Tips Kesehatan

Rabu, 3 Agustus 2022

GEJALA KEKURANGAN VITAMIN C YANG WAJIB ANDA KETAHUI!

Sumber : Tara News 179

Mungkin Anda berpikir bahwa kekurangan Vitamin C adalah masalah sepele yang hanya akan menyebabkan sariawan dan akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Faktanya, kekurangan Vitamin C dalam waktu yang panjang dapat menyebabkan masalah serius!
Vitamin C (asam askorbat) tidak diproduksi tubuh sedangkan Vitamin C berperan penting dalam berbagai reaksi tubuh, diantaranya pembentukan kolagen, perkembangan tulang, kesehatan pembuluh darah dan proses penyembuhan luka. Karena fungsinya yang sangat penting itulah, kekurangan Vitamin C dalam tubuh akan menyebabkan sejumlah penyakit dan memicu komplikasi serius.
Gejala awal kekurangan Vitamin C tidaklah khas sehingga Anda tidak menyadarinya. Jika Anda merasakan lelah dan lemah sepanjang waktu, hilang nafsu makan, lebih mudah uring-uringan dan gak mood, bisa jadi Anda sudah mulai kekurangan asupan Vitamin C.
Ketika kekurangan asupan Vitamin C semakin berlanjut, sangatlah mungkin terjadi pembengkakan gusi bahkan pendarahan, bintik kebiruan atau kemerahan di kulit, memar, nyeri dan bengkak pada sendi, sesak napas, atau sulitnya luka untuk sembuh. Jika masih dibiarkan berlanjut, dampak yang lebih serius dari kekurangan Vitamin C adalah anemia, hipertiroidisme, bahkan penyakit-penyakit lain karena lemahnya sistem pertahanan tubuh terhadap bahaya patogen dan radikal bebas.
Saat sudah terjadi kekurangan Vitamin C, penanganannya pun membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk sembuh (tidak bisa instan). Maka pilihan yang terbaik adalah melakukan pencegahan kekurangan Vitamin C. Dan jika Anda tidak yakin sumber makanan harian Anda mencukupi kebutuhan harian Vitamin C Anda, suplemen Vitamin C adalah pilihan yang tepat.


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Stres Go Go Away

  • PMS Berat Badan Naik? Benarkah?

  • GEJALA KEKURANGAN VITAMIN C YANG WAJIB ANDA KETAHUI!

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan