terbuka. Kondisi ini bisa terjadi jika Anda menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras atau menyikat gigi dengan tenaga yang terlalu kuat. Jadi mulai besok, sikatlah gigi dengan lembut tanpa ditekan dan dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus ya.

  • Gigi retak atau patah

Gigi yang mengalami retak atau patah akibat benturan, trauma atau kecelakaan, dapat mengakibatkan kejadian gigi sensitif. Hal itu terjadi karena akar gigi kehilangan pelindungnya, sehingga akan terasa sakit ketika ada rangsangan makanan atai minuman bersuhu di atas atau di bawah  normal.

  • Bruxism

Bruxism adalah kebiasaan mengkertakkan gigi, yang membuat permukaan kunyah gigi geraham terkikis habis. Hal ini menyebabkan hilangnya enamel gigi, sehingga bagian dentin gigi terbuka. Alhasil gigi sensitif tidak bisa dihindari lagi.

  • Penumpukan karang gigi

Karang gigi bisa terbentuk jika Anda kurang menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut. Cepat atau lambat, karang ini akan terus tumbuh sampai ke dalam gusi. Akibatnya terjadi perlekatan gusi ke gigi terlepas, dan menghasilkan rasa ngilu pada gigi.

Setelah mengetahui penyebab yang sebenarnya, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mencegah agar keluhan tidak semakin parah. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala gigi sensitif, jangan ragu untuk segera menemui dokter gigi agar menemukan solusi yang pasti.

Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan perawatan sendiri di rumah. Ini karena gigi sensitif dapat kembali terjadi jika Anda tidak melakukan tindakan lanjutan.

Untuk perawatan di rumah, Anda dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi yang tepat. Salah satu pasta gigi yang bisa Anda coba adalah PASTA GIGI DARI TARA; CleanMe Pasta Gigi Isomalt, pasta gigi tanpa fluoride sehingga aman bagi tubuh Anda.

Yuk, jaga terus kesehatan gigi Anda menggunakan Sensodyne®. Dengan begitu, aktivitas Anda tidak akan terganggu rasa ngilu akibat gigi sensitif, yang sering datang tanpa diundang.

 

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Salad Dressing Mana yang Menyehatkan Ya?

  • Jangan Langsung Percaya Mitos Kehamilan, Cari Tahu Dulu Faktanya

  • Donor Darah Pertama Kali? Yuk Simak Dulu Artikel di Bawah Ini!

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan